Cara Melihat Arsip Instagram, Lengkap dengan Cara Mengembalikannya!

Default

Instagram (IG) punya banyak fitur yang bisa kamu gunakan dan salah satunya adalah Archive. Makanya, sebagai pengguna kamu harus tahu cara melihat arsip Instagram agar bisa memanfaatkan fiturnya dengan baik.

Sejak pertama kali muncul, IG langsung "meledak" dan mampu menjadi salah satu platform media sosial terpopuler dan banyak digunakan. Penggunanya saat ini pun sudah mencapai ratusan juta orang.

Instagram begitu populer bukannya tanpa sebab. Aplikasi jejaring sosial berbasis multimedia dan video ini selalu memanjakan penggunanya dengan berbagai macam fitur dan inovasi. Salah satunya adalah Archive yang menjadi salah satu fitur privasi bagi pengguna.

Fitur Archive membuatmu bisa "menghapus" foto atau video dari profilmu, lalu mengarsipkannya agar tidak bisa dilihat oleh orang lain. Namun, ternyata banyak pengguna yang masih bingung dengan cara melihat arsip Instagram atau melihat foto/video yang telah diarsipkan.

Lalu, bagaimana cara melihat arsip Instagram dan apakah kita bisa mengembalikannya seperti semula? Temukan jawaban sekaligus panduan yang telah Jaka rangkum di bawah ini, ya!

Apa Itu Archive Instagram?

Apa Itu Arsip Instagram Dddc5

Archive atau Arsip Instagram merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk "menghapus" postingan foto, video, atau stories dengan cara mengarsipkannya.

Perlu dicatat, postingan tersebut tidak benar-benar "dihapus". Sebab, Instagram sebenarnya menyembunyikannya di arsip pribadimu, bukan dihapus secara sistem. Artinya, cuma kamu yang bisa menikmati postingan yang telah diarsipkan tersebut karena pengguna lain tidak bisa melihatnya.

Ada lagi kelebihan dari sistem Archive Instagram. Fitur ini tetap mempertahankan angka likes dan komentar pada postingan yang telah diarsipkan. Beda halnya kalau kita benar-benar menghapus postingan, jumlah likes dan komentar pun juga ikut hilang.

Apakah kita bisa melihat postingan yang telah diarsip dan mengembalikannya ke profil? Jawabannya tentu bisa! Sayangnya, masih banyak pengguna yang lupa atau bahkan tidak tahu cara untuk melakukannya.

Cara Mengarsipkan Postingan di Instagram

Cara Mengarsipkan Foto 09f63

Sebelum masuk ke topik utama untuk melihat postingan yang telah diarsip, Jaka bakal bahas dulu cara mengarsipkan postingan di Instagram. Mungkin sebagian dari kalian juga ada yang belum tahu cara melakukannya. Oleh karena itu, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Klik ikon Profil di pojok kanan bawah.
  3. Pilih postingan yang akan diarsipkan.
  4. Klik ikon Menu Lain (ikon titik tiga) di pojok kanan atas postingan yang ingin diarsipkan.
  5. Pilih Arsipkan
  6. Selesai.

Setelah menyelesaikan panduan di atas, postingan kamu akan tersimpan secara otomatis di Arsip. Kamu tidak akan menemukannya lagi di profilmu sehingga pengguna lain juga tidak bisa melihatnya.

Selain itu, postingan yang diarsip akan dikategorikan berdasarkan tipenya, yakni foto, video, stories, hingga live.

Cara Melihat Arsip Instagram

Panduan Cara Melihat Arsip Instagram 96bc9

Ingat, postingan yang diarsip tidak benar-benar dihapus oleh sistem. Karena tidak dihapus, kamu pun masih bisa melihatnya di laman arsip. Kamu pun bisa melakukannya langsung di Instagram tanpa harus menggunakan aplikasi lain.

Untuk cara melihat arsip Instagram, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Klik ikon Profil di pojok kanan bawah.
  3. Klik ikon Menu (ikon garis tiga) di pojok kanan atas.
  4. Pilih Archive.
  5. Klik menu di bagian atas untuk pilih jenis postingan yang diarsipkan.

Bagaimana, mudah kan? Kamu pun kini bisa melihat postingan foto, stories, hingga live video yang telah kamu arsipkan.

Cara Melihat Arsip Instagram Foto D47b4

Fitur ini bisa dibilang sangat berguna kalau kamu mau "napak tilas" dengan postingan-postingan stories. Kamu pasti tahu bahwa postingan stories hanya bertahan maksimal 24 jam di feed. Setelah 24 jam, stories akan masuk ke Arsip. Makanya, di sinilah kamu bisa melihat kembali postingan stories lama!

Sama halnya dengan live video. Semua sesi live streaming yang telah kamu lakukan di IG akan terarsip di sini. Makanya, kamu tidak perlu takut kehilangan momen-momen penting saat live karena semuanya tersimpan dengan baik!

Lebih menariknya lagi, semua stories dan live video yang harusnya udah "expired" ternyata bisa dikembalikan alias diposting lagi. Jadi, kamu bisa posting konten "throwback" di stories atau feed, geng.

Cara Mengembalikan Postingan yang Telah Diarsipkan

Cara Mengembalikan Postingan Arsip 96679

Selain bisa melihat postingan yang ada di arsip, kamu juga bisa mengembalikannya ke feed, geng. Namun, ada sedikit perbedaan pada cara mengembalikan postingan foto, stories, dan live video. Biar kamu ngerti, simak caranya di bawah ini, yuk!

1. Cara Mengembalikan Foto yang Telah Diarsipkan

Cara Mengembalikan Postingan Foto 967d4
  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Klik ikon Profil di pojok kanan bawah.
  3. Klik ikon Menu (ikon garis tiga) di pojok kanan atas.
  4. Pilih Archive.
  5. Klik Photos Archive di bagian atas.
  6. Pilih foto yang ingin dikembalikan.
  7. Klik Menu Lain (ikon titik tiga) di pojok kanan atas.
  8. Pilih Show on Profile.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tadi, postingan foto atau video (bukan live video) yang kamu arsip akan kembali ke halaman profil sesuai tanggal posting awal. Kalau belum muncul, kamu bisa melakukan refresh dengan menarik layar ke bawah.

2. Cara Mengembalikan Stories yang Telah Diarsipkan

Cara Mengembalikan Postingan Stories Dfa23
  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Klik ikon Profil di pojok kanan bawah.
  3. Klik ikon Menu (ikon garis tiga) di pojok kanan atas.
  4. Pilih Archive.
  5. Klik Stories Archive di bagian atas.
  6. Pilih stories yang ingin diposting ulang atau dimasukkan ke highlight.
  7. Klik Share untuk memposting kembali stories lama.
  8. Klik Highlight untuk memasukkan stories ke highlight pada halaman profil.
  9. Klik Add, lalu Done.

Perlu dicatat, stories merupakan konten Instagram dalam jangka waktu terbatas (24 jam). Artinya, kamu takkan bisa memposting ulang stories yang ada di arsip ke tanggal perilisan semula.

Namun, postingan stories lama yang ada di arsip bisa diposting kembali sebagai stories baru. Postingan tersebut akan mencantumkan tanggal awal perilisan stories.

Stories juga bisa kamu masukkan sebagai Highlight yang ada di halaman profil. Fitur ini memungkinkanmu untuk membagikan konten stories lama dalam kategori khusus yang lebih terorganisir.

3. Cara Mengembalikan Live Video yang Telah Diarsip

Cara Mengembalikan Postingan Live Da20a
  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Klik ikon Profil di pojok kanan bawah.
  3. Klik ikon Menu (ikon garis tiga) di pojok kanan atas.
  4. Pilih Archive.
  5. Klik Live Archive di bagian atas.
  6. Pilih Live Video yang ingin dikembalikan.
  7. Klik Share.

Setelah itu, kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan. Video siaran langsung yang kamu arsipkan pun akan muncul pada tab video di halaman profil.

BONUS: Bisakah Kita Mengarsipkan Postingan Reels Instagram?

Reels merupakan jenis konten baru yang ada di Instagram. Konten Reels kurang lebih sama dengan postingan TikTok, yakni postingan video singkat berdurasi 15 detik dengan pilihan audio, efek, filter, atau tools kreatif lain.

Meski masuk sebagai salah satu konten di Instagram, kamu belum bisa mengarsipkannya seperti konten foto, video, atau stories. Jaka juga belum tahu secara pasti kenapa Instagram belum memberikan opsi arsip ke Reels. Lalu, bagaimana cara mengarsipkan Reels Instagram?

Ternyata, ada cara tersendiri untuk "mengarsipkan" Reels di Instagram, atau lebih tepatnya menyimpannya setelah menghapusnya dari profil. Kamu bisa simak caranya di bawah ini:

  1. Buka Instagram.
  2. Klik ikon Profil.
  3. Pilih postingan Reels.
  4. Pilih ikon Save untuk menyimpan Reels.
  5. Selanjutnya, klik **Menu Lain (ikon titik tiga) pada postingan Reels.
  6. Pilih Remove from Profile Grid untuk menghapus Reels dari profil.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, postingan Reels-mu akan tersimpan di laman Saved. Caranya memang berbeda dari cara mengarsipkan postingan foto, video, atau stories. Namun, secara konsep, cara ini sebenarnya serupa karena sama-sama menyimpan postingan dan menghapusnya dari profil.

Sayangnya, postingan Reels yang kamu hapus tersebut tidak benar-benar "hilang" dari profil. Sebab, postingannya masih ada di tab Reels dan bisa dilihat orang lain. Artinya, kamu memang belum bisa memanfaatkan fitur ala Arsip untuk Reels seperti postingan foto, video, atau stories.

Akhir Kata

Itulah dia cara melihat arsip Instagram beserta langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengarsipkan, lalu mengembalikannya. Fitur ini cocok banget buat kamu yang tidak ingin foto atau video di Instagram dikonsumsi oleh publik!

Baca juga artikel seputar Games, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Tanri Raafani Haidi.

ARTIKEL TERKAIT
71b6b04c2f5c8b290646299d2c898101
Cara Cepat Menghapus Semua Postingan Instagram Sekaligus
Instagram Archive
Gak Perlu Dihapus Permanen, Instagram Kini Bisa Sembunyikan Foto Aib
E5a05fe5a128f7d7202c1fab1afa8c32
Begini Cara Hapus Notifikasi Live Instagram Yang Mengganggu
Cara Menghapus Foto Di Facebook Dengan Mudah Gak Sampai Semenit 7abb3
5 Cara Menghapus Foto di Facebook dengan Mudah, Gak Sampai Semenit!
Facebook Fake News Banner
Ribuan Akun Facebook Penyebar Hoax akan Dihapus, Apa Kamu Salah Satunya?
Tags Terkait: Instagram
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal