J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Canggih! Kendalikan PC di Rumah Lewat Android

Canggih! Kendalikan PC di Rumah Lewat Android

Rabu, 30 Apr 2014, 14:06 WIB
Ingin bisa mengendalikan PC dari rumah lewat Android? Kopi file langsung kapanpu, dimanapun? Bisa! Sekarang Jaka kasih tahu caranya!

Punya komputer di rumah? Atau sering meninggalkan laptop di kantor mungkin? Ada kalanya komputer berukuran besar lebih jarang kita bawa-bawa dibandingkan dengan tablet atau smartphone, itu karena membawa smartphone lebih praktis daripada menenteng-nenteng laptop, atau bahkan PC desktop.

Masalahnya, seringkali koneksi Internet yang mumpuni untuk download justru ada di komputer yang kita telantarkan itu, entah di kantor maupun di rumah, dan smartphone atau tablet kita terpaksa menggunakan koneksi 3G yang dibatasi oleh kuota dan kecepatannya sering naik turun.

Selain itu, bagaimana kalau kita membutuhkan file yang ada di dalam komputer rumah/kantor, sedangkan kita sedang berada di jalan?

Nah, kamu nggak perlu pusing lagi, karena sekarang kita bisa langsung atur saja dari jarak jauh! Tak terlalu berbeda seperti pengoperasian remote control, kini kamu bisa mengakses dan mengontrol laptop/PC desktop hanya dengan menggunakan aplikasi gratis yang bernama TeamViewer.

Pada dasarnya, TeamViewer adalah aplikasi untuk membuat Virtual Private Network (VPN) yang akan membuat terowongan yang menghubungkan komputer yang kita tuju dengan perangkat mobile kita secara langsung via Internet. Syarat untuk menjalankan TeamViewer dengan sukses ada dua, yaitu:

[list] [li]Unduh dan instal aplikasi TeamViewer pada PC yang akan bertindak sebagai komputer yang akan dikendalikan di sini:

20121226043926_313
TeamViewer for Windows 12.0.83369
Apps Productivity TeamViewer GmbH
DOWNLOAD
Langkah-langkah instalasi:

Jalankan setup TeamViewer, pilih opsi Basic Installation dan Personal / Non-commercial use

A Kendalikan Pc Dengan Teamviewer 1
Setelah diinstal, jalankan aplikasi TeamViewer dan lihat baik-baik 9 digit angka yang ada pada bagian Your ID . Ingat angka ini sebagai alamat komputer kamu.
A Kendalikan Pc Dengan Teamviewer 2
Lihat di bawahnya tertera kolom kosong Personal Password , klik tanda pensil untuk mengisinya. Masukkan password pribadi kamu, terserah.[/li]

[li]Unduh dan instal aplikasi TeamViewer pada mobile device untuk mengendalikan dari jarak jauh, boleh itu lewat tablet ataupun smartphone (Android)

Teamviewer Icon200x200
TeamViewer for Remote Control 11.0.4905
Apps Productivity TeamViewer GmbH
DOWNLOAD
[/li] [/list]

Apa saja sih yang bisa dilakukan lewat TeamViewer di smartphone atau tablet?

REMOTE CONTROL

Pada fungsi ini, smartphone atau tablet kita akan berfungsi sebagai layar monitor mini dimana kita bisa mengendalikan komputer kita dari jarak jauh. Langkah-langkah untuk melakukan Remote Control adalah sebagai berikut:

[list type=decimal] [li]Buka aplikasi mobile TeamViewer. Pastikan kamu berada di halaman Connect yang memperlihatkan tombol Remote Control

A Kendalikan Pc Dengan Teamviewer 3
[/li] [li]Masukkan 9 digit angka alamat yang tadi kita ingat pada layar TeamViewer di komputer/laptop[/li] [li]Klik tombol Remote Control dan tunggu sebentar[/li] [li]Apabila diminta memasukkan password, masukkan password pribadi kamu untuk TeamViewer sebagaimana diisikan di langkah atas[/li] [li]Selesai, kamu sudah bisa mengendalikan komputer dari jarak jauh
A Kendalikan Pc Dengan Teamviewer 4
[/li] [/list]

FILE TRANSFER

Pada fungsi ini, kendali jarak jauh hanya digunakan untuk memindahkan atau mengkopi file/dokumen dari komputer ke perangkat mobile. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

[list type=decimal] [li]Jalankan TeamViewer di smartphone atau tablet, dan tekan tombol Files di kanan bawah

A Kendalikan Pc Dengan Teamviewer 5
[/li] [li]Kamu akan masuk ke mode transfer file. Klik label Remote Files > berwarna biru muda di bagian bawah kanan. Kamu akan diminta memasukkan 9 digit alamat komputer tujuan, dan setelah menekan tombol Show Remote files akan muncul permintaan password pribadi
A Kendalikan Pc Dengan Teamviewer 6
[/li]

[li]Pilih file mana saja yang dikehendaki untuk diambil/dikopi dari komputer/laptop, lalu tekan label biru < My Files di bawah kiri bila selesai memilih.

A Kendalikan Pc Dengan Teamviewer 7
[/li]

[li]Angka jumlah pilihan akan muncul berupa kertas di atas, klik untuk menampikan opsi apakah file tersebut hendak dikopi ke perangkat smartphone/tablet yang dimiliki.[/li] [/list]

Mudah bukan?

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Tampilkan Notifikasi Smartphone Android di Desktop Komputer

Cara Tampilkan Notifikasi Smartphone Android di Desktop Komputer

Cara Membuat Kamera CCTV dengan Android

Cara Membuat Kamera CCTV dengan Android

5 Trik Perawatan Komputer yang Sering Dilupakan

5 Trik Perawatan Komputer yang Sering Dilupakan

Cara Membuat Android Jadi Modem Komputer

Cara Membuat Android Jadi Modem Komputer

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal