5 Cara Membuat Footnote Terlengkap & Mudah 2022, dari Skripsi, Makalah, & Internet

Default

Cara membuat footnote atau catatan kaki sebetulnya sangat mudah. Hanya saja, seiring jarangnya kamu menulis karya ilmiah, kekeliruan dan kealfaan dalam membuat footnote yang benar nggak bisa dihindari begitu saja.

Alhasil, nggak sedikit orang yang kini bingung tentang bagaimana cara membuat footnote tersebut. Saking bingungnya, ada yang sampai membuka buku panduan semasa kuliah, mencari artikel langkah-langkah membuat footnote internet atau bertanya ke orang lain.

Padahal, cara buat footnote sangat gampang hanya dengan klik ALT+CTRL+F di Word saja, lho. Setelah itu, footnote bakalan tampil otomatis tanpa harus memasukkan rumus seperti di Excel.

Namun, bila kamu mau tahu prosedur lebih lengkap mengenai penyusunan footnote yang sesuai standar ilmiah, kamu bisa simak informasinya di bawah. Jaka bakalan memandumu untuk membuat catatan kaki tersebut. Cekidot!

Syarat Membuat Footnote

Syarat Buat Footnote

Sumber foto: - Syarat dan ketentuan membuat footnote yang benar

Sebelum kita sampai pada pembahasan mengenai cara membuat catatan kaki, kamu harus tahu dahulu informasi soal syarat pembuatannya. Footnote yang merupakan keterangan mengenai sumber rujukan yang penulis gunakan harus ditulis menggunakan ketentuan berikut.

  • Catatan kaki ditulis menggunakan standar ilmiah, seperti APA, pada daftar pusataka. Salah satunya ialah nama penulis dibalik dan disertai data rujukan yang kamu kutip.

  • Catatan kaki ditulis di bagian bawah tulisan dengan ukuran yang lebih kecil dibanding isi tulisan tersebut.

  • Penulisan footnote menggunakan spasi 1 dan diberikan nomor agar tersusun rapi sehingga mudah dibaca orang.

  • Jika ditulis lebih satu baru, maka baris kedua dan seterusnya dimulai menggunakan margin teks biasa atau tepat pada margin kiri.

  • Kamu diperbolehkan untuk memotong isi tulisan catatan kaki jika dirasa catatan kaki tersebut terlalu panjang sampai menjangkau halaman lain.

  • Jika ada dua footnote yang sama dalam satu halaman, maka nomor yang terakhir harus mencantumkan istilah "Ibid".

contoh footnote Ibid

1 Rahardian, Rismawati Idris. 2922. "Antologi Puisi Bintang dan Bulan".hal 109-111.

2Ibid.

3Ibid, h.112-115.

  • Selanjutnya, apabila penulisan sumber yang sama dipakai dalam nomor yang tidak berurutan atau melompat, kamu bisa menuliskan istilah "cit." sebagai tanpa pengacak nomor.

  • Nama penulis wajib ditulis semuanya jika kamu menggunakan dua sumber penulis. Namun, apabila lebih dari tiga sumber penulis, cukup satu penulis saja yang dicantumkan dan yang lainnya ditulis dengan "dkk." atau "al."

Contohnya:

(1) Rahardian, Rismawati Idris dan Reisha Tia. 2022. "Antologi Puisi Bintang dan Bulan". Jakarta: Indie Press Publisher.

(2) Rahardian, Rismawati, dkk. 2022. "Antologi Puisi Bintang dan Bulan". Jakarta: Indie Press Publisher.

  • Pangkat dan gelar tidak ditulis, kecuali gelar kebangsawanan yang memang menjadi bagian dari nama. Nama penulisannya juga tidak dibalik. Contohnya pada nama Filolog Liaw Yock Fang yang merupakan nama kebangsawaanan dan menjadi nama diri.

Contohnya:

Liaw Yock Fang. 1993. "Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik". Jakarta: Erlangga.

Kumpulan Cara Membuat Footnote Terlengkap

Nah, karena kamu sudah tahu syarat yang berlaku dalam membuat footnote ini, sekarang saatnya kamu menyimak cara membuatnya.

Di bawah, Jaka bakalan membahas secara lengkap langkah-langkah buat catatan kaki yang kamu rujuk dari berbagai sumber. Jaka sudah membaginya menjadi beberapa bagian pembahasan, di antaranya cara membuat secara otomatis, di Word, dan dari sumber rujukan karya ilmiah seperti skripsi dan jurnal.

Jadi, langsung saja disimak karena caranya nggak sesulit bikin VLOOKUP untuk narik data, geng. Let's go!

Cara Membuat Footnote Otomatis

Footnote Word

Sumber foto: JalanTikus - Tips membuat footnote secara otomatis

Seperti yang sudah Jaka katakan di awal, kalau membuat footnote untuk merujuk sumber kutipan bisa kamu lakukan secara otomatis. Cara cepatnya, yaitu menggunakan tombol ALT+CTRL+F di Ms. Word.

Jika sudah kamu tekan perintah tersebut, maka akan muncul gambar seperti di atas. Setelah muncul, buatlah footnote di sana menggunakan standar daftar pustaka dan syarat di atas.

Cara Membuat Footnote di Word via Toolbar

Namun, kalau kamu mau tahu cara membuat footnote di Word yang tidak otomatis, melainkan lebih kompleks, kamu bisa memanfaatkan toolbar Reference, geng.

Dari toolbar tersebut, kamu bisa mengatur berbagai hal untuk keperluan footnote skripsi dan jurnal, lho. Misalnya, mengatur penambahan data catatan kaki secara otomatis hingga menambahkan endnote dengan mudah.

Lalu, gimana cara mengakses toolbar Reference ini? Yuk, simak di bawah.

Membuat Footnote Tercepat Dari Toolbar

Sumber foto: JalanTikus - Langkah membuat footnote dari tools Reference

  1. Buka Ms. Word lebih dahulu.
  2. Setelah itu, klik toolbar "References".
  3. Klik Insert Footnote" untuk menambahkan data.
  4. Lalu, masukkan data yang mau kamu cantumkan di bawah.
  5. Jika mau menambahkan data lagi, kamu bisa klik Insert Footnote" atau "Next Footnote".
  6. Selesai.

Cara Membuat Footnote dari Google Docs

Footnote Dari Google Docs

Sumber foto: JalanTikus - Langkah membuat footnote dari Google Docs

Menulis jurnal maupun artikel kini banyak dilakukan di Google Docs (Gdocs). Soalnya, fitur tersebut juga mudah digunakan, khususnya oleh pemula.

Selain itu, setiap dokumen yang kamu buat di GDocs dapat diterjemahkan ke bahasa asing yang lebih rapi dibanding menggunakan Google Terjemahan yang penerjemahannya berantakan. Lalu, gimana cara membuat footnote lewat fitur terbaik Google LLC ini?

  1. Buka Google Docs.
  2. Buat tulisan lebih dahulu.
  3. Jika sudah ditulis, masukkan footnote dengan cara klik ALT+CTR+F.
  4. Footnote pun akan muncul di bagian bawah.
  5. Lalu, masukkan catatan kaki tersebut sesuai ketentuan yang sudah Jaka sebutkan di atas.

Nah, pertanyaannya bagaimana cara menambah catatan kaki bila tidak ada toolbar-nya langsung? Gampang banget! Kamu bisa menambahkan data catatan kaki itu secara manual dengan mengunjungi menu "Tools" >> "Footnote" >> lalu tambahkan.

Selain itu, kamu dapat menambahkan data catatan kaki secara otomatis dengan klik perintah CTRL+ALT+SHIFT+I. Nanti akan muncul kotak Explore yang bisa kamu gunakan untuk memasukkan sumber rujukan yang berasal dari internet tersebut.

Sistem Google pun bakalan menyisipkan catatan kaki gaya MLA (Modern Language Association) atau American Library Association (ALA), atau Chicago (dikembangkan oleh University of Chicago Press) untuk catatan kaki yang kamu masukkan di kolom tadi.

Namun perlu diingat, sebelum kamu menambahkan footnote secara otomatis dari Explore, kamu wajib letakkan kursor di bagian catatan kaki yang sudah kamu buat biar langsung muncul di sana, ya.

Cara Membuat Footnote yang Bersumber dari Internet

Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Sumber foto: Pixabay - Membuat footnote dari sumber yang berasal dari internet

Data rujukan yang kamu gunakan untuk karya ilmiah mungkin ada yang kamu dapatkan dari internet, ya, geng. Hal itu wajar karena banyak sumber informasi yang valid dan bisa dipakai sebagai kutipan karya ilmiah dari Google Scholar.

Hanya saja, penulisan rujukan dari internet berbeda dengan gaya penulisan yang bersumber dari buku fisik. Maka, kalau ada data yang kamu ambil secara online, baik dari situs maupun PDF, kamu bisa ikuti cara penulisan catatan kaki itu di bawah.

  1. Nama penulis dibalik.
  2. Judul tulisan dicantumkan beserta judul situs dan tanggal publis.
  3. Cantumkan juga tautan URL di dalam footnote.

Contohnya sebagai berikut:

Rahardian, Rismawati Idris. "Cara Membuat Footnote". JalanTikus. Diakses pada 29 Agustus 2022, https://www.jalantikus.com/cara-buat-footnote/.

Cara Membuat Footnote dari Karya Ilmiah

Membuat Footnote Dari Buku Dan Skripsi

Sumber foto: Pixabay - Tips membuat daftar pustaka yang benar

Tak hanya cara di atas saja, Jaka juga mau bagikan cara terakhir dalam membuat footnote, yaitu yang bersumber dari karya ilmiah, seperti makalah, jurnal, dan skripsi.

Adapun cara untuk membuat footnote dari skripsi dan jurnal bisa kamu simak di bawah ini.

Footnote yang bersumber dari skripsi:

Rinanty, W.W., Cherita. 2002. "Keutuhan Wacana Komik". Skripsi Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Depok.

Footnote yang bersumber dari jurnal:

Hannes Datta. "The Challenge of Retaining Customers Acquired with Free Trials," Journal of Marketing Research 52, no. 2 (2015): 220, www.jstor.org/stable/43832354.

Footnote yang bersumber dari makalah:

Yahya Saputra, "Kekerasan terhadap Wanita Dalam Hukum Islam" Asy-Syariah, Edisi 6, April 2016, hal. 15.

Akhir Kata

Nah itulah dia cara membuat footnote terlengkap dan paling mudah di tahun 2022 yang bisa kamu ikuti. Dengan mengetahui cara ini, Jaka jamin kamu nggak akan bingung, deh.

Kamu pasti bisa membuat catatan kaki tanpa mengintip pembahasan di internet atau YouTube lagi. Pasti bakalan sat set sat set banget, geng. Jadi, sekian dari Jaka dan selamat mencoba, ya.

Baca juga artikel seputar Cara Jualan di TikTok atau artikel Tips lainnya dari Rismawati Idris.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal