J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kacau! 4 Cara Hacker untuk Nge-hack Gadget yang Sering Digunakan

Kacau! 4 Cara Hacker untuk Nge-hack Gadget yang Sering Digunakan

Minggu, 26 Mar 2017, 14:00 WIB
Terlalu banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan internet membuatnya justru rentan terhadap serangan penjahat cyber. Penasaran caranya? Simak ulasan Jaka ini ya!

Terlalu banyaknya perangkat yang saling terhubung membuat konsep Internet of Things (IoT) ini sangat mudah untuk di-hack. Walaupun sampai sekarang perangkat IoT masih dikembangkan, namun sudah ada yang mengembangkannya pada barang-barang seperti lampu, mobil, peralatan industri, drone, dan pembangkit listrik. Namun sayangnya, dari sekian banyak produk yang sudah dibangun tersebut, perangkat IoT masih lemah dalam pengembangan keamanannya.

Dikutip dari situs TNW, Direktur Riset Synack, sebuah perusahaan cyber security, Patrick Wardle, menjelaskan bahwa perangkat IoT yang notabene terselip teknologi komputer tersebut dapat di-hack menggunakan segala cara, termasuk dengan cara tradisional (red: cara lama). Dampak yang dapat diakibatkan oleh konsep IoT ini lebih menghawatirkan yaitu perangkat IoT sering kali terhubung ke internet, kemudian memungkinkan untuk dapat diakses oleh penyerang cyber di seluruh dunia.

BACA JUGA
  • 10 Foto Barang Bawaan Tim HACKER Progressbar
  • Mau Jadi HACKER Pro? Ini Ilmu Yang Wajib Lebih Dulu Kamu Pelajari
  • Hacker Bisa Hack Komputer Dalam 13 Detik! Begini Cara Mencegahnya

Kacau! 4 Cara Hacker Untuk Nge-hack Gadget yang Sering Digunakan

Lebih lanjut untuk megetahui skenario terburuk dari kemanan IoT, berikut adalah beberapa cara umum yang sering kali penjahat cyber gunakan untuk menyerang perangkat IoT.

1. Mencari Kelemahan dan Memanfaatkan Banyaknya Pengguna

59a52a2ee984f109aea62820c05ef879
Sumber foto: Foto: telset.id

Menurut Direktur Riset Keamanan Fastly, Jose Nazario, banyak perangkat yang terhubung ke internet mengandung malware dan kode berbahaya, dan hal ini sudah pada tingkat yang menghawatirkan. Nazario juga mengungkapkan, setelah melakukan analisis Botnet IoT, dia menemukan bahwa perangkat IoT memiliki kerentanan 800 kali per jam dari penjahat cyber di seluruh dunia. Ini artinya, para penjahat cyber tersebut terus-menerus berusaha menemukan cara untuk mencoba masuk ke dalam akses perangkat IoT orang lain.

Nazario melanjutkan, dia menemukan bahwa rata-rata ada lebih dari 400 percobaan login oleh penjahat cyber dan 66% di antaranya berhasil. Setelah salah satu perangkat IoT tersebut terinfeksi, maka satu perangkat tersebut dapat melakukan serangan dalam waktu 6 menit saat online ke perangkat lain. Dengan banyaknya perangkat IoT yang terhubung, tentu akan dimanfaatkan oleh para penjahat cyber untuk melakukan serangan dalam skala yang lebih besar.

2. Mengeksploitasi Kelemahan Universal Plug n Play (uPNP)

12ff5752e68a94bb0bf8b2341f228ddb
Sumber foto: Foto: programming4.us

Universal Plug n Play (uPNP) merupakan teknologi yang menyediakan sambungan instan pada perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut. Perangkat seperti kamera video menggunakan teknologi uPNP agar dapat berbicara dengan router untuk menerima koneksi dari luar. Teknologi tersebut membuat perangkat IoT lebih mudah untuk terhubung dan mengakses internet, tetapi justru itu membuat perangkat IoT juga terpapar dengan jaringan di seluruh dunia. Kemudahan tersebut menjadi kelemahan yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk mengeksploitasi perangkat kita.

3. Mencegat Jaringan Selular

80e2d39695af958c549b8b7c2a790c7b
Sumber foto: Foto: telset.id

Sebagian besar perangkat IoT masih bergantung dengan jaringan selular, bukan WiFi. Di satu sisi menghubungkan perangkat ke internet adalah membuka pintu bagi penyerang. Di sisi lain, menggunakan jaringan selular juga bukan menjadi pilihan yang aman.

Mungkin sebagian besar pengguna yang awam tidak pernah berpikir bahwa saat mereka melakukan panggilan telepon, seseorang di luar sana dapat saja dengan mudah menyadap atau mencegat panggilan tersebut tanpa kita ketahui. Hanya dengan alat yang bisa kita dapatkan dengan mudah, mungkin dengan harga senilai US$500 siapa pun dapat mendengarkan panggilan kita, membaca pesan teks, dan menyerang perangkat IoT kita.

Coba bayangkan jika mobil kita telah menjadi perangkat IoT, kemudian mobil tersebut memiliki akses jaringan selular dan terhubung, kemudian terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, yaitu para penjahat cyber mencegat perangkat IoT kita dan mengendalikan mobil tersebut dari jarak jauh. Melalui teknologi IoT, justru celah ini sangat mudah dimanfaatkan oleh penyerang untuk menyusup ke seluruh sistem perangkat.

Evegeniy Bogachev Hacker Cybercriminal Yang Paling Dicari Di Dunia
Evegeniy Bogachev, Hacker Cybercriminal yang Paling Dicari di Dunia
Evgeniy Mikhailovich Bogachev. Seorang hacker asal Rusia yang merupakan "penjahat cyber yang paling dicari di dunia".
LIHAT ARTIKEL

4. Membuat Firmware Palsu

6d521084c92f421cdedee6dded2c9a3a
Sumber foto: Foto: hacked.com

Meskipun kebanyakan para perusahaan teknologi berusaha untuk membuat produk mereka sulit untuk dipalsukan, tetapi yang sering diekploitasi oleh penyerang adalah melakukan kode ulang pada firmware dan mencari kerentanan pada sisi perangkat lunaknya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya para konsumen dapat mengikuti panduan praktis sederhana, seperti memastikan produk yang mereka beli dan membaca ulasan keamanan pada produk yang ingin mereka beli.

Nah, itu dia 4 cara hacker untuk nge-hack gadget yang sering digunakan. Tentunya mulai sekarang kita harus berhati-hati memperketat keamanan gadget kita sendiri. Sebab, bagaimana pun kejahatan akan terjadi bila ada kesempatan. Kamu punya cara menjaga keamanan gadget milikmu? Jangan lupa share di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
Banner Moresky Ebookhack

Mau Jadi Hacker Profesional? Nih 35+ eBook Tentang Hacking GRATIS!

Banner Freeformers Bitcoinemas

Meroket! 1 Bitcoin Makin Mahal, Lebihi Harga Emas 1 Ons

Banner Moresky Latihhack

Modal 150 Ribu, Tempat Ini Bisa Latih Kamu Jadi HACKER Profesional!

Banner 80lv Gtx1080tiok

Nvidia Luncurkan GTX 1080TI, VGA Tercepat Melebihi GTX Titan X!

APPS TERKAIT
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Gadget Fiksi Ilmiah yang Sudah Terwujud di Dunia Nyata

7 Gadget Fiksi Ilmiah yang Sudah Terwujud di Dunia Nyata

Cara Mengetahui Orang Lain Mencuri WiFi Kamu, Biar Gak Kecolongan Terus!

Cara Mengetahui Orang Lain Mencuri WiFi Kamu, Biar Gak Kecolongan Terus!

20 Perangkat Ini Wajib Dimiliki Para Hacker Profesional

20 Perangkat Ini Wajib Dimiliki Para Hacker Profesional

Facebook Buat Perangkat Baru KHUSUS Video Chat, Penasaran?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal