• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menghapus File Agar Tidak Bisa Dikembalikan Lagi

Cara Menghapus File Agar Tidak Bisa Dikembalikan Lagi

00
Rabu, 10 Agt 2016, 17:00 WIB
Ketika kamu menghapus file, sebenarnya sistem Android tidak benar-benar langsung menghapusnya dari penyimpanan. Lalu, bagaimana caranya memastikan agar file yang telah kita hapus sepenuhnya terhapus dan tidak dapat dikembalikan?

Ketika kamu menghapus file, sebenarnya sistem Android tidak benar-benar langsung menghapusnya dari penyimpanan. Sistem akan menyamarkan seolah-olah file sudah tidak ada lagi dan ruang kosong bertambah. Padahal sistem masih bisa terus menulis file ke penyimpanan kamu, setidaknya sampai file tersebut tertimpa oleh file baru.

Hal ini memungkinkan kamu atau orang lain untuk memulihkan file yang terhapus, meskipun ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Namun jika kamu tidak hati-hati, orang lain bisa saja memulihkan file rahasia kamu. Bahkan, ketika kamu sudah menghapus semua file itu. Jelas ini merupakan masalah yang serius ketika kamu ingin menjual smartphone. Lalu, bagaimana caranya memastikan agar file yang telah kita hapus sepenuhnya terhapus dan tidak dapat dikembalikan?

BACA JUGA
  • Cara Mencari File Tersembunyi di PC atau Laptop dengan Cepat
  • Cara Menampilkan Isi Flashdisk Yang Disembunyikan oleh Virus

File yang Dihapus di Smartphone Bisa Dikembalikan, Begini Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi masalah ini, developer Giuseppe Romano membuat aplikasi Android bernama Secure Eraser. Aplikasi ini bekerja dengan menimpa ruang kosong pada penyimpanan setelah kamu menghapus file, memastikan file yang kamu hapus benar-benar terhapus selamanya sehingga, tak seorang pun dapat memulihkan data.

1. Install Secure Eraser

Install Secure Eraser

Jika kamu memiliki banyak sekali rahasia di smartphone kamu, seperti data diri, data keuangan atau informasi penting lainnya. Tentunya, kamu khawatir jika seseorang bisa memulihkan data yang sudah kamu hapus. Untuk itu, lakukan install aplikasi Secure Eraser yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store.

Secure Eraser Icon
Secure Eraser 1.2.4
Apps Cleaning & Tweaking Giuseppe Romano
DOWNLOAD

2. Mengatur Secure Eraser

Mengatur Secure Eraser

Setelah kamu install dan buka, langkah yang harus kamu lakukan pertama adalah memilih apakah kamu ingin menghapus file yang telah dihapus dari penyimpanan internal atau dari penyimpanan eksternal. Di sebelah kanan, kamu pilih Random untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Hapus File Selama-lamanya

Hapus File Selama Lamanya

Selanjutnya, kamu tinggal tekan tombol Start di bagian bawah layar untuk mulai menghapus file selama-lamanya. Dari sini, Secure Eraser akan menimpa setiap ruang kosong dengan data acak untuk menyingkirkan file dihapus oleh kamu. Alhasil, ruang penyimpanan yang tersedia sesungguhnya pun terkuak. Tapi, jangan khawatir Secure Eraser akan menghapus data acak ini dan dan ruang kosong akan kamu dapatkan kembali.

Proses ini mungkin akan berlangsung cukup lama, butuh waktu sekitar tiga puluh menit untuk membersihkan ruang kosong 15 GB pada pengujian yang Jaka lakukan kali ini. Tentunya, total waktu akan bervariasi tergantung pada jumlah ruang yang tersedia pada perangkat kamu. Jadi, sabar menunggu ya selama proses pembersihan. Yang terpenting hasilnya memuaskan. Kamu tak perlu khawatir lagi, data-data penting kamu sepenuhnya akan lenyap. Bagaimana pendapat kamu, tertarik untuk mencobanya?

ARTIKEL TERKAIT
Fitur Mengganggu Windows 10 Banner

5 Fitur Paling Mengganggu yang Dimiliki Windows 10

Safely Remove Banner

Cara Safely Remove USB di Windows Menggunakan Tombol Keyboard

10 Sistem Operasi Terbaik Untuk Hacking Selain Windows

10 Sistem Operasi Terbaik Untuk Hacking Selain Windows

Windows 10 Tips And Trick

4 Hal yang WAJIB Dilakukan oleh Seluruh Pengguna Windows 10

5 Fitur Windows 10 Yang Harus Ada Di Android

5 Fitur Windows 10 Ini Bikin Pengguna Android Iri

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Blacklist Apk
Blacklist 4.4.337
Apps AntTek Inc.
Secure Gallery Icon
Secure Gallery (Pic/Video Lock) 3.4.0
Apps SpSoft
Hideman Vpn Icon
Hideman VPN 5.1
Apps Hideman Ltd
Spy Camera Os 2 Sc Os2 Icon
Spy Camera OS 2 (SC-OS2) 0.3.9
Apps CanCamera2
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal