2 Cara Membuat Background PPT Menarik | Bikin Audiens Jadi Fokus!

Presentasi sering kali menjadi saat yang membosankan bagi para audiens. Akibatnya, mereka asyik sendiri dan tidak menyimak penjelasan materi. Sebenarnya, persoalan tersebut bisa diatasi dengan cara membuat background PPT menarik.

Hal ini berguna untuk menarik minat dan menjaga fokus mereka dalam mendengarkan materi yang disampaikan. Cara membuat PPT menarik bisa dengan menggunakan gambar yang eye-catching tapi tidak terlalu ramai.

Jika slides PPT buatanmu keren, ditambah cara penyampaian materi yang jelas, tentu presentasimu akan memberi dampak yang signifikan kepada para audiens.

Ingin tahu cara membuat background PPT yang bagus tapi tidak ribet? Supaya kamu bisa melakukannya dengan mudah, simak penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Background PPT Pakai Gambar dan Tekstur

Meskipun saat ini kamu bisa download background PPT keren sehingga tidak perlu susah-susah membuatnya dari awal, namun sebenarnya kamu juga bisa bikin sendiri, lho.

Ada banyak cara membuat tampilan background slide PowerPoint jadi menarik, yaitu dengan warna, gradien warna, gambar, atau tekstur.

Kali ini, Jaka akan menjelaskan cara membuat background PowerPoint dengan gambar dan tekstur. Tapi, kamu sudah tahu perbedaan antara keduanya?

Perbedaan Gambar dan Tekstur

Sebelum masuk ke penjelasan utama, penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara gambar dan tekstur.

Jika gambar berukuran besar, kamu bisa menggunakannya untuk mengisi seluruh bidang slide PPT. Tapi, kamu juga bisa mengecilkan gambar dan menjadikannya sebagai tekstur jika gambar tersebut seamless (tanpa batas), sehingga tampilan background tidak berkotak-kotak.

Pada contoh berikut, kamu bisa lihat bahwa gambar yang bukan seamless tidak cocok digunakan sebagai tekstur karena pinggirannya yang dibatasi kotak akan mengganggu tampilan slide.

Cara Membuat Background Power Point Dengan Gambar Sendiri 7d2d1

Sementara itu, tekstur adalah gambar seamless berukuran kecil yang ditampilkan berulang-ulang hingga memenuhi seluruh bidang slide. Contoh tekstur bisa kamu lihat pada gambar berikut ini.

Cara Membuat Background Powerpoint Berbeda Tiap Slide 8ca37

Cara Membuat Background PPT dengan Gambar

Setelah kamu memahami perbedaan gambar dan tekstur, kini kamu bisa memilih antara keduanya untuk dijadikan background PPT. Nah, kalau kebetulan kamu lebih suka menggunakan gambar, maka kamu bisa mengikuti cara ini.

Apalagi, saat ini sudah tersedia banyak wallpaper HD keren yang bisa kamu jadikan sebagai background PowerPoint. Tinggal sesuaikan saja dengan tema presentasimu.

Supaya kamu tidak penasaran, langsung saja simak cara membuat background Power Point dengan gambar sendiri di bawah ini.

  1. Buka tab Design, lalu klik Format Background di pojok kanan atas.
Cara Membuat Background Ppt Ed2eb
  1. Pada panel Fill, klik Picture or texture fill, dan kosongkan kotak Tile picture as texture.
Cara Membuat Background Ppt Di Wps Office 4ad92
  1. Di bagian Picture Source, klik Insert dan pilih gambar yang tersimpan di perangkatmu.

  2. Sekarang background slide PPT sudah berisi gambar. Selanjutnya gunakan:

  • Tiling options: Mengatur ukuran gambar pada slide. Atur nilai persentase pada pilihan Offset Left, Right, Top, dan Bottom.

  • Transparency: Isi nilai persentase pada kotak atau geser slider di sampingnya untuk mengatur transparansi gambar. Kamu bisa pilih 100% sebagai cara membuat background PowerPoint transparan.

Cara Membuat Background Ppt Bergerak 9a741
  1. Terakhir, pilih satu dari opsi berikut:
  • Apply to All: Jika kamu ingin menggunakan gambar background pada semua slide dan klik tombol Close untuk menutup kotak dialog.

  • Langsung klik tombol Close untuk menutup kotak dialog jika kamu ingin memberi gambar background hanya pada slide yang dipilih.

Cara Membuat Background Ppt Transparan 22353

Cara Membuat Background PPT dengan Tekstur

Sudah mencoba cara di atas tapi ternyata kurang suka dengan gambar yang kamu pilih? Tenang, cara mengganti background PPT di HP dan PC sangat mudah, kok.

Kali ini, kamu bisa membuat background PPT menggunakan tekstur. Tidak kalah dengan gambar, tekstur juga bisa menjadi background PPT aesthetic, lho.

Sudah penasaran dengan cara membuat background PPT dengan tekstur? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka tab Design, lalu klik Format Background di pojok kanan atas.
Cara Membuat Background Ppt Ed2eb
  1. Pada panel Fill, klik Picture or texture fill, dan centang kotak Tile picture as texture.
Download Background Ppt 574bf
  1. Di bagian Picture Source, klik Insert dan pilih gambar yang tersimpan di perangkatmu. Atau bisa juga dengan memilih dari menu Texture dan pilih tekstur yang kamu inginkan.
Background Ppt Menarik Aa5ff
  1. Sekarang background slide PPT sudah berisi tekstur. Selanjutnya gunakan:
  • Stretch options: Mengatur posisi dan skala tekstur pada slide. Atur nilai pada pilihan Offset dan Scale.

  • Transparency: Isi nilai persentase pada kotak atau geser slider di sampingnya untuk mengatur transparansi tekstur. Kamu bisa pilih 100% sebagai cara membuat background PowerPoint transparan.

Background Ppt Aesthetic 21d72
  1. Terakhir, pilih satu dari opsi berikut:
  • Apply to All: Jika kamu ingin menggunakan gambar background pada semua slide dan klik tombol Close untuk menutup kotak dialog.

  • Langsung klik tombol Close untuk menutup kotak dialog jika kamu ingin memberi gambar background hanya pada slide yang dipilih.

Cara Membuat Background Ppt Keren 4d373

Akhir Kata

Itu dia cara membuat background PPT menggunakan gambar maupun tekstur agar slide yang akan ditampilkan menjadi lebih menarik. Kamu juga bisa mengikuti langkah-langkah di atas melalui smartphone, lho, karena cara membuat PPT di HP juga sama mudahnya.

Nah, dengan begini, perhatian audiens akan tertuju pada PowerPoint buatanmu, sehingga materi yang ingin kamu jelaskan dapat tersampaikan dengan baik.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Wps Office Banner 1d747
Download WPS Office MOD APK 12.7.3 | Semua Fitur Ms Office Jadi Satu!
Aplikasi Presentasi Selain Aplikasi Powerpoint 1e568
10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint Gratis, Online & Offline
Cara Membuat Flowchart 779b1
Cara Membuat Flowchart di Word dan PPT | Cepat dan Gak Ribet!
Membaca File Office Di Android Banner
Cara Membuka File PDF, PowerPoint, Excel dan Word di HP Android
Pasti Nggak Tahu Fitur Ini! Cara Membuat Hyperlink di PowerPoint
Untitled 3 Ce061
Cara Mengubah PDF ke PPT Gratis 2020 | Dijamin WORKS 100%!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal