Cukup Kemampuan Dasar IT, Ini 4 Cara Cek Situs Di-Hack Atau Tidak

17 February 2017

Pilkada putaran pertama baru saja selesai dua hari yang lalu. Hasilnya, berjalan dengan lancar dan baik. Namun sayang, tidak berjalan dengan baik di dunia maya. Beredar kabar bahwa situs milik KPU katanya di-hack oleh banyak pihak.

Melihat hal ini, ada masyarakat yang mengatakan bahwa hal ini benar, ada juga masyarakat yang mengatakan bahwa hal ini hoax. Nah daripada ambigu, ini dia cara untuk mengeceknya hanya dengan kemampuan dasar IT. Simak, yuk!

4 Cara Awam Cek Sebuah Situs Di-Hack Atau Tidak

Supaya kamu nggak termakan berita hoax. Kamu bisa coba ikuti cara-cara yang sangat awam berikut dari Jaka, guna untuk mengecek sebuah situs di-hack atau tidak. Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung saja.

1. Jangan Mudah Percaya Screenshot, Cek Langsung Ke Situsnya

foto-jalantikus-situshack1ok

Saat ini banyak beredar di dunia maya, screenshot-screenshot yang katanya hasil hack si A lalu B dan C. Jangan mudah percaya, kunjungilah situs aslinya. Screenshot sendiri sangat mudah dimanipulasi seperti dengan inspect element, contohnya.

Cara Membuat Berita Hoax Yang Sering Ada Di Internet
Cara Membuat Berita Hoax Yang Sering Ada Di Internet
Cara Membuat Berita Hoax Yang Sering Ada Di Internet
Baca

2. Jangan Mudah Percaya Sebuah Kata-kata Sok Pintar, Diskusikan Dengan Ahlinya

foto-jalantikus-situshack2ok

Biasanya seorang penyebar hoax mengenai kasus hack, dia akan menyertakan kata-kata sok pintar agar korbannya percaya. Seperti contoh "Wah situsnya cuma pake encryption firewall WPA petyaware, gampang banget di-hack", lalu dilanjut dengan gambar dan angka-angka tidak jelas. Jika kamu ketemu yang model seperti ini, bertanyalah ke orang IT yang kamu kenal.

3. Cek Komentar Terhadap Kasus tersebut Di Grup-grup IT

foto-jalantikus-situshack4ok

Pada kasus-kasus hacking, terutama yang sangat viral. Biasanya sudah pasti akan tersebar di grup-grup IT. Grup tersebut sendiri ada banyak, mulai dari di Facebook, Whatsapp dan lain-lain. Kamu bisa coba ikut pada grup yang bersifat terbuka, lalu cobalah simak diskusi mereka.

4. Pakai Situs-situs Checker Gratis Untuk Mengeceknya

foto-jalantikus-situshack3

Langkah selanjutnya, gunakan situs-situs checker gratis untuk mengecek apakah situs tersebut di-hack atau tidak. Situs-situs tersebut contohnya adalah seperti UnmaskParasites.com, IsMySite.HackedOrnot.com, IsItHacked.com dan masih banyak lagi. Cara memakainya cukup dengan kamu kunjungi situsnya, lalu masukan alamat situs yang ingin kamu cek.

Cara Ampuh Mendeteksi Berita Hoax Di Internet dengan Turn Back Hoax
Cara Ampuh Mendeteksi Berita Hoax Di Internet dengan Turn Back Hoax
Cara Ampuh Mendeteksi Berita Hoax Di Internet dengan Turn Back Hoax
Baca

Nah, itulah dia barusan artikel Jaka mengenai cara untuk mengecek sebuah situs di-hack atau tidak. Semoga informasi yang Jaka sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba ya!

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Hack atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Banner: Gamer Hardcore

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar