J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat Bingkai di Word 2007, 2010, 2013, & 2016, Mudah!

Cara Membuat Bingkai di Word 2007, 2010, 2013, & 2016, Mudah!

Senin, 22 Jun 2020, 13:00 WIB
Pingin dokumen ketikan Ms. Word kamu lebih rapih? Yuk simak cara membuat bingkai di Word yang paling mudah dan praktis di semua versi Ms. Word.

Microsoft Word menjadi salah satu program yang paling penting di hampir semua laptop maupun komputer saat ini. Fungsinya sebagai program pengolah kata masih tidak bisa ditandingi oleh software lain.

Banyaknya fitur yang ditawarkan dalam Microsoft Word membuat banyak orang terpikat, dan enggan untuk beralih menggunakan software pengolah kata lain hingga saat ini.

Bukan hanya fitur produktifitas saja yang menjadi highlight Ms. Word, fitur estetika seperti bingkai pun tidak ketinggalan untuk dihadirkan di dalam program yang satu ini.

Untuk kamu yang ingin membuat dokumen yang kamu buat menjadi jauh lebih menarik, kali ini Jaka akan membahas mengenai cara membuat bingkai di Word.

Cara Membuat Bingkai di Microsoft Word

Fitur bingkai atau border sudah ada di Microsoft Word sejak lama. Fitur ini banyak dimanfaatkan untuk menghias halaman cover maupun untuk keperluan pengetikan lembar estetis lainnya.

Kehadirannya yang mampu memperindah tampilan lembar pengetikan, membuat bingkai menjadi salah satu fitur unggulan yang sering dipakai untuk membuat tugas menjadi lebih terlihat rapih dan menarik.

Dengan banyaknya versi Ms. Word yang digunakan di Indonesia, kali ini Jaka akan membahas cara membuat bingkai di Microsoft Word di beberapa versi.

Mulai dari Ms. Word 2007 hingga Ms. Word 2016, semuanya akan Jaka bahas secara terpirinci mengenai bagaimana menggunakan fitur bingkai di lembar pengetikannya.

Cara Membuat Bingkai di Word 2007

Meskipun tergolong versi yang cukup lama, Microsoft Word 2007 masih banyak digunakan di Indonesia.

Pengguna Microsoft Word yang merasa bahwa Ms. Word 2007 masih bisa digunakan untuk mengakomodir kebutuhan mereka, banyak yang enggan untuk melakukan upgrade ke versi di atasnya.

Maka dari itu, kali ini Jaka pun akan tetap membahas cara membuat bingkai di Word 2007 untuk para pengguna setianya, dan berikut ini langkah-langkah selengkapnya.

  • Langkah 1 - Buka program Ms. Word dan masuk ke menu Page Layout.

  • Langkah 2 - Pada menu Page Layout pilih Page Borders untuk menampilkan jendela pilihan selanjutnya. Di sini kamu sudah bisa mengatur tampilan border sesuai yang diinginkan.

J 01 583b6
  • Langkah 3 - Untuk menampilkan pilihan lebih lanjut klik Options di menu Page Borders. Di sini kamu bisa mengatur pilihan lebih lanjut mengenai letak bingkai yang ingin dibuat. Klik OK jika dirasa cukup.
J 02 Ffb81

Dengan begini tampilan dokumen pengetikan pun akan langsung berubah. Kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas bila bingkai yang ditampilkan dirasa kurang pas.

Cara Membuat Bingkai di Microsoft Word 2010

Selain Word 2007, Microsoft Word 2010 pun masih banyak digunakan di Indonesia. Tampilannya yang simple dan juga fiturnya yang cukup lengkap membuat banyak orang jatuh hati, bahkan hingga saat ini.

Versi ini pun sudah mendukung berbagai macam fitur estetika, termasuk bingkai. Maka dari itu, Jaka pun akan membahas juga cara membuat bingkai di Microsoft Word 2010.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat sekaligus mengedit bingkai di Ms. Word 2010.

  • Langkah 1 - Buka program Microsoft Word, dan masuk ke menu Page Layout.

  • Langkah 2 - Pada menu Page Layout pilih Page Borders untuk menampilkan jendela pengaturan bingkai (Borders and Shading).

J 01 14ef5
  • Langkah 3 - Lakukan pengaturan lebih lanjut mengenai jenis bingkai, tampilan, warna, tebal, bahkan bentuk border sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika selesai klik OK.
J 02 80468

Terdapat berbagai macam pengaturan pada menu bingkai yang bisa kamu sesuaikan. Di sini, kamu bebas untuk mengkreasikan bingkai sesuai imajinasi dan keperluan.

Kamu juga dapat melihat preview pengaturan bingkai yang kamu lakukan pada kolom Borders and Shading, supaya tidak bolak-balik membuka dan menutup jendela pengaturan bingkai untuk penyesuaian.

Cara Membuat Bingkai di Word 2013

Versi Microsoft Word selanjutnya yang akan Jaka bahas adalah Ms. Word 2013. Mulai versi ini, tampilan Microsoft word mulai berubah drastis, mengadaptasi gaya simple dan minimalis.

Tampak menu di versi ini pun berbeda dengan versi-versi sebelumnya, tapi nggak perlu khawatir karena jaka juga akan membahas cara membuat bingkai di word 2013 secara lengkap di sini.

Nggak pelu lama-lama lagi, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengatur tampilan bingkai atau border pada lembar pengetikan yang sedang kamu kerjakan.

  • Langkah 1 - Buka program Microsoft wolrd, dan masuk ke menu Design.

  • Langkah 2 - Di menu design pilih _Page Borders untuk membuka jendela pengaturan bingkai.

J 01 Bd6ce
  • Langkah 3 Setelah jendela pengaturan bingkai terbuka, lakukan penyesuaian berdasarkan kebutuhan kamu masing-masing.
J 02 7ac94

Masih sama dengan di versi sebelumnya, pada menu Borders and Shading kamu bisa mengubah jenis border, warna, ketebalan, dan detil-detil kecil lainnya.

Di sini kamu bisa berkreasi sesuka hati. Cara ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara membuat bingkai undangan di Word, karena pada dasarnya prinsipnya masih sama.

Cara Membuat Bingkai di Word 2016

Versi terakhir yang akan Jaka bahas proses pembuatan bingkainya adalah Microsoft Word 2016. Versi ini merupakan versi yang tergolong cukup baru, dan sudah digunakan secara luas di Indonesia.

Dari segi tampilan, Word 2016 dan 2013 memiliki tampak umum yang mirip. Tidak ada perbedaan mencolok dari segi tampilan maupun desain.

Meskipun begitu, versi yang lebih baru tentunya memiliki fitur yang lebih baik dan lebih canggih pula, dan fitur bingkai pun tidak ketinggalan untuk disertakan pada versi ini.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam rangkaian cara membuat bingkai di Word 2016.

  • Langkah 1 - Buka program Microsoft Word, lalu masuk ke menu Design.
J 01 52e3c
  • Langkah 2 - Pada menu Design klik Page Borders untuk menampilkan jendela pilihan selanjutnya.
J 02 3aaa9
  • Langkah 3 - Kamu bisa melaakukan penyesuaian dan pengaturan yang diperlukan pada jendela baru ini seperti mengubah desain, warna, dan juga letak bingkai.
J 03 E74be

Sebetulnya fitur pengaturan dan desain bingkai yang ditawarkan pada Ms. Word 2016 tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya.

Meskipun begitu, bingkai masih bisa kamumanfaatkan untuk mempercantik tampilan dokumen, digabungkan dengan nomor halaman dan juga elemen lainnya.

Akhir Kata

Itu dia cara membuat bingkai di Word pada 4 versi Microsoft Word yang bisa kamu praktekkan untuk mebuat tampilan halaman pengetikan menjadi lebih menarik.

Meskipun banya berfungsi sebagai penambah nilai estetika, fitur yang satu ini masih tetap wajib untuk kamu kuasai karena beragamnya jenis tugas yang mungkin kamu terima nantinya.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa berguna untuk kalian semua, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Ms. Word atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Memberikan Halaman Pada Word Banner 0f97d

4 Cara Memberi Nomor Halaman Pada Word, Mudah & Rapi!

Banner Jadi 7c805

Cara Membuat Grafik di Word Secara Mudah dan Otomatis

Banner Jadi A9a17

Cara Membuat Grafik di Excel 2010 dan 2016, Mudah dan Cepat

Rumus Excel Bannerx C589b

28 Rumus Excel di Dunia Kerja Paling Penting | Wajib Tahu!

Banner Jadi 32733

Cara Ubah PDF ke Excel dengan Mudah dan Praktis, Nggak Harus Bayar

Cara Print Excel Per Page B0c90

Cara Print Excel Agar Rapi, Tidak Terpotong & Full Kertas

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Mengatur Spasi Antar Kata di Ms. Word 2016, 2013, 2010, & 2007

Cara Mengatur Spasi Antar Kata di Ms. Word 2016, 2013, 2010, & 2007

4 Cara Menghapus Halaman di Word (Laptop dan Android)

4 Cara Menghapus Halaman di Word (Laptop dan Android)

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal