Cara Daftar Vaksin Booster Gratis, Bisa Lewat PeduliLindungi

Default

Pemerintah sudah resmi melaksanakan program vaksinasi COVID-19 dosis ketiga (booster) atau vaksin dosis tambahan yang bakal diberikan gratis. Sekarang saatnya kamu cari tahu bagaimana cara daftar vaksin booster.

Program vaksinasi dosis tambahan ini sudah mulai dilaksanakan sejak Rabu, 12 Januari 2022 kemarin. Seperti saat melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua kemarin, kamu bisa mendaftarkan diri lewat aplikasi PeduliLindungi.

Tenang aja, vaksinasi booster ini gratis kok. Jadi kamu gak perlu cari tahu cara daftar vaksin booster berbayar, karena memang pemerintah tidak mengadakan program berbayar.

Langsung aja, Jaka bakal menjelaskan tentang syarat dan juga cara daftar vaksin booster PeduliLindungi supaya kamu gak bingung. Simak artikel berikut ini ya!

Syarat Daftar Vaksin Booster

Syarat Daftar Vaksin Booster 3a3cb
Sumber foto: Instagram @kemenkominfo

Sebelum tahu cara daftar vaksin booster gratis, tentunya kamu harus tahu dong apa saja syarat vaksin booster? Nah, simak syarat booster vaksin COVID berikut ini ya agar kamu gak bingung.

  • Sudah berusia 18 tahun ke atas.
  • Sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap dengan jeda minimal 6 bulan yang lalu.
  • Masuk dalam kategori prioritas, yakni orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais (golongan rentan).
  • Sudah mendapat e-ticket di PeduliLindungi.

Sampai saat ini, pemberian vaksin booster ketiga ini memang belum dilakukan di semua wilayah Indonesia secara serentak, melainkan secara bertahap di beberapa kabupaten/kota tertentu saja.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin ketiga akan diberikan untuk masyarakat di kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya sudah memenuhi kriteria.

Kriteria tersebut adalah minimal 70% penduduk sudah mendapat vaksin dosis pertama dan 60% penduduk sudah mendapat dosis kedua. Saat ini, sudah ada 244 kabupaten/kota yang telah memenuhi syarat untuk menerima vaksin booster tersebut.

Cara Daftar Vaksin Booster di PeduliLindungi

Cara Daftar Vaksin Booster 50415
Sumber foto: Instagram @kemenkes_ri

Kamu sudah memenuhi syarat di atas? Saatnya tahu cara daftar vaksin booster ke-3 ini, geng. Salah satu syarat dapat vaksin booster adalah sudah memiliki e-ticket.

Kamu bisa mengecek tiket dan jadwal vaksin booster secara online lewat aplikasi PeduliLindungi atau pun website PeduliLindungi, mirip seperti cara cek sertifikat vaksin.

Berikut ini cara cek tiket vaksin booster gratis di PeduliLindungi:

Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Buat kamu yang sudah menginstal aplikasi PeduliLindungi di HP, kamu bisa cek langsung di sana. Pastikan dulu aplikasi tersebut adalah versi terbaru ya.

  1. Buka dan login akun aplikasi PeduliLindungi di HP.
  2. Klik menu Profil di kiri atas.
Aplikasi Pedulilindungi 99574
  1. Pilih Status Vaksinasi & Hasil Tes COVID 19.
Status Vaksinasi D7422
  1. Akan muncul informasi status dan jadwal booster vaksin COVID.
Informasi Vaksin Ketiga 80200
  1. Cek tiket vaksin melalui menu Riwayat dan Tiket Vaksin yang juga ada di menu Profil.
Cek Tiket Vaksinasi Af130

Belum punya aplikasinya? Download aplikasi PeduliLindungi lewat artikel berikut ya:

Pedulilindungi Apk C9283
Aplikasi PeduliLindungi: Cara Download Sertifikat Vaksin, Scan QR Code, Dll
PeduliLindungi APK adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Download aplikasi PeduliLindungi di sini!
LIHAT ARTIKEL

Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster di Website PeduliLindungi

Kalau kamu malas menginstal aplikasinya, tenang aja. Kamu juga bisa daftar vaksin booster untuk umum di website PeduliLindungi. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi situs pedulilindungi.id.
  2. Masukkan nama lengkap dan NIK kamu atau anggota keluarga yang mau didaftarkan.
Cek Nik Pedulilindungi 39438
  1. Masukkan captcha, klik Periksa.
  2. Halaman berikutnya akan menampilkan tiket vaksinasi dan status, lengkap dengan jadwal vaksinasi dosis ketiga jika sudah tersedia.
Status Vaksin Booster D3f26

Cara Daftar Vaksin Booster untuk Lansia Langsung

Kamu masuk dalam kelompok prioritas tapi belum dapat e-ticket? Atau kamu punya orang tua yang masuk dalam kategori Lansia tapi ketika dicek di aplikasi PeduliLindungi, namanya masih belum mendapatkan e-ticket?

Gak usah bingung, karena khusus untuk Lansia dan kelompok prioritas yang memenuhi syarat, tapi belum dapat e-ticket bisa juga datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat di wilayah tempat tinggalmu.

Kamu hanya perlu membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2 saja ke tempat yang sudah ditentukan. Biasanya vaksinasi akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, rumah sakit pemerintah, atau rumah sakit milik pemerintah daerah.

Sementara untuk yang sudah dapat tiket di aplikasi PeduliLindungi, nanti informasi lokasi vaksinasi booster akan tersedia juga bersama dengan informasi tiket.

Jenis Vaksin Booster

Jenis Vaksin Booster 82308
Sumber foto: Instagram @kemenkes_ri

Buat kamu yang sudah berhasil daftar vaksin booster gratis, tentunya penasaran sama jenis vaksin ketiga yang diberikan nanti.

Jenis vaksin tersebut akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis satu dan dosis kedua yang diterima, serta sesuai dengan ketersediaan vaksin di tempat layanan.

Ada tiga jenis vaksin booster yang bakal diterima masyarakat. Berikut di antaranya:

  • Penerima vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua bisa menggunakan jenis vaksin Pfizer setengah dosis sebagai vaksin booster.
  • Penerima vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua juga bisa menggunakan jenis vaksin AstraZeneca setengah dosis sebagai vaksin booster.
  • Penerima vaksin AstraZeneca dosis pertama dan kedua bisa menggunakan jenis vaksin Moderna setengah dosis sebagai vaksin booster.

Akhir Kata

Nah, itu dia yang bisa Jaka jelaskan tentang Cara Daftar Vaksin Booster Gratis yang sudah dimulai sejak 12 Januari 2022.

Buat kamu yang sudah mendapatkan tiket dan jadwal vaksin, jangan lupa langsung lakukan vaksin di tempat yang sudah ditentukan ya. Namun buat kamu yang belum dapat, gak usah khawatir. Tunggu dulu saja karena nanti giliranmu pasti bakal tiba.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 01 21t121944 423 Ba3ef
5 Artis dan Influencer yang Sudah Vaksin COVID-19, Biar Aman dan Sehat!
Pria Di Pinrang Divaksin Berkali Kali 6717b
Heboh! Pria di Pinrang Mengaku Disuntik Vaksin Sebanyak 17 Kali, Demi Cuan?
Untitled Design 2021 02 19t115839 086 546cd C2946
Wow! 217 Emoji Baru Hadir di iOS 14.5 | Ada Vaksin COVID Hingga Cewek Berjanggut
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Salut! Agnez Mo Bangun Klink untuk Vaksinasi Gratis | Bisa Bawa Pulang Makanan Setelah Vaksin
Korea Utara Berusaha Hack Teknologi Vaksin Covid 19 Banner Db26a
Korea Utara Kabarnya Coba Hack Teknologi Vaksin COVID-19, Mau Bikin Sendiri?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal