10 Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu, Gampang dan 100% Akurat!

Default

Cara cek HP Xiaomi asli atau palsu wajib dipahami sebelum kamu memutuskan membeli gadget tersebut. Apalagi, kasus penipuan saat jual beli HP masih marak terjadi.

Menjadi brand HP dengan jumlah pengguna terbanyak nomor 2 di Indonesia, Xiaomi terus memperketat sistem keamanan mereka, termasuk untuk urusan distribusi HP.

Meskipun begitu, tetap saja ada celah yang dimanfaatkan dengan picik oleh penipu untuk menjual Xiaomi palsu. Mirisnya lagi, masih banyak yang terperdaya dengan tipu muslihat ini. Apalagi, kalau transaksi dilakukan secara online.

Buat kamu yang berencana beli HP Xiaomi, terutama varian second, Jaka sarankan untuk membaca tips dan cara cek HP Xiaomi bekas berikut ini, supaya kamu lebih berhati-hati dan nggak kena tipu!

Cek Kondisi Fisik HP Xiaomi

Nah, geng, ketika kamu tengah membeli HP second, penjualnya pasti akan mengizinkan kamu mengecek kondisi fisik HP tersebut.

Jangan sia-siakan kesempatan ini! Perhatikan dengan seksama HP itu mulai dari body, layar, kamera, hingga baterai. Penjelasan lengkapnya silakan lihat cara cek HP Xiaomi asli atau KW di bawah ini.

1. Body

202207050136331091
Sumber foto: Body HP Xiaomi

Bagian fisik HP Xiaomi yang paling mudah dicek adalah body HP. Kamu bisa mulai dengan mengecek bagian casing belakang HP tersebut.

Perhatikan dengan apakah ada tombol power, volume, slot earphone, dan lain-lain. Kalau ada bagian yang cacat, mungkin saja itu produk tiruan, kecuali kalau penjualnya memang menyebutkan bagian itu nggak berfungsi.

Lalu, perhatikan juga apakah ada bagian yang blur di casing atau tidak. Jika ada, bisa jadi produk itu tiruan, karena biasanya HP second sekalipun casing-nya masih jelas terlihat walau ada baret-baret.

2. Layar

Cara Cek Layar Hp Xiaomi Ketika Terjadi Dead Pixel Atau Shadow Dft
Sumber foto: Layar HP Xiaomi

Setelahnya, coba cek layar Xiaomi tersebut. Layar HP yang asli warnanya jernih dan bersih. Kalau HP KW, biasanya layarnya berwarna kekuningan karena diganti dengan layar murahan.

Kamu juga bisa cek kontras warna saat melakukan aktivitas di HP, contohnya melihat foto atau gambar. Coba lihat, apakah warna yang ditampilkan dari gambar tidak jernih? Kalau berwarna kekuningan, bisa jadi HP itu palsu.

3. Kamera

6184bf0f38c3a
Sumber foto: Kamera HP Xiaomi

Lanjut ke kamera. Sudah jelas, kamera HP Xiaomi yang asli akan menghasilkan foto sesuai dengan fitur yang disematkan. Misalnya, kalau disebutkan HP tersebut punya kamera 13MP, maka kualitas fotonya akan jernih.

Jika tidak, cek bagian fisik kamera, apakah terdapat baret atau tidak. Lalu, lihat juga penempatan lensa di bagian belakang HP. Kalau nggak rapi dan agak goyang, bisa jadi HP itu palsu.

4. Baterai

Membuka Perekat Baterai Xiaomi Redmi Note4x
Sumber foto: Baterai HP Xiaomi

Kalau kamu berencana beli HP yang casing-nya bisa dibuka, kamu juga bisa cek baterainya. Baterai HP Xiaomi asli berwarna oranye, dilengkapi dengan barcode tertentu.

Baterai HP yang palsu akan terlihat dari warna pelapisnya yang pudar, teks di stiker yang nggak rapi, dan permukaan di kutub baterai agak kasar. Oh ya, pastikan kapasitas baterainya sesuai dengan yang ditulis di spesifikasi, ya.

Cek Perangkat Lunak HP Xiaomi

Nah, kalau dari fisik sudah oke, saatnya kamu mengecek perangkat lunak di HP Xiaominya. Cara cek HP Redmi ini penting kamu lakukan karena sistem perangkat lunak biasanya bisa dibuat tiruannya dengan mudah. Langsung saja, berikut poin yang harus kamu perhatikan.

5. Master Code Xiaomi

Phone Call Screen 97886 15058
Sumber foto: Master Code Xiaomi

Untuk mengecek apakah semua fitur di HPmu berfungsi dengan baik, kamu bisa menggunakan master code Xiaomi. Cara aksesnya gampang, tinggal buka dial pad dan ketik ##64663##.

Ada sekitar 30 opsi pengecekan yang bakal muncul. Mulai dari mengecek SIM Card, getaran, keyboard, sensitivitas layar, speaker, dan masih banyak lagi tersedia di menu ini. Silakan pilih salah satu dan pastikan fungsinya berjalan sesuai dengan perintah.

Kalau ada beberapa fungsi yang error, kamu bisa pastikan dulu ke penjualnya dan meminta penjelasan kenapa bisa error. Tapi, kalau banyak fungsi error, bisa jadi HP itu palsu karena instalasinya asal-asalan.

6. Sistem Operasi MIUI

61cc307c71d2e
Sumber foto: Sistem Operasi MIUI

Biasanya, sistem operasi MIUI yang asli memiliki versi yang lebih stabil. Updatenya juga sering banget muncul, kok, bahkan kalau HPnya terkoneksi internet, updater akan otomatis memperbarui MIUI.

Untuk memastikan, kamu bisa membuka bagian pengaturan di HP dan mengecek About. Kalau tertera versi MIUI dengan tulisan Beta, sudah pasti sistem operasinya palsu.

7. Akses ke Mi Recovery

Cara Reset Redmi Menggunakan Recovery
Sumber foto: Akses ke Mi Recovery

Cara cek HP Xiaomi resmi atau tidak lainnya ialah melalui Mi Recovery. Menu ini biasanya diakses kalau HP tidak berfungsi dengan normal.

Caranya, tekan tombol volume up dan power secara bersamaan. Nanti, kamu akan masuk ke menu Mi Recovery atau fastboot Xiaomi. Di HP yang asli, kamu arah dihadapkan pemilihan bahasa. Kalau kamu tidak dihadapkan opsi tersebut, kemungkinan HP Xiaomi itu palsu.

8. Factory Reset

Benarkah Fitur Factory Reset Bisa Membuat Kinerja Ponsel Lebih Ngebut Lxa
Sumber foto: Factory Reset

Mau cara cek yang lebih ekstrim lagi? Coba lakukan factory reset HP tersebut, geng. Hal ini guna memastikan data di benchmark yang disodorkan penjual benar-benar sesuai dengan spesifikasi aslinya.

Kamu cukup masuk ke pengaturan HP dan mencari opsi Reset Factory. Setelahnya, kamu bisa instal aplikasi untuk mengecek benchmark HP seperti AnTuTu, CPU-Z, dan Sensor Box. Kalau datanya nggak sesuai sama spesifikasi asli, artinya HP itu palsu.

Lakukan Verifikasi IMEI dan Otentikasi Produk

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan verifikasi bahwa HP tersebut adalah produk keluaran Xiaomi yang asli. Caranya dengan mengecek IMEI, nomor serialnya dan Product Authentication. Ini rinciannya.

9. IMEI dan Serial Number

Sibina Sistem Informasi Basis Data Imei Nasional 165124 Big
Sumber foto: IMEI dan Serial Number

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan identitas yang berisi informasi tentang handphone, mulai dari model, merek, tahun pembuatan, serial number, dan lainnya.

Nomor IMEI bisa dilihat di kardus HP atau dial ke *606#. Tidak semua IMEI yang tertera di HP Xiaomi asli, makanya harus dicek secara online untuk memastikan keasliannya. Silakan simak cara cek IMEI Xiaomi berikut.

  1. Buka situs web cek IMEI Xiaomi di sini
  2. Masukkan nomor IMEI
  3. Masukkan captcha
  4. Klik Verify
  5. Jika muncul nomor IMEI terdaftar, maka HP tersebut asli.

10. Otentikasi Produk (Product Authentication)

1371e18b D84c 4f54 Bcb8 0c8585dd85b6
Sumber foto: Otentikasi Produk

Nah, kalau product authentication dilakukan untuk mengecek bahwa HP tersebut merupakan produk keluaran Xiaomi. yang didistribusikan di Indonesia.

Hampir mirip seperti IMEI, tapi pengecekan otentikasi produk butuh nomor keamanan yang tertera di label otentikasi. Kalau sudah terlihat, lakukan verifikasi dengan cara berikut:

  1. Buka situs web otentikasi produk Xiaomi di sini
  2. Masukkan 20 digit kode keamanan
  3. Masukan captcha
  4. Klik Verify
  5. Jika berhasil, maka HP tersebut asli.

Akhir Kata

Nah, geng, demikian beragam tutorial dan cara cek HP Xiaomi asli atau palsu. Kamu bisa melakukan semua caranya atau memilih cara termudah, disesuaikan dengan kondisimu.

Jaka sarankan, kamu mulai dengan memperhatikan kondisi fisik HPmu. Setelah itu, langsung cek kode IMEI atau otentikasi produknya. Kalau semua berhasil, harusnya HP yang mau kamu beli itu asli.

Pokoknya, tiap detail dari semua bagian HP harus kamu teliti dengan seksama. Jangan gampang terkecoh dengan embel-embel harga murah, ya. Selamat berburu HP idaman!

Baca juga artikel Tips, Tech Hack, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal