J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat TV Jadul Jadi Smart TV Untuk YouTube dan Browsing

Cara Membuat TV Jadul Jadi Smart TV Untuk YouTube dan Browsing

Kamis, 31 Agt 2017, 16:00 WIB
Cukup berbekal smartphone Android dan TV, kamu sudah bisa merasakan pengalaman yang serupa. Tapi bagaimana ya caranya? Berikut ini Jaka kasih tahu kamu triknya.

YouTube-an lewat smartphone atau tablet mungkin sudah biasa. Tapi pernahkah kamu merasakan serunya streaming video lewat TV? Kalau kamu punya Smart TV, hal seperti ini tentu bukan hal yang sulit. Sayangnya, tidak semua orang memiliki Smart TV. Karena harganya yang masih cukup tinggi, Smart TV masih menjadi barang mewah yang hanya bisa dimiliki oleh beberapa kalangan saja.

Untuk kamu yang ingin YouTube-an di TV, sebenarnya ada kok cara lain yang bisa ditempuh. Kamu tidak perlu beli Smart TV. Cukup berbekal smartphone Android dan TV, kamu sudah bisa merasakan pengalaman yang serupa. Tapi, bagaimana ya caranya? Berikut ini Jaka kasih tahu kamu triknya.

BACA JUGA
  • Cara Streaming YouTube Tanpa Buffering di Komputer
  • Keren! Nonton YouTube Sekarang Bisa Dari WhatsApp
  • Jangan Di-Skip, Inilah Iklan YouTube Paling Kreatif!

Cara Membuat TV Jadul Jadi Smart TV Untuk YouTube dan Browsing

1. Menggunakan Chromecast

265f97b8f965198ca1f6a6b99370256f
Sumber foto: Foto: mashtips.com

Chromescast sebenarnya telah lama hadir di pasaran. Hanya saja popularitasnya memang belum begitu tinggi, khususnya di Indonesia. Tapi dengan dongle besutan Google ini, kamu bisa menghubungkan smartphone Android dengan TV secara wireless. Perangkat ini memungkinkanmu untuk mirroring atau menampilkan layar smartphone ke layar TV. Jadi apa pun yang ditampilkan oleh layar smartphone, kamu juga bisa melihatnya di TV yang terhubung dengan Chromecast.

Caranya pun sangat sederhana. Cukup colokkan chromecast ke Port HDMI yang ada di TV, sambungkan dongle tersebut dengan jaringan yang sama dengan smartphone Android, instal aplikasi Chromecast di smartphone, pindah saluran dari TV ke HDMI, dan Chromecast siap menampilkan konten YouTube melalui perangkat Android.

2. Menggunakan Dongle Miracast

55e026912f01fe4d73537c1cd87e8e1a
Sumber foto: Foto: mashtips.com

Cara lain yang juga tidak kalah mudah adalah menggunakan Miracast. Miracast sebenarnya mirip dengan Chromecast. Perangkat ini memungkinkanmu untuk mirroring layar smartphone ke TV. Melalui perangkat ini, kamu juga bisa YouTube-an di TV.

Untuk mulai menghubungkan smartphone Android dengan Miracast, sebelumnya kamu harus menyolokkan dongle Miracast ke TV. Selanjutnya pada smartphone Android, buka setting, pilih display kemudian pilih wireless mirroring or cast screen. Selanjutnya ubah setting tersebut ke posisi On.

Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar jaringan dari dongle Miracast yang kamu gunakan. Setelah itu, tekan jaringan Miracast tersebut dan tunggu hingga smartphone Android dan TV benar-benar terhubung. Jika sudah terhubung, layar smartphone Android akan muncul pada layar TV.

3. Menggunakan Kabel HDMI

92962952da767f939740b455f62c29dc
Sumber foto: Foto: mashtips.com

Kalau kamu merasa kesulitan memperoleh Chromecast atau sekedar menginginkan cara yang lebih terjangkau, kini juga ada kabel HDMI yang khusus didesain untuk menghubungkan perangkat Android dengan TV.

Sebagai informasi, port atau colokan HDMI sendiri sebenarnya terbagi menjadi 3 tipe, yaitu tipe A atau reguler HDMI yang biasa digunakan untuk perangkat TV dan konsol, tipe C atau mini HDMI, dan tipe D atau micro HDMI yang bisa digunakan untuk smartphone dan tablet.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cukup colokkan kabel HDMI ke smartphone Android, colokkan juga sisi lainnya dengan TV, dan tunggu beberapa saat hingga kedua perangkat tersebut saling terhubung. Saat hendak membeli kabel HDMI, cek port apa yang digunakan smartphonemu. Selanjutnya, pastikan untuk memilih kabel HDMI yang memang sesuai dengan smartphone Android milikmu.

Nah, itu dia cara membuat TV jadul jadi Smart TV untuk tayangkan YouTube dan browsing. Bagaimana menurutmu? Mudah kan? Apa kamu pernah mencobanya? Silakan bagikan pengalamanmu setelah mencoba cara dari Jaka ini ya di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Begini Cara Ampuh Percepat Buffering Di Youtube

Cara Streaming YouTube Tanpa Buffering di Komputer

Whatsapp Youtube Banner

Keren! Nonton YouTube Sekarang Bisa Dari WhatsApp

Iklan Youtube Skip Banner

Jangan Di-Skip, Inilah Iklan YouTube Paling Kreatif!

Chatting Youtube Banner

Bukan Cuma Nonton Video, YouTube Bisa Dipakai Chattingan

Youtube Video Editor Banner

Ditutup! Sebentar Lagi Kamu Tidak Bisa Edit Video di YouTube

APPS TERKAIT
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Dantex
Dentex YouTube Downloader 6.8.1
Apps xda_dentex
Youtube Music F933e
YouTube Music 1.03.12
Apps Google Inc.
Arktube Youtube Downloader Icon
ArkTube The Ultimate YouTube downloader 3.0
Apps arter97
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Mengubah TV Jadi Monitor Kedua Komputer atau Laptop

Cara Mengubah TV Jadi Monitor Kedua Komputer atau Laptop

Cara Menggunakan YouTube TV di Komputer, Keren Abis!

Cara Menggunakan YouTube TV di Komputer, Keren Abis!

Nggak Butuh Internet! Ini Cara Nonton TV Offline di Android

Nggak Butuh Internet! Ini Cara Nonton TV Offline di Android

7 Fitur Ajaib di Smartphone Android, Nomor 6 Canggih Abis!

7 Fitur Ajaib di Smartphone Android, Nomor 6 Canggih Abis!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal