Mau Dapat Bansos? Ini Cara Daftar dtks.kemensos.go.id!

Default

Sebagai upaya membantu masyarakat yang terdampak pandemi, Pemerintah memberikan berbagai tipe Bansos sejak 2020 lalu. Salah satunya adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

Lalu, bagaimana cara daftar dtks.kemensos.go.id dan apa saja syarat-syaratnya? Jaka akan memberikan ulasannya buat kamu pada artikel dibawah ini.

Apa itu DTKS Kemensos?

Sebelum kamu mengetahui langkah-langkah dalam mendaftar dtks.kemensos.go.id pahami dulu apa itu sebenarnya DTKS. DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau sebuah database yang berisi tentang berbagai macam kriteria individu maupun rumah tangga.

Data yang sudah tercantum pada DTKS Kemensos maka akan menjadi referensi sasaran program Pelindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan yang diselenggarakan oleh pemerintah Daerah maupun Pusat.

Meskipun program DTKS sudah dimulai sejak tahun 2017, sejak pandemi COVID-19 ini pemerintah menfokuskan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan selama masa pandemi COVID-19.

Setidaknya, ada 3 jenis bantuan pemerintah untuk rakyat miskin dan rakyat rentan miskin.

Jenis Bantuan DTKS Kemensos

Pada database milik Kemensos, masyarakat yang terdampak pandemi akan diberikan 3 jenis BANSOS. Jenis-jenis bantuan tersebut diantaranya.

1. Bantuan Program Keluarga Harapan

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah bantuan dari pemerintah berupa sejumlah uang yang diberikan pada waktu 12 bulan dalam 4 tahapan berbeda. Tahap pertama akan diberikan pada Januari, April, Juli, dan Oktober.

2. Bantuan Pangan Non Tunai

Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) adalah sumbangan berbentuk barang kebutuhan pokok yang akan diberikan pemerintah dalam kurun waktu 12 bulan.

Setiap bulannya calon penerima akan mendapatkan kebutuhan pangan dasar dengan nilai uang sejumlah Rp200.000.

3. Bantuan Sosial Tunai

Bantuan Sosial Tunai (BST) adalah jenis sumbangan yang akan diberikan secara tunai pada masyarakat rentan dalam rangka membangkitkan ekonomi.

Bantuan tersebut berjumlah Rp1.200.000 yang akan diberikan per 4 bulan. Jadi setiap pencairan bantuan ini masyarakat akan mendapatkan Rp300.000.

Syarat Daftar dtks.kemensos.go.id

Bagi, kamu yang tertarik atau ingin mendapatkan bantuan ini tentunya tidak bisa sembarangan. Ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi, diantaranya:

  1. Bukan ASN, TNI atau POLRI.
  2. Masuk dalam kriteria miskin atau rentan miskin.
  3. Calon penerima BST wajib merupakan masyarakat yang terdampak COVID-19, baik itu kena PHK ataupun kehilangan pekerjaan.
  4. Bagi calon penerima Program Keluarga Harapan (PKH) wajib merupakan keluarga kurang mampu, rentan miskin ataupun keluarga dengan komponen tertentu (Hamil, lanjut usia, penyandang disabilitas, anak sekolah SD sampai SMA).

Cara Daftar dtks.kemensos.go.id

Jika kamu merasa memenuhi syarat di atas dan ingin tau cara daftar dtks.kemensos.go.id, begini langkah-langkahnya!

  1. Daftar dtks.kemensos.go.id tidak bisa dilakukan secara mandiri melalui online. Lakukan pendaftaran kepada aparat pemerintah setempat, seperti RT/RW ataupun ke kantor desa, untuk mendapatkan bantuan.
  2. Setelah kamu mendaftar ke aparat pemerintah setempat nanti akan mendapatkan surat pemberitahuan. Surat tersebut berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.
  3. Bawa data pelengkap seperti **KTP, KK, NIK, dan Kode Unik Keluarga dalam Data Terpadu. **
  4. Setelah data kamu lengkap maka akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), Kantor Kelurahan, dan Kantor Kabupaten/Wali Kota.
  5. Khusus untuk BPNT, nantinya akan dibuatkan rekening bank dan akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Cara Cek Bantuan di dtks.kemensos.go.id

Bagi kamu yang sudah memenuhi persyaratan dan mendaftarkan diri, tentunya bisa mengecek sendiri nama kamu sudah terdaftar atau belum. Langkah untuk mengeceknya diantaranya.

  1. Buka Website DTKS KEMENSOS di dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih identitas yang digunakan saat pendaftara. Kamu bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor PBI JK/KIS atau ID DTKS/BDT.
  3. Ketikan nomor identitas tersebut.
  4. Masukan kode captcha yang tersedia.
  5. Klik cari untuk mengetahui kamu masuk daftar penerima bantuan atau tidak.

Akhir Kata

Cara daftar dtks.kemensos.go.id sebenarnya tidak bisa dilakukan mandiri secara online. Jadi kamu harus mendaftarkan diri terlebih dulu kepada pemerintah daerah setempat.

Jika, kamu sudah memenuhi syarat otomatis akan mendapatkan bantuan tersebut nantinya. Jadi, selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Ruli.

ARTIKEL TERKAIT
Kalkulator Finansial Banner2
Atur Perencanaan Keuangan Semakin Mudah dengan Teknologi Kalkulator Finansial
Untitled Design 2021 05 28t153522 590 De402
5 Aplikasi Nonton Iklan Dapat Uang 2021 | Bisa Cari Cuan Sambil Rebahan!
Aplikasi Penghasil Pulsa A13fb
12 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Tercepat 2021, Langsung Cair!
Dollar Tapporo
2 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik di Android
Tags Terkait: Finansial
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal