Cara Daftar Vaksin Covid-19 Online Terbaru 2021 | Mudah dan Cepat!

Cara daftar vaksin Covid-19 secara online ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja,. Kamu hanya perlu menyiapkan HP beserta data pribadi untuk dimasukkan ke dalam sistem.

Memang, pasca pandemi Covid-19 yang melanda dunia, kehadiran vaksin menjadi sangat penting karena mampu membantu tubuh beradaptasi melawan virus mematikan ini.

Syukurlah, di awal tahun 2021 ini, vaksinasi mulai dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya sendiri menuntut para peserta mendaftar secara online agar lebih terpantau secara digital.

Lalu, bagaimana sih cara daftar vaksin online, dan kapan kira-kira kita sudah bisa ikut dalam program vaksinasi? Berikut hasil penelusuran Jaka berdasarkan kebijakan Pemerintah Indonesia terbaru tahun 2021.

Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Cara Vaksin Online 1 68c7f
Sumber foto: Dado Ruvic/REUTERS

Seperti yang sudah Jaka sampaikan sebelumnya, program vaksinasi di Indonesia dilaksanakan secara bertahap sesuai pedoman Kementerian Kesehatan.

Hal tersebut dilakukan mengingat ada beberapa kelompok masyarakat yang harus diprioritaskan mendapat vaksin terlebih dahulu, seperti tenaga kesehatan, lansia, dan tenaga pelayanan publik.

Berikut ini jadwal vaksinasi Covid-19 di Indonesia:

  • Tahap 1 (Januari - April 2021): Petugas Kesehatan, Petugas Publik, dan Lansia.
  • Tahap 2 (April 2021 - Maret 2022): Masyarakat Rentan & Masyarakat Lainnya.

Jika vaksinasi lancar sesuai jadwal, maka masyarakat biasa baru bisa mendapatkan vaksin Covid-19 setelah bulan April 2021.

Siapa yang dimaksud "Masyarakat Rentan & Masyarakat Lainnya"?

Cara Vaksin Online 2 30db2
Sumber foto: Merdeka.com

Yang dimaksud "Masyarakat Rentan" adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang tinggal di daerah-daerah dengan risiko penularan tertinggi.

Sementara itu, "Masyarakat Lainnya" adalah kelompok masyarakat yang tidak termasuk dalam kelompok prioritas, baik itu tenaga kesehatan, petugas publik, maupun lansia.

Dengan demikian, akses pendaftaran vaksin Covid-19 secara online belum bisa dilakukan untuk umum dan masih diprioritaskan untuk kelompok tertentu.

Cara Daftar Vaksin Online untuk Lansia

Cara Vaksin Online 3 348d7
Sumber foto: Twitter Kemenkes RI

Setelah tenaga kesehatan dan pelayanan publik, kini kelompok Lansia menjadi sasaran prioritas utama Pemerintah dalam vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

Kementerian Kesehatan pun memberikan 2 cara untuk mendaftarkan vaksinasi lansia, yaitu:

  1. Pendaftaran di fasilitas layanan kesehatan (Faskes).
  2. Vaksinasi massal oleh instansi/organisasi terkait.

Nah, jika para lansia ikut instansi/organisasi, maka mereka tidak perlu mendaftarkan diri secara online karena sudah didaftarkan secara massal oleh instansi maupun organisasi terkait.

Sementara itu jika para lansia hendak ikut vaksinasi di faskes, maka mereka harus mendaftarkan diri secara online. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di sini.
  2. Pilih dan klik Link Pendaftaran Lansia sesuai domisili calon penerima vaksin.
  3. Isi Formulir Pendaftaran Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia sesuai data diri calon penerima vaksin.
  4. Klik Submit.

Selesai! Nantinya semua data kesehatan akan masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi/Kota, kemudian Dinas Kesehatan akan mengatur jadwal vaksinasi bagi para lansia.

Meskipun panduan ini hanya berlaku bagi para lansia, namun kamu bisa membantu mereka dalam memudahkan akses mendapatkan vaksin, khususnya bagi kakek, nenek, dan orang tuamu.

Tentu saja ada beberapa kendala yang pastinya kamu hadapi, misalkan aneka berita hoax tentang vaksin Covid-19 yang bisa kamu baca pada artikel Jaka berjudul "Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?".

Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks Atau Bukan?
Viral kabar bahwa vaksin Sinovac untuk menanggulangi COVID-19 punya efek samping memperbesar penis. Kira-kira hoax nggak ya?
LIHAT ARTIKEL

Maka dari itu, sangat penting untuk meningkatkan literasi, khususnya berkaitan dengan hoaks kesehatan. Kamu bisa mendapatkan informasi resmi mengenai Covid-19 lewat situs resmi Kemenkes di www.kemkes.go.id atau situs resmi KPCPEN di www.covid19.go.id/.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan khusus Jaka mengenai cara daftar vaksin online berdasarkan kebijakan terbaru tahun 2021. Yuk, segera daftar agar tubuhmu makin tangguh menghadapi virus Covid-19!

Semoga pandemi ini segera usai dan kehidupan bisa berjalan lebih baik lagi.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal