6 Cara Menghemat Memori Internal Android Kamu

11 August 2017

Kesal itu kalau lagi mau install aplikasi atau game baru di smartphone tapi nggak bisa karena memori internal penuh. Kamu juga pernah merasakannya bukan?

Ya, masih banyak orang yang pakai smartphone Android jadul dengan memori internal dan RAM pas-pasan. Tapi, setiap masalah itu pasti ada solusinya dan berikut cara hemat memori internal Android.

Terkhusus buat kamu yang masih menggunakan smartphone Android dengan memori internal 8 GB atau 16 GB dan RAM 1 GB atau 2 GB.

Cara Hemat Memori Internal Android

1. Install Aplikasi Versi Lite

cara-hemat-memori-internal-android-1

Saat ini sudah cukup banyak kok aplikasi populer yang hadir dalam 'versi Lite', ringan dan hemat kuota. Sebut saja Facebook Lite, Messenger Lite, LINE Lite, dan YouTube Go.

Meski fiturnya dipangkas, tapi pengalaman yang diberikan dalam menggunakan aplikasi kurang lebih tetap sama. Selain bisa hemat memori internal, install aplikasi versi Lite juga bisa menghemat kuota internet.

2. Jangan Install Aplikasi Cleaner dan Anti Virus

cara-hemat-memori-internal-android-2

Alih-alih ingin memaksimalkan performa smartphone, aplikasi cleaner dan anti virus justru malah bikin beban lho. Karena hal-hal yang seperti membersihkan cache aplikasi, dan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan untuk melegakan RAM sudah bisa kamu lakukan sendiri tanpa aplikasi.

3. Backup Foto dan Video ke Cloud Storage

cara-hemat-memori-internal-android-3

Cara menghemat memori internal pada Android berikutnya kamu harus rajin-rajin backup. Banyaknya file yang kamu simpan di smartphone juga akan menghabiskan memori internal dan menurunkan performa smartphone.

Solusinya, backup foto, video, dan file lainnya ke aplikasi cloud storage seperti Google Drive, Google Photos, OneDrive, Dropbox, dan lainnya.

8 Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik Untuk Memperluas Penyimpanan Smartphone
Inilah 8 Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik
8 Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik Untuk Memperluas Penyimpanan Smartphone
Baca

4. Budayakan Streaming

cara-hemat-memori-internal-android-4

Khusus buat kamu yang menggunakan smartphone dengan konektivitas 4G LTE, layanan paket data internet sudah terbilang murah dengan kuota yang cukup besar dan cukup cepat. Terlebih jika dalam kehidupan sehari-hari kamu ada jaringan WiFi gratis.

Ya, daripada menyimpan musik dan video ke smartphone, streaming tentu menjadi salah satu cara jitu untuk melegakan smartphone Android kamu. Sudah banyak aplikasi yang memungkinkan kamu mendengarkan musik dan menonton video secara online, seperti Spotify dan Netflix.

5. Rajin Bersih-bersih

cara-hemat-memori-internal-android-5

Mencoba aplikasi dan game terbaru, kenapa tidak? Sayang untuk dilewatkan, namun kamu juga harus rajin bersih-bersih.

Jangan cuma install, nggak digunakan, dan dibiarkan begitu saja. Menghapus aplikasi dan game yang jarang atau tidak pernah kamu sentuh tentu dapat melegakan memori internal kamu.

6. Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

cara-hemat-memori-internal-android-6

Harus diakui, kartu memori memang menjadi 'juru selamat' bagi pengguna smartphone yang butuh penyimpanan lebih. Apalagi buat kamu yang menggunakan smartphone tipe lama atau smartphone entry-level yang dibekali dengan memori pas-pasan.

Nah kamu juga dapat menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan internal pada smartphone Android kamu kalau smartphone kamu sudah menjalankan Android 6.0 Marshmallow. Nah bagaimana caranya dan kelebihan serta kekurangannya? Kamu bisa menyimaknya di artikel berikut.

Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android
Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android
Cara Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android
Baca

Akhir Kata

Itulah cara hemat memori internal Android. Agar kamu tetap dapat install aplikasi dan game Android baru dan juga tetap menjaga agar performa smartphone tetap ngebut, hemat baterai, dan hemat kuota. Kamu punya cara lain yang lebih jitu, share pendapat kamu.

Baca juga artikel seputar Android atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar