3 Cara Kirim File Lewat Google Drive 2021, Bisa Kirim File Besar!

Default

Cara mengirimkan file lewat Google Drive bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Selain praktis, cara ini juga bisa sekaligus menjadi alternatif backup data.

Google Drive merupakan salah satu media penyimpanan yang paling populer di dunia. Kamu bisa menyimpan beragam data, mulai dari dokumen, foto, video, dan lainnya.

Selain itu, data yang kamu simpan di GDrive bisa kamu kirimkan ke orang lain. Bahkan, kamu bisa mengirimkan file berukuran besar sekalipun, loh!

Untuk tahu cara kirim file lewat Google Drive, langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini! Dijamin mudah dan cepat, deh!

Cara Mengirim File Lewat Google Drive Lewat HP

Dibanding menggunakan perangkat PC atau laptop, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan HP untuk mengirim file Google Drive karena lebih praktis.

Tapi sebelum itu, kamu harus install aplikasi Google Drive dulu di HP-mu. Lalu, kamu bisa simak langkah-langkah lengkapnya berikut ini!

  • Download dan install aplikasi Google Drive di HP. Kamu bisa mendapatkannya lewat tautan di bawah ini!
20130725140043_738
Google Drive for Android 2.20.101.09.40
Apps Office & Business Tools Google
DOWNLOAD
  • Buka aplikasi Google Drive, lalu upload file yang akan dibagikan. Cara upload file ke link Google Drive adalah klik tombol Tambah (+).

  • Tekan Upload untuk mengunggah file, atau tekan Folder untuk mengunggah folder. Setelah itu, cari file atau folder yang akan diunggah ke GDrive.

WhatsApp Image 2021 03 05 At 12 50 24 PM 0222e
  • Cari file yang sudah diunggah di bagian tab My Drive. Untuk membagikan file tersebut, tekan tombol titik tiga, lalu pilih Share.
WhatsApp Image 2021 03 05 At 12 50 24 PM 1 096f4
  • Masukkan alamat email yang akan dikirimi file tersebut. Tentukan apakah orang tersebut dapat mengedit file, memberi komentar, atau hanya melihat saja.
WhatsApp Image 2021 03 05 At 12 50 24 PM 2 94d2b
  • Setelah selesai, klik tombol Send di bagian bawah kanan layar.

  • Selesai! File tersebut akan langsung terkirim ke email milik orang yang dituju tadi.

Selain itu, jika kamu mencari cara upload file ke Google Drive orang lain lewat HP, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas tadi.

Tapi, pilih opsi Editor supaya penerima bisa mengedit file yang dikirim layaknya ia adalah pemilih dari file tersebut. Mudah, kan?

Cara Kirim File Google Drive via Link

Tidak hanya lewat email, kamu juga bisa mengirim file Google Drive melalui link saja, loh! Nantinya, link GDrive bisa dikirim ke orang lain agar lebih praktis.

Lalu, bagaimana cara mengirim link Google Drive ke WhatsApp atau aplikasi chatting lainnya? Yuk, langsung saja simak tutorialnya di bawah ini!

  • Pertama, ikuti cara mengirimkan file ke Google Drive seperti cara upload file yang Jaka jelaskan di atas.

  • Jika file sudah ada di Google Drive, klik tombol titik tiga dan pilih Manage People and Links.

WhatsApp Image 2021 03 05 At 12 50 24 PM 3 4de56
  • Pada tahap ini, ubah pengaturan link dengan menekan tombol Change, lalu pilih apakah orang yang memiliki link dapat mengedit file, meninggalkan komentar, atau hanya melihat saja.

  • Jika kamu ingin membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang sekaligus dapat diedit bersama, pilih saja Editor. Jika sudah, klik Copy Link.

WhatsApp Image 2021 03 05 At 12 50 24 PM 4 55185
  • Bagikan link Google Drive tersebut ke orang yang dituju. Kamu bisa membagikannya lewat aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan lainnya.

Cara Mengirim File di Google Drive via Gmail

Hingga saat ini, Gmail merupakan salah satu layanan email terbaik yang banyak digunakan. Fitur yang tersedia juga sangat lengkap.

Tentu saja, kamu juga bisa mengirim file di Google Drive lewat Gmail. Untuk tahu caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini!

  • Jika kamu menggunakan perangkat Android, download dan install aplikasi Gmail terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkannya melalui tautan di bawah ini:
Gmail Icon
Gmail 2020.02.16.297705979
Apps Social & Messaging Google
DOWNLOAD
  • Buka Gmail, lalu pilih Compose untuk membuat pesan baru.

  • Masukkan alamat email yang dituju dan subjek email. Setelah itu, klik tombol Attachment di samping kiri tombol Send. Tekan opsi Insert From Drive.

WhatsApp Image 2021 03 05 At 12 50 25 PM 5a693
  • Pilih opsi My Drive, lalu cari file atau folder di GDrive yang akan dikirim. Jika sudah, klik file tersebut dan tekan Select.
WhatsApp Image 2021 03 05 At 12 50 25 PM 1 1f72a
  • File dari Google Drive sudah berhasil dilapirkan dalam email. Kamu tinggal mengirim email tersebut dengan menekan tombol Send. Selesai, deh!

Meski cara yang Jaka praktikkan dilakukan melalui perangkat Android, tapi kamu juga bisa mencobanya pada perangkat lain, termasuk iPhone, PC, hingga laptop.

Akhir Kata

Nah, itu tadi penjelasan mengenai cara kirim file lewat Google Drive melalui HP yang bisa juga kamu lakukan lewat perangkat PC atau laptop.

Selain file berukuran kecil, kamu juga bisa mengirim file berukuran besar seperti video berdurasi panjang di Google Drive. Caranya juga sangat mudah, kan?

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Daftar Tokopedia 0596f
Cara Daftar Tokopedia Termudah 2021, Bikin Akun & Toko Online!
Cara Daftar M Banking Bca Tanpa Ke Bank Banner 34f8f
Cara Daftar & Aktivasi m-Banking BCA Tanpa ke ATM, Aman & Cepat!
Cara Daftar Penerima Pkh Online 2020 3791a
Cara Daftar PKH Online 2021 | Simak Syarat dan Ketentuannya!
Tags Terkait: google drive
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal