• HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Yakin Smartphone Kamu Mendukung Virtual Reality? Cek di Sini!

              Yakin Smartphone Kamu Mendukung Virtual Reality? Cek di Sini!

              00
              Senin, 24 Okt 2016, 12:00 WIB
              Teknologi Virtual Reality (VR) memang diprediksi akan menjadi sebuah fenomena. Namun kamu yakin smartphone kamu sudah mendukung VR? Cek dulu di sini.

              Teknologi Virtual Reality (VR) diprediksi akan menjadi sebuah fenomena. Industri VR memang telah berkembang popularitasnya selama beberapa tahun terakhir. Sudah banyak headset VR yang beredar di pasaran, sebut saja Oculus, HTC Vive, Samsung Gear VR, Google Cardboard, dan yang paling baru adalah Google Daydream.

              Pertanyaan yang sering muncul oleh kebanyakan pengguna smartphone adalah apakah headset VR kompatibel dengan smartphone kamu? Bagaimana sih cara kerja teknologi Virtual Reality itu sendiri dan apa saja sensor yang dibutuhkan?

              BACA JUGA
              • 6 Game Virtual Reality yang Bakal Mengguncang Dunia
              • Melukis 3D Di Dunia Virtual Reality Kini Bukan Impian Lagi!
              • 10 Game Virtual Reality Yang Wajib Kamu Coba Sebelum Tahun 2016 Berakhir!

              Cara Mengecek Apakah Smartphone Mendukung Virtual Reality atau Tidak

              Dilansir dari fossbytes, ada beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa apakah smartphone kamu kompatibel dengan headset VR atau tidak. Sebelum itu, berikut beberapa sensor yang dibutuhkan untuk menjalankan teknologi VR.

              Sensor yang Dibutuhkan

              Accelerometer Sensor

              cara-cek-virtual-reality-pada-smartphone-1

              Accelerometer adalah sensor yang digunakan untuk mengukur percepatan suatu objek, yakni mengukur percepatan dynamic dan static. Pengukuran dynamic adalah pengukuran percepatan pada objek bergerak, sedangkan pengukuran static adalah pengukuran terhadap gravitasi bumi. Contoh penggunaan sensor ini yaitu ketika kamu memutar smartphone dari portrait ke modus landscape. Tenang saja, sensor accelerometer umumnya tersedia di hampir semua smartphone di luar sana.

              Gyroscope Sensor

              cara-cek-virtual-reality-pada-smartphone-1

              Gyroscope atau Gyro berfungsi untuk mengukur atau mempertahankan orientasi dengan prinsip ketetapan momentum sudut. Mekanismenya adalah sebuah roda berputar dengan piringan di dalamya yang tetap stabil. Nah, Gyro digunakan untuk memeriksa kemiringan atau memutar gerakan smartphone kamu.

              Misalnya, jika kamu menempatkan ponsel di atas meja dan memutar secara horizontal, maka sensor gyro yang bertugas mendeteksi perubahan orientasi. Sensor accelerometer tidak bisa melakukan ini, hanya dapat mendeteksi perubahan linear dalam orientasi tersebut. Sensor gyro adalah suatu keharusan agar smartphone kompatibel dengan headset VR.

              Magnetometer

              cara-cek-virtual-reality-pada-smartphone-1

              Magnetometer yang dikenal dengan sensor kompas ini digunakan untuk mengetahui arah dari smartphone terhadap medan magnet bumi. Fungsi sensor ini bertugas untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat.

              Cara Mengecek Kompatibilitas Smartphone dengan Headset VR

              Ada beberapa aplikasi untuk memastikan bahwa smartphone kamu mendukung headset VR atau tidak. Berikut aplikasinya:

              1. EZE VR

              cara-cek-virtual-reality-pada-smartphone-1

              Pertama adalah EZE VR, aplikasi ini akan mendeteksi apakah smartphone kamu memiliki sensor yang diperlukan untuk menjalankan VR. Kamu hanya perlu klik Check dan tak butuh waktu lama, EZE VR akan mengetahui apakah perangkat kamu mendukung VR atau tidak.

              2. VR Checker

              cara-cek-virtual-reality-pada-smartphone-1

              Tidak seperti EZE VR, VR Checker bahkan tidak memerlukan sekali klik. Ya, aplikasi ini akan langsung menampilkan informasi seperti nama perangkat, resolusi layar, ukuran layar, dan lainnya. VR Checker juga memberitahu kamu, seberapa optimal perangkat kompatibel dengan headset VR.

              3. YouTube

              cara-cek-virtual-reality-pada-smartphone-1

              Aplikasi streaming video ini juga dapat digunakan untuk mengecek apakah smartphone kamu bisa menjalankan konten VR. Caranya, cari video apa saja yang berformat 360 derajat. Kamu juga bisa ke channel YouTube video 360 untuk menemukan beberapa konten VR yang menakjubkan.

              Nah, mainkan salah satu video tersebut dalam mode landscape kemudian tekan tombol seperti logo Google Cardboard. Sekarang cobalah untuk memiringkan dan memutar smartphone kamu dan periksa apakah video juga berputar sesuai gerakan. Jika iya, maka selamat, smartphone kamu bisa mendukung VR.

              4. Google Cardboard

              cara-cek-virtual-reality-pada-smartphone-7

              Terakhir, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Google Cardboard dan install salah satu aplikasi VR. Setelah itu, cobalah mainkan dengan memiringkan dan memutar smartphone ke arah yang berbeda. Lihatlah, apakah layar menuruti arah kamu. Tanpa sensor gyro, smartphone tak akan dapat mengikuti gerakan kamu.

              Bagaimana, siap membeli headset Virtual Reality setelah memastikan smartphone kamu sudah mendukung? Headset Google Cardboard memang solusi paling murah. Sekarang pun sudah banyak tersedia dengan harga 50-100 ribu. Jadi, kamu akan membeli headset VR sekarang atau lebih memilih menunggu perkembangan konten VR tahun depan? Kasih pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.

              APPS TERKAIT
              Cardboard
              Apps Google Inc.
              Cardboard Camera 1.0.0.138547925
              Apps Google Inc.
              Egypt Chamber Cardboard 1.2
              Games ARLOOPA Inc. Augmented and Virtual Reality Apps
              YouTube
              Apps Google Inc.
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!