J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Tips & Cara Foto Produk Makanan Agar Menarik, Langsung Auto Laper!

Senin, 5 Apr 2021, 20:00 WIB
Tertarik berkarir sebagai seorang food photographer profesional? Nih, Jaka kasih tahu cara foto produk makanan supaya terlihat menarik dan Instagrammable!

Salah satu profesi yang kini sedang digemari adalah fotografer makanan profesional. Salah satu kunci kesuksesan mereka adalah cara foto produk makanan yang menarik dan bisa bikin orang merasa lapar.

Pada kodratnya, makanan adalah kebutuhan manusia untuk bertahan hidup. Namun belakangan makanan juga bisa dijadikan sebagai sebuah objek seni.

Tampilan makanan cantik yang biasa diunggah oleh food vlogger atau restoran melalui media sosial bakal menarik pengunjung untuk datang dan membeli makanan tersebut.

Nah, jika kamu ingin memulai profesimu sebagai food photographer, Jaka akan bagikan tips dan cara memfoto produk makanan sehingga terlihat cantik dan menarik. Check it out!

1. Pencahayaan Alami Lebih Baik

1 5de88

Cara foto produk makanan agar menarik pertama adalah menggunakan cahaya alami. Kenapa gak pakai flash? Karena cahaya bakal nampak lebih terang pada objek yang lembab.

Kalau misalnya kamu memotret makanan yang basah, foto bakalan overexposed dan makanan yang lembab jadi terlihat berminyak banget. Selera orang pun bisa hilang, geng.

Pencahayaan terbaik untuk food photography bersumber dari cahaya alami. Selain nampak natural, foto dengan cahaya alami meskipun kurang cahaya akan lebih mudah diedit dibandingkan foto yang overexposed.

2. Menggunakan Tripod Biar Gak Goyang

2 Ff076

Tripod merupakan salah alat yang bakal sangat membantu kamu ketika ingin melakukan food photography. Gak hanya untuk kamera profesional, kamu juga bisa menggunakan tripod untuk HP, geng.

Fungsi dari tripod adalah untuk menjaga kamera agar tetap stabil saat melakukan pemotretan. Menggunakan tripod pun lebih praktis dibandingkan kamu menaruh kamera di dinding atau menempelnya di tembok.

Dengan menggunakan tripod, kamu bakal lebih leluasa dalam menyusun gaya dan komposisi foto produk makanan.

3. Susun Makanan Semenarik Mungkin

3 C839d

Apa sih yang bikin foto makanan jadi menarik dan mengundang selera? Tentu saja bukan rasa karena konsumen gak bisa mencicip rasa makanan dari foto saja.

Jawabannya adalah style foto makanan tersebut, geng. Makanan yang disusun dengan rapi dan berkonsep keren tentunya bakal bikin orang terpana.

Saat ini bisnis restoran bukanlah hanya memasak makanan enak, menciptakan makanan yang Instagrammable juga jadi suatu keharusan. Kamu juga bisa meminta bantuan Food Stylist agar makanan terlihat makin menarik.

4. Porsi Makanan Sedikit Aja

4 Bdabf

Ketika makan, orang tentu saja mencari porsi yang mengenyangkan. Namun gak begitu dengan food photography, geng. Makin sedikit, justru makin baik.

Alasannya adalah untuk memberi ruang bagi audiens untuk dapat melihat objek yang kamu foto. Selain itu, audiens juga akan lebih fokus terhadap makanan yang difoto.

Semakin banyak objek yang difoto, semakin sulit juga bagi audiens untuk fokus kepada objek. Lagipula, semua makanan instagrammable juga disajikan dalam porsi kecil agar lebih aesthetic, bukan?

5. Fotolah Selagi Panas

5 0eaa7

Kalau nonton acara masak, pasti kita sering mendengar "Sajikan selagi hangat". Nah, tips foto produk makanan selanjutnya adalah ambilah gambar makanan ketika masih panas.

Meskipun sepele, namun tampilan asap di foto makanan dapat meningkatkan kesan fresh dan lezat. Kalau kamu memotret makanan seperti sup, asap inilah kuncinya, geng.

Supaya berhasil, kamu harus menggunakan latar berwarna gelap supaya asap dapat terlihat. Selain itu, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan peralatan sebelum makanan jadi.

Makanan kan gak selamanya panas, geng.

6. Perlihatkan Bahan Dasar Makanan

6 Bcdd2

Bingung ketika mendekorasi produk makanan? Coba deh gunakan bahan dasar makanan tersebut. Cara foto produk makanan ini simpel namun impactful banget, geng.

Contoh foto produk makanan yang bisa kamu coba adalah strawberry cheesecake. Kamu bisa menambahkan buah strawberry segar di sekitar makanan sebagai dekorasi.

Bahan yang nampak di foto bakal memperkuat kesan fresh dan lezat dari sebuah makanan. Apalagi, perpaduan warna bahan dan makanan bakal terlihat harmonis dan cantik.

7. Latar Belakang yang Simpel

7 Fc72d

Cara foto produk minuman & makanan tentu saja berbeda dengan memfoto action figure di mana kamu harus menciptakan latar belakang atau background yang dapat mengakomodasi objek.

Ketika memfoto produk makanan, justru kamu harus memilih background yang simpel namun tetap menarik. Maksudnya simpel adalah tidak ramai dan warna-warni.

Food photography terbaik adalah yang menampilkan kesederhanaan makanan itu sendiri. Hal ini bertujuan agar audiens tidak terdistraksi dari objek utama yakni makanannya.

8. Foto dari Angle yang Bermacam-macam

8 1e5db

Mayoritas foto produk makanan diambil dengan angle atau sudut yang sama. Artinya, angle ini cukup efektif dalam menciptakan foto yang bagus.

Hanya saja, untuk bikin foto yang bagus dan beda dari yang lain, kamu harus berani mengeksplor, geng. Satu hal yang bisa kamu coba adalah memotret dengan angle yang gak konvensional.

Kalau biasanya foto produk makanan diambil dari angle atas dengan objek simetris, kamu bisa coba memotret dari angle samping dengan sentuhan asimetris.

9. Foto Ketika Sedang Beraksi

9 4def8

Tips foto produk makanan selanjutnya adalah memfoto ketika makanan tersebut sedang disiapkan oleh si koki atau penyaji makanan.

Misalkan, kamu ingin memotret martabak manis keju. Kamu bisa memotret momen ketika si penjual martabak sedang memarut keju ke atas martabak.

Meskipun sederhana, namun cara ini cukup efektif, lho. Selain memarut, kamu juga bisa mencoba aksi memotong, menyeduh, dan lain-lain.

10. Edit Senatural Mungkin

10 F00cf

Meskipun kini kamera profesional dan HP telah dilengkapi beragam fitur yang dapat mempercantik hasil foto, namun mengedit foto tetap gak boleh ketinggalan, geng.

Fungsi dari aplikasi editing ini adalah untuk menyempurnakan foto, mulai dari warna, kecerahan, detail foto, dan lain-lain.

Tapi ingat, foto yang terlalu banyak diedit akan terlihat palsu dan gak natural. Jangan sampai foto makanan kamu terlalu lebay sehingga bikin orang malah ilfeel.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara memfoto produk makanan dan minuman agar menarik dan Instagrammable. Semoga tips Jaka di atas dapat membantu ya, geng.

Sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Action Figure Termahal Banner 83acb
10 Action Figure dan Boneka Termahal Sepanjang Masa, No. 2 Mewah Banget!
Hp Termahal Dan Tercanggih Di Dunia 2020 Banner Eb6a4
12 HP Termahal di Dunia Terupdate 2020, Sobat Misqueen Minggir!
Item Game Termahal Banner Beecc
10 Item Termahal yang Pernah Dibeli di Game, Bisa Buat Beli Rumah!
Domain Mahal
10 Nama Domain Termahal Sepanjang Masa
636518958643769410 Epa File Usa Economy Ebay 81477693 4241d
7 Benda Absurd yang Terjual dengan Harga Fantastis di Ebay | Nomor 3 Bikin Geleng-Geleng Kepala!
Produk Apple Termahal Di Dunia Banner
10 Produk Apple Termahal yang Pernah Dijual (Hingga Rp20 Miliar)
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal