J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat Rumah di Minecraft | Biar Gak Kena Serangan Mobs!

Cara Membuat Rumah di Minecraft | Biar Gak Kena Serangan Mobs!

Rabu, 2 Sep 2020, 12:00 WIB
Cara membuat rumah di Minecraft cukup mudah, geng. Setelah mempersiapkan beberapa hal penting, kamu bisa mulai membangun rumah Minecraft simpel yang bagus.

Game Minecraft besutan Mojang Studios sudah terkenal di kalangan para gamer. Game dengan konsep open world sandbox ini ditawarkan dalam empat mode, yaitu Creative, Survival, Hardcore, dan Adventure.

Meskipun grafisnya terbilang sederhana, namun banyak hal yang bisa dimainkan di Minecraft. Kamu bisa eksplorasi wilayah, menambang, memancing, membangun rumah, bahkan membangun kota di game ini.

Nah, cara membuat rumah di Minecraft sebenarnya cukup mudah. Kamu nggak memerlukan skill tinggi untuk melakukannya, sehingga setiap pemain pasti bisa membangun rumah.

Rumah berperan penting dalam mode Survival, sehingga sangat disarankan bagi para pemain untuk membangun rumah di Minecraft sebagai tempat berlindung. Kamu bisa mengetahui cara membuat rumah di Minecraft berikut ini.

Cara Membuat Rumah di Minecraft Mode Survival

Beberapa pemain game Minecraft lebih suka berpindah-pindah tempat tinggal alias nomaden. Namun, kalau kamu pemain pemula di game ini, Jaka sarankan agar kamu membangun rumah. Hal ini dikarenakan rumah dapat melindungi kamu dari para Mob jahat, sehingga kesempatanmu untuk bertahan hidup menjadi lebih besar.

Banyak cara membuat rumah mewah di Minecraft, namun yang akan Jaka jelaskan kali ini adalah cara membuat rumah Minecraft simple tapi bagus. Nah, kalau kamu ingin segera mengetahui cara membuat rumah di Minecraft Survival, simak penjelasan Jaka di bawah ini.

Persiapan Membuat Rumah Minecraft Survival

Cara Membuat Rumah Di Minecraft F508a
Sumber foto: Minecraft Forum

Tidak seperti di game The Sims 3 yang memungkinkan kamu untuk membuat rumah secara instan, kamu perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu sebelum membangun rumah di Minecraft.

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah menentukan lokasi. Lebih baik kamu membangun rumah di tempat yang tinggi, seperti bukit atau gunung. Kemudian, buat Meja Kerajinan (Crafting Table) agar kamu bisa membuat peralatan untuk membangun rumah.

Kasur juga menjadi hal esensial untuk dibuat sebelum membangun rumah. Letakkan kasur tersebut di gubuk sementara dengan cara menggali 20 block tanah dan gunakan tanah tersebut untuk membuat dinding yang tingginya minimal dua block lebih tinggi dibanding kasur.

Langkah selanjutnya adalah membuat beberapa peralatan di Meja Kerajinan, seperti beliung, sekop, dan kapak. Masing-masing peralatan tentu memiliki fungsi yang berbeda.

Nah, persiapan terakhir adalah membuat peti di Meja Kerajinan. Peti berfungsi untuk menyimpan barang-barang, baik peralatan maupun bahan bangunan untuk rumahmu nanti.

Mulai Membuat Rumah di Minecraft Survival

Setelah kamu mempersiapkan beberapa hal esensial, maka sekarang kamu sudah siap untuk mulai membuat rumah di Minecraft. Kamu bisa simak langkah-langkahnya melalui penjelasan Jaka berikut ini.

Langkah 1 - Tentukan Bahan Utama Rumah

Cara Membuat Rumah Di Minecraft A3e11
Sumber foto: wikiHow
  • Beberapa bahan utama yang biasa digunakan untuk membangun rumah di Minecraft adalah bebatuan, kayu, dan tanah. Kamu bisa menemukan banyak rumah Minecraft kayu di game ini. Meskipun demikian, material yang paling kokoh adalah bebatuan.

  • Hindari membangun rumah menggunakan material batu kerikil atau pasir karena kedua bahan tersebut rapuh dan tidak akan bertahan tanpa disangga oleh block tepat di bawahnya.

  • Meskipun tidak dijadikan sebagai bahan utama dalam membuat rumah, namun kayu dan batu pasir menarik untuk digunakan menghias rumah di Minecraft, sehingga tetap ambil dua bahan tersebut ketika kamu menemukannya.

Langkah 2 - Kumpulkan Sebanyak Mungkin Material

Cara Membuat Rumah Di Minecraft Survival F9ab9
Sumber foto: wikiHow
  • Salah satu cara membuat rumah di Minecraft dengan cepat adalah dengan memiliki banyak material. Oleh karena itu, penuhi jumlah stack untuk masing-masing material. Jumlah maksimum setiap stack adalah 64.

Langkah 3 - Simpan Material di Peti

Cara Membuat Rumah Di Minecraft Dengan Cepat Ada15
Sumber foto: wikiHow
  • Setiap kali kamu berhasil mengumpulkan satu stack material, misalnya kayu, kamu harus kembali ke gubukmu dan menaruh 64 block kayu tersebut di dalam peti. Hal ini penting untuk dilakukan agar materialmu tetap aman jika kamu tidak sengaja mati.

Langkah 4 - Gali Fondasi untuk Rumah

Cara Membuat Rumah Kecil Di Minecraft A625d
  • Langkah selanjutnya dalam membuat rumah Minecraft adalah mulai menggali fondasi. Gunakan sekop atau beliung (kapak dengan dua ujung runcing) dan gali 10 x 10 block tanah di area yang kamu inginkan untuk mendirikan rumah.

  • Kalau kamu tidak memiliki cukup waktu atau material, kamu juga bisa menggali kurang dari 10 x 10, kok, geng.

Langkah 5 - Mulai Membuat Lantai

Cara Membuat Rumah Di Minecraft Creative C1b19
Sumber foto: wikiHow
  • Kayu menjadi bahan yang umum digunakan untuk lantai dalam berbagai tutorial cara membuat rumah di Minecraft. Namun, kamu juga bisa menggunakan bahan selain kayu sebagai lantai rumahmu.

  • Karena kamu sudah menggali 10 x 10 sebagai fondasi, maka kamu membutuhkan setidaknya 100 block material untuk memenuhi seluruh lantai.

Langkah 6 - Mulai Membangun Tembok

Cara Membuat Rumah Mewah Di Minecraft A30b7
Sumber foto: wikiHow
  • Tidak seperti gubuk yang setidaknya harus dua block lebih tinggi dari kasur, kamu harus membuat rumahmu setidaknya empat block lebih tinggi.

  • Cara paling mudah untuk membangun tembok adalah dengan menaruh satu block di sekeliling luar fondasi yang telah kamu gali, kemudian lompat ke tembok tersebut, dan taruh satu block lagi di sekeliling tembok hingga tingginya menjadi empat block.

  • Jangan lupa sisakan ruang seluas 2 x 1 block untuk membuat pintu.

Langkah 7 - Letakkan Obor di Dalam Rumah

Rumah Minecraft Simple Tapi Bagus 4b09b
Sumber foto: wikiHow
  • Sebelum kamu menambahkan atap, letakkan beberapa obor di sekeliling tembok agar rumahmu tidak gelap gulita, geng. Selain itu, obor berguna untuk menjauhkan Mob dari kamu.

  • Cara membuat obor juga sangat mudah, yaitu dengan menaruh sebuah tongkat dan sebongkah batu bara atau arang di crafting grid pada menu Inventory.

Langkah 8 - Menambahkan Atap

Cara Membuat Rumah Modern Di Minecraft 593bc
Sumber foto: wikiHow
  • Tutup bagian atas tembok dengan menaruh block ke arah dalam sampai semua bagian atas rumahmu tertutup. Lakukan hal ini dari block paling atas pada tembok yang telah kamu bangun.

  • Kalau kamu ingin membuat atapmu meruncing, kamu bisa membuat tangga di Meja Kerajinan, lalu taruh di sisi-sisi yang berlawanan pada tembok dan lancipkan ke tengah rumah sampai semua tangga bertemu di satu titik.

  • Kalau masih ada bagian di atap yang belum tertutup oleh block, maka kamu harus mengisinya dengan material kayu atau batu.

Langkah 9 - Buat Pintu Rumah

Rumah Minecraft Kayu Dbb9d
Sumber foto: wikiHow
  • Kamu bisa membuat tiga pintu dengan menaruh 6 block papan kayu di dua kolom pertama pada Meja Kerajinan.

  • Sementara itu, membuat pintu di Minecraft: Pocket Edition lebih mudah lagi, geng. Kamu hanya perlu membuka Meja Kerajinan dan klik pada ikon pintu.

Langkah 10 - Masukkan Kasur ke Dalam Rumah

Rumah Minecraft Survival 33b87
Sumber foto: wikiHow
  • Langkah terakhir dari cara membuat rumah kecil di Minecraft adalah memasukkan kasur ke dalam rumah.

  • Pindahkan kasur yang sudah kamu buat di gubuk menggunakan peralatan atau tangan. Kamu bisa memasukkan kasurmu ke bagian Inventory terlebih dahulu untuk mengangkutnya.

  • Setelah kamu memindahkan kasurmu ke dalam rumah, kamu bisa tidur di situ untuk reset spawn point. Bagi kamu yang belum tahu, spawn point adalah tempat kamu muncul kembali (respawn) setelah mati di game Minecraft, sehingga kasur berperan penting di game ini, geng.

Akhir Kata

Nah, itu dia cara membuat rumah di Minecraft dan persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum membangun rumah. Meskipun telah ada kumpulan cheat Minecraft untuk mempermudah dan mempercepat progres, namun membangun rumah secara manual tentu hasilnya lebih memuaskan.

Baca juga artikel seputar Minecraft atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Game Mirip Minecraft Banner Bbcb4

10 Game Mirip Minecraft Android Terbaik 2019 | 100% Gratis!

Untitled 2 3f95b

Cara Membuat Portal di Minecraft Lengkap dengan Gambar | 100% Works!

Desain Rumah Minecraft Terbaik Banner 44e87

7 Desain Rumah Minecraft Terbaik | Lebih Keren dari Arsitektur Dunia Nyata!

Game Nomor 1 Di Indonesia Banner Cc6f4

Ini Mobile Game Nomor 1 di Indonesia 2020 | Siapa Juaranya?

Aplikasi Cheat 1a5e8

10 Aplikasi Cheat Game Android Terpopuler di 2020, Banyak yang Pakai!

Game Android Offline Banner 10aab

10 Game Android Offline Gratis Untuk Mudik, Perjalanan Jauh Gak Kerasa!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Alasan Kamu Harus Bermain Minecraft | Banyak Pelajaran Kehidupan!

7 Alasan Kamu Harus Bermain Minecraft | Banyak Pelajaran Kehidupan!

Bosan? Coba Bikin 7 Bangunan Ini di Minecraft | Ada yang Jorok Abis!

Bosan? Coba Bikin 7 Bangunan Ini di Minecraft | Ada yang Jorok Abis!

Aplikasi 10 Rumah Aman: Deteksi Corona & Kesehatan Diri di Rumah

Aplikasi 10 Rumah Aman: Deteksi Corona & Kesehatan Diri di Rumah

10 Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk Bikin Denah & 3D Gratis!

10 Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk Bikin Denah & 3D Gratis!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal