J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Daftar Nikah Online di Situs SIMKAH | Bisa Sah dengan Mudah!

Rabu, 9 Des 2020, 20:00 WIB
Cara daftar nikah online sudah tersedia. Kini, kamu tidak perlu datang ke KUA untuk mendaftarkan pernikahan.

Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan diberlakukannya sistem work from home (WFH) memengaruhi pelayanan administrasi, termasuk Kantor Urusan Agama (KUA). Urusan pernikahan pun jadi terkendala. Untungnya, kini ada cara daftar nikah online bagi para calon pengantin (catin).

Pernikahan memang memerlukan banyak persiapan, mulai dari urusan gedung, katering, baju, suvenir, hingga print label undangan. Tapi, persiapan lain yang nggak kalah penting adalah mendaftarkan pernikahan ke KUA.

Demi efektivitas kerja dan mengurangi kontak langsung untuk menekan penyebaran virus Corona, pihak KUA membuka pendaftaran nikah online melalui website resmi mereka. Dengan demikian, prosesnya bisa dilakukan dengan mudah dari rumah.

Sayangnya, banyak yang belum tahu cara mendaftar nikah online. Padahal, prosesnya nggak ribet, lho. Supaya lebih jelas, simak pembahasan Jaka di bawah ini.

Syarat dan Cara Daftar Nikah Online 2020

Berkat kemajuan teknologi, kini layanan publik bisa diakses secara online, contohnya cek tagihan PBB online, sehingga kita nggak perlu datang langsung ke kantor. Cara ini tentunya lebih praktis, hemat, dan efisien secara biaya dan tenaga.

Begitu pula dengan pendaftaran nikah online. Mengingat persiapan pernikahan yang begitu merepotkan, ditambah dengan keadaan pandemi seperti saat ini, tentunya akan menyulitkan jika para catin harus mengurus langsung di KUA.

Tapi, sebelum kamu mengikuti cara daftar nikah online, lebih baik siapkan beberapa dokumen terlebih dahulu yang menjadi syarat untuk daftar nikah online. Apa saja?

Persyaratan Dokumen untuk Daftar Nikah Online

Cara Daftar Nikah Online D6ccf
Sumber foto: Rumah.com

Setiap kali melakukan pendaftaran, sering kali diminta dokumen-dokumen yang umumnya berisi data diri. Meskipun terkesan ribet, tapi hal ini penting untuk pendataan, geng. Apalagi jika menyangkut pernikahan, maka pendataan akan berimplikasi civil effect bagi kedua mempelai.

Artinya, pernikahan mereka akan terlindungi secara hukum, oleh karena itulah penyerahan berkas-berkas calon suami dan calon istri diperlukan. Jika kebetulan data yang diminta dalam format PDF, kamu bisa scan dokumen ke PDF di HP, kok, geng.

Nah, sesuai Peraturan Menteri Agama Nomor 20 Tahun 2019 tentang Pencatatan Pernikahan, ada beberapa persyaratan dokumen yang perlu dipersiapkan agar bisa mendaftarkan pernikahan di KUA, termasuk secara online. Berikut daftar lengkapnya.

  1. N1 - Surat Pengantar Nikah (didapat dari Kelurahan/Desa)

  2. N3 - Surat Persetujuan Mempelai

  3. N5 - Surat Izin Orang Tua (jika calon pengantin berusia di bawah 21 tahun)

  4. Surat Akta Cerai (jika calon pengantin sudah cerai)

  5. Surat Izin Komandan (jika calon pengantin TNI atau POLRI)

  6. Surat Akta Kematian (jika calon pengantin duda/janda ditinggal mati)

  7. Izin/Dispensasi dari Pengadilan Agama apabila:

  • Calon suami berusia kurang dari 19 tahun

  • Calon istri berusia kurang dari 19 tahun

  • Izin poligami

  • Izin dari Kedutaan Besar untuk Warga Negara Asing (WNA)

  1. Fotocopy Identitas Diri (KTP)

  2. Fotocopy Kartu Keluarga

  3. Fotocopy Akta Lahir

  4. Surat Rekomendasi Nikah dari KUA Kecamatan (jika pernikahan dilangsungkan di luar wilayah tempat tinggal catin)

  5. Pas foto ukuran 2 x 3 sebanyak 5 lembar

  6. Pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar

Itu dia syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum mengikuti tata cara daftar nikah online. Sebenarnya nggak rumit, geng, karena sebagian besar dokumen pasti sudah kamu miliki, seperti KTP, kartu keluarga, dan akta lahir.

Meskipun demikian, beberapa persyaratan memang harus diurus secara langsung di kantor pemerintahan. Biasanya, prosesnya juga bertahap, mulai dari RT, RW, Kelurahan, hingga Kecamatan. Kalau sudah melengkapi syarat-syarat di atas, kamu bisa mengikuti cara daftar nikah online berikut ini.

Cara Daftar Nikah Online

Ketika rencana pernikahan sudah diatur, biasanya para catin justru merasa stress dengan banyaknya persiapan yang perlu dilakukan. Kini, satu beban pikiran sudah berkurang berkat adanya sistem pendaftaran nikah online yang disediakan oleh pemerintah.

Meskipun begitu, sebaiknya acara akad nikah tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus Corona, terlebih ketika sedang berkumpul dengan banyak orang.

Nah, supaya kamu nggak semakin penasaran dengan cara daftar nikah online, langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi browser tercepat di perangkatmu, lalu ketik alamat http://simkah.kemenag.go.id/ pada address bar, dan klik Enter.

  2. Scroll sedikit ke bagian bawah hingga kamu menemukan pilihan Daftar Nikah, dan klik pada tombol Daftar.

Cara Daftar Nikah Online 2020 3ef39
  1. Kamu akan otomatis diarahkan ke portal Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI. Selanjutnya, isi data tempat pelaksanaan akad nikah mulai dari provinsi hingga tanggal nikah.
Cara Mendaftar Nikah Online 1a127
  1. Jika di langkah sebelumnya kamu memilih lokasi akad nikah di luar KUA, maka pada langkah ini kamu perlu mengisi dengan detail lokasi pelaksanaan akad nikah.
Tata Cara Daftar Nikah Online 6e73d
  1. Scroll ke bawah, maka kamu akan menemukan data calon suami, calon istri, dan checklist dokumen yang harus kamu isi. Pada langkah ini, kamu juga perlu upload foto calon suami atau calon istri.
Cek Daftar Nikah Online 6be97
  1. Jika semua data sudah kamu isi, maka bukti pendaftaran akan terlampir.

Akhir Kata

Itu dia cara daftar nikah online yang sangat memudahkan para calon pengantin di masa pandemi seperti saat ini. Melalui cara tersebut, mereka hanya perlu mengisi data-data yang diperlukan di website yang sudah tersedia.

Dengan demikian, selain bisa menekan angka penularan virus Corona, cara ini juga efisien untuk mengurus keperluan administrasi yang biasanya membutuhkan proses yang ribet.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Kata Mutiara Calon Pengantin 54b97
100 Kata-Kata Mutiara Pernikahan | Romantis, Islami & Menyentuh Hati
D3d3203bd40989123c3e8511ac843aef
5 Game Ini Membuatmu Dapat Memiliki Pasangan dan Menikah, Cocok Banget Untuk Jomblo!!
Aplikasi Wedding Banner
5 Aplikasi Wedding yang WAJIB Kamu Install Sebelum Nikah!
Setiap Hari Bersamamu Adalah Sebuah Anugerah Semoga Kita Selalu Bersama Hingga Jannah Selamat Ulang Tahun Pernikahan D292f
60 Ucapan Ulang Tahun Pernikahan Islam | Mesra Hingga Jannah!
Untitled Design 6 64dad
Kata-kata Undangan Pernikahan Terlengkap 2020 | Bikin Makin Berkesan!
Nikah Karena Game
7 Pasangan Ini Bertemu di Game Online dan Menikah di Dunia Nyata
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal