Cara Memblokir Email di Gmail | Bisa Filter Pesan Juga!

Default

Cara memblokir email sebenarnya tidaklah sulit. Caranya hampir sama semudah memfilter email di Gmail atau email lainnya.

Kamu dapat membuat daftar hitam alamat email agar pengguna tertentu tidak bisa mengirim pesan kepadamu. Selain itu, kamu juga bisa mengarahkan pesan dari mereka langsung ke folder khusus agar tak perlu lagi melihatnya di kotak masuk. Ini adalah salah satu fitur rahasia Gmail yang bisa membantumu untuk lebih nyaman mengirim pesan elektronik.

Cara ini berbeda dengan cara unsubscribe email langganan karena kamu juga bisa memblokir email perseorangan yang tidak kamu inginkan.

Jadi, jangan bingung kalau kamu ingin memblokir email tertentu. Ikuti saja cara ini!

Tutorial Lengkap Memblokir Email di Gmail

Kamu tentunya pernah mendapatkan email spam atau email dari seseorang yang membuat kamu merasa tidak nyaman. Apalagi mengingat jika sekarang orang bisa membuat email palsu dengan mudah, kamu pasti merasa perlu memproteksi akun email kamu dari serangan email yang tidak diinginkan.

Untungnya, Gmail memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk memblokir email mengganggu. Sehingga fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk melindungi kotak masuk kamu.

Tidak perlu menunggu lebih lama lagi. Berikut tutorial langkah cara memblokir email di Gmail yang bisa kamu ikuti.

Cara Memblokir Email dari Pengirim

Cara pertama ini akan mengulas bagaimana membuat filter di Gmail untuk memblokir pesan dari seseorang melalui alamat email.

Mulailah dengan membuka pesan dari pengirim yang emailnya ingin kamu blokir. Kamu bisa bebas memilih alamat email manapun baik personal hingga bisnis.

  1. Klik ikon titik tiga di kanan atas layar di dalam email yang kamu pilih. Menu drop-down akan ditampilkan.
Cara Blokir Email Di Hp Yang Hilang 3f697
  1. Pilih opsi Block (nama pengirim email). Selanjutnya akan muncul pesan konfirmasi yang menunjukkan bahwa pesan berikutnya dari pengirim ini akan ditandai sebagai spam.
Cara Memblokir Email Yahoo Ebe52
  1. Email dari orang tersebut akan dikirim ke folder "Spam" kamu. Klik tombol Block untuk konfirmasi pengaturan.

Cara Memfilter Email dari Pengirim Tertentu

Tutorial kedua yakni cara memfilter email di Gmail secara otomatis. Kamu juga bisa menggunakan filter untuk mengarahkan pesan dari pengirim tertentu langsung ke label folder tertentu.

Misalnya, kamu tidak ingin melihat semua pesan dari mantan. Nah, kamu tinggal memfilter semua pesan dari mantan sehingga pesan-pesan tersebut otomatis masuk ke label tertentu. Begini cara melakukannya:

  1. Buka akun Gmail kamu.

  2. Klik tanda panah di sebelah kanan bilah penelusuran Gmail untuk menampilkan kotak Advanced Gmail Search seperti yang terlihat di gambar berikut ini.

Cara Menghentikan Email Masuk Di Gmail 4c578
  1. Ketikkan nama pengirim pesan yang ingin kamu filter ke kolom "From". Kamu bisa lebih spesifik dengan menentukan lebih banyak informasi di bidang (field) lainnya. Di sini kamu juga bisa memblokir subjek, kata, ukuran email, hingga email dari tanggal-tanggal tertentu. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.
  • Setelah selesai memasukkan informasi, klik link Create filter with this search. Kotak Create filter muncul.
Cara Blokir Email Orang Lain Di Iphone 6106a
  1. Kotak ini menanyakan apa yang ingin kamu lakukan dengan setiap pesan yang memenuhi kriteria yang Anda tetapkan di kotak 'Advanced Gmail Search'.

  2. Perhatikan bahwa beberapa opsi, seperti Delete it dan Skip the Inbox, akan tetap menyimpan pesan-pesan tersebut di luar inbox Gmail kamu.

  • Opsi 'Delete it' khususnya, akan menyimpan pesan yang tidak diinginkan dari pengirim keluar dari inbox dan folder Spam kamu.
Cara Mengetahui Email Diblokir 7b629
  • Kali ini kita akan memilih untuk mengirim pesan yang ditentukan ke label. Contohnya Jaka buat label 'Mantan Rekan Kantor'.
  1. Centang kotak di sebelah opsi Apply the label. Klik tanda panah di kotak Choose label. Menu drop-down akan menampilkan label yang tersedia.
Cara Memblokir Email Spam Di Yahoo 8ce2f
  1. Pilih label yang kamu inginkan untuk menandai pesan pesan dari pengirim tertentu. Klik Create filter untuk membuat filter.

Akhir Kata

Cara memblokir email dan memfilter pengirim email mudah dan singkat, kan? Namun, pada langkah dan cara ini Jaka baru menemukan untuk pengguna Gmail saja.

Jika kamu masih mendapatkan email yang sama dari pihak tersebut. Saran Jaka buat akun email baru atau hapus akun Gmail secara permanen.

Apakah ada tips dan cara yang bisa kamu sarankan agar tidak gampang mendapatkan spam email dari pihak asing? Yuk, bagikan pendapatmu dalam kolom komentar.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal