J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membatasi Pengguna WiFi IndiHome | Biar Gak Seenaknya Dipakai!

Sabtu, 5 Sep 2020, 16:00 WIB
Cara membatasi pengguna WiFi IndiHome, lengkap dengan cara membatasi kecepatan WiFi biar nggak seenaknya dipakai orang lain.

Pernah nggak sih kamu ngerasa kecepatan WiFi IndiHome mu berkurang secara tiba-tiba? Ada beberapa faktor yang menyebabkan perangkat satu ini lemot, salah satunya adalah banyaknya pengguna perangkat yang mengakses jaringan WiFi yang sama.

Jelas aja ini bisa terjadi, geng. Besaran kapasitas WiFi yang terbatas harus dibagi-bagi dengan banyaknya perangkat yang menggunakan jaringan tersebut.

Makin banyak orang yang mengakses WiFi yang sama, makin lemotlah jaringannya, apalagi jika besaran bandwich WiFimu terbatas.

Makanya, kamu harus mulai menerapkan pembatasan jumlah pengguna serta kecepatan antar perangkat. Dalam artikel ini Jaka bakal beri panduan cara membatasi pengguna WiFi IndiHome sekaligus membatasi kecepatan WiFi antar perangkat.

Cara Membatasi Pengguna WiFi & Kecepatan IndiHome

10 Custom D19fc
Sumber foto: Lifewire

Dengan mengetahui cara membatasi pengguna WiFi IndiHome di aneka HP Android seperti Oppo, Samsung, Xiaomi, realme, dan sebagainya, kamu bisa berlaku adil dan membagi jaringan sama rata.

Panduan yang satu ini penting banget supaya masing-masing pengguna bisa menggunakan besaran jaringan dengan baik, tanpa menjadi rakus dan "memakan" seluruh jaringan secara seenaknya.

Nantinya kamu juga bakal mempelajari cara membatasi kecepatan WiFi IndiHome yang bisa kamu lakukan di rumah maupun pada perangkat WiFimu sendiri. Udah nggak sabar, kan? Berikut ulasan lengkapnya!

Cara Membatasi Pengguna WiFi IndiHome

12 Custom 4d9e9
Sumber foto: The Irish Times

Dengan harga paket IndiHome yang terbaik dan terjangkau, bisa dimaklumi banyak banget orang yang menggunakan layanannya. Hanya saja, jika dipakai terlalu banyak orang, bisa dipastikan koneksinya auto lemot.

Untuk menyiasatinya, kamu harus membatasi penggunaan WiFi IndiHome mu. Buat kamu yang kepo panduannya, silakan baca baik-baik ulasan Jaka di bawah ini!

1. Modem WiFi Indihome Fiberhome

Cara membatasi pengguna wifi IndiHome Fiberhome yang pertama adalah dengan langsung masuk pada sistem modemnya. Cara ini dianggap lebih praktis dan simpel, apalagi jika kamu nggak menggunakan modem jenis lain. Berikut panduan singkatnya!

Langkah - 1: Pastikan perangkatmu sudah terhubung ke ONT Fiberhome, baik dari jaringan WiFi atau LAN.

Langkah - 2: Masukan alamat IP 192.168.1.1 kedalam address bar Browser yang kamu gunakan, lalu login dengan menggunakan username: admin dan password: admin.

1 Custom 8a19e
Sumber foto: itnesia.com

Langkah - 3: Buka pengaturan Network > Wlan Settings > WiFi Control.

Langkah - 4: Ubah nilai 0 pada SSID yang yang hendak kamu batasi penggunaannya. Misal kamu mau memasukkan angka 4, artinya hanya 4 orang yang bisa mengakses jaringan tersebut.

2 Custom E4123
Sumber foto: itnesia.com

Langkah - 5: Jika dirasa cukup, klik Apply. Selesai!

2. Modem Huawei HG8245H

Selain menggunakan modem bawaan, kamu juga bisa mengetahui cara membatasi pengguna WiFi IndiHome pada modem Huawei HG8245H. Kamu juga bisa melakukannya secara manual di HP Android mu loh. Tanpa perlu berlama-lama, berikut panduan lengkapnya!

Langkah - 1: Pastikan perangkatmu sudah terhubung ke ONT Huawei, baik dari jaringan WiFi atau LAN.

Langkah - 2: Masukkan alamat IP 192.168.100.1 melalui browser yang kamu gunakan, lalu login dengan menggunakan username: telecomadmin, password: admintelecom atau username: root, password: admin.

3 Custom 31909
Sumber foto: itnesia.com

Langkah - 3: Pergi ke pengaturan WLAN > WLAN Basic Configuration.

Langkah - 4: Rubah nilai pada kolom Number of Associated Devices sesuai keinginanmu. Misalkan kamu masukkan angka 32, maka akan ada 32 perangkat yang bisa menggunakan koneksi WiFimu.

4 Custom 59bd0
Sumber foto: eztekno.com

Langkah - 5: Kalau sudah, klik Apply. Selesai!

3. Modem ZTE

Selain menggunakan modem Huawei, kamu juga bisa menguasai cara membatasi pengguna WiFi IndiHome pada modem ZTE. Berikut langkah-langkahnya!

Langkah - 1: Pastikan perangkatmu sudah terhubung ke ONT ZTE, baik dari jaringan WiFi atau LAN.

Langkah - 2: Ketik alamat IP 192.168.1.1 pada browser yang kamu gunakan, lalu login dengan username: user dan password: user.

Langkah - 3: Langsung pergi ke pengaturan Network > SSID Settings.

Langkah - 4: Pilih SSID yang hendak dibatasi jumlah penggunanya, lalu ubah angka pada Maximum Clients.

5 Custom 1c013
Sumber foto: itnesia.com

Langkah - 5: Kalau sudah sesuai dengan kebutuhan, klik Submit. Selesai!

Cara Membatasi Kecepatan WiFi IndiHome

11 Custom 52279
Sumber foto: HelloTech

Koneksi yang cepat dan stabil membuat WiFi IndiHome jadi pilihan utama banyak keluarga. Namun nggak heran juga, banyak yang mencuri dan membobol jaringannya agar bisa mendapat akses internet gratis.

Maka dari itu, selain kamu harus menguasai Cara Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, kamu juga harus memahami panduan cara membatasi kecepatan WiFi IndiHome pada modem Huawei HG8245H, modem ZTE, dan perangkat lainnya.

Ini bermanfaat andai kata WiFimu dibobol oleh orang luar, mereka nggak bisa memaanfaatkannya secara maksimal karena kecepatannya yang terbatas. Berikut cara membatasi kecepatan pengguna WiFi IndiHome!

Cara Cek IP Address

Sebelum kamu mengetahui cara membatasi kecepatan pengguna WiFi IndiHome, kamu harus mengetahui alamat IP. Alamat ini akan sangat penting dalam membatasi atau membagi kecepatan WiFi.

Jaka sudah menuliskan artikel mengenai Cara Cek IP Address di HP & Laptop Paling Akurat lewat tautan di bawah ini. Silakan dibaca dan dipahami dulu!

Cara Cek Ip Address 54fe0
6 Cara Cek IP Address Di HP & Laptop Paling Akurat, Sudah Coba?
Penasaran dengan IP address HP atau laptop kamu? Nih, Jaka kasih cara cek IP address HP dan laptop terlengkap yang bisa kamu coba!
LIHAT ARTIKEL

Kalau sudah mendapatkan IP Address, kamu sudah bisa mengatur dan membatasi kecepatan WiFi IndiHome. Sudah siap? Berikut pembahasan lengkapnya!

1. Menggunakan TP-Link Router

TP-Link adalah salah satu jenis router yang sangat umum digunakan oleh para pengguna internet. Buat kamu yang ingin tahu cara membatasi kecepatan WiFi di TP-Link, berikut langkah-langkahnya!

Langkah - 1: Silakan masuk dengan alamat IP pada router, kemudian log in dengan identitas pengguna router yang tadi kamu cari.

Langkah - 2: Klik DHCP > DHCP Client. Nantinya kamu bisa melihat alamat IP dari perangkat yang menggunakan akses WiFi kamu. Dicatat satu-satu ya alamatnya!

Langkah - 3: Kalau sudah tahu alamat IP yang pengin kamu batasi kecepatan WiFinya, pergi ke Control > Rule List.

6 Custom D1eb9
Sumber foto: carisinyal.com

Langkah - 4: Isi alamat IP yang ingin kamu batasi kecepatannya. Isi juga kolom Egress Bandwidth & Ingress Bandwidth dengan angka yang sama. Untuk kolom lainnya, biarkan aja, geng.

7 Custom 1d74b
Sumber foto: carisinyal.com

Langkah - 5: Kalau sudah selesai, langsung klik Save. Sekarang kamu sudah bisa membagi sekaligus membatasi kecepatan WiFi kamu.

2. Menggunakan D-Link Router

Selain menggunakan TP-Link, kamu juga bisa menggunakan router lainnya yang bernama D-Link. Caranya pun sebenarnya mirip-mirip dengan langkah di atas. Berikut panduan lengkapnya!

Langkah - 1: Silakan masuk dengan alamat IP pada router, kemudian log in dengan identitas pengguna router yang tadi kamu cari.

Langkah - 2: Klik DHCP > Client Table. Nantinya kamu bisa melihat alamat IP dari perangkat yang menggunakan akses WiFi kamu. Jangan lupa dicatat satu-satu ya!

Langkah - 3: Pergi ke pengaturan Advanced > Traffic Control, lalu klik Add untuk membatasi kecepatan WiFi.

Langkah - 4: Isi kolom alamat IP yang ingin kamu batasi kecepatan WiFi-nya. Kemudian, isi angka batasan kecepatan WiFi pada bagian Up Floor, Down Floor limit, Up Ceiling, Down Ceiling. Angkanya harus sama ya, geng!

8 Custom 612c2
Sumber foto: carisinyal.com

Langkah - 5: Kalau sudah selesai, klik Add Rules. Gampang banget, kan?

Akhir Kata

Demikianlah informasi lengkap mengenai cara membatasi pengguna WiFi IndiHome, lengkap dengan cara membatasi kecepatan WiFi biar nggak seenaknya dipakai orang lain. Gampang banget bukan?

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Paket Internet Xl 95dfe

Daftar Harga Paket Internet XL 3G/4G November 2020, Murah Meriah!

Paket Internet Indosat 89086

Daftar Harga Paket Internet Indosat Terbaru 2020, Mulai 10 Ribuan!

Paket Internet Smartfren 2c9e5

Daftar Harga Paket Internet Smartfren Murah & Lengkap 2020

Paket Internet 3 5e1b8

Paket Internet 3 (Tri) Harga Terbaru Oktober 2020, Murah!

Untitled 1 41bb6 1ff1f

Harga Paket Internet Telkomsel Terbaru November 2020, Murah-Murah!

Paket Internet Unlimited 58424

Daftar Harga Paket Internet Unlimited All Operator Terbaru 2020

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Tahu Siapa Aja yang Pakai WiFi IndiHome, Bisa Tangkap Penyusup!

Cara Tahu Siapa Aja yang Pakai WiFi IndiHome, Bisa Tangkap Penyusup!

10 Cara Menyambungkan WiFi yang Tidak Bisa Terhubung, Works 100%!

10 Cara Menyambungkan WiFi yang Tidak Bisa Terhubung, Works 100%!

Cara Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, Biar Gak Dicuri Melulu!

Cara Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, Biar Gak Dicuri Melulu!

Cara Mengetahui Password WiFi IndiHome | Paling Mudah!

Cara Mengetahui Password WiFi IndiHome | Paling Mudah!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal