• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ajaib! 7 Bos Perusahaan Teknologi Ini Dipecat dari Perusahaannya Sendiri

Ajaib! 7 Bos Perusahaan Teknologi Ini Dipecat dari Perusahaannya Sendiri

00
Jumat, 29 Nov 2019, 12:00 WIB
Dunia pekerjaan memang menyeramkan. Namun, nggak ada yang lebih menyeramkan daripada bekerja di perusahaan teknologi. Bos perusahaannya saja bisa dipecat, lho!

Teknologi merupakan industri paling maju di era modern seperti sekarang. Hal ini membuat banyak banget orang yang berlomba untuk bekerja di perusahaan teknologi maupun mendirikan start-up teknologi sendiri.

Meskipun begitu, bekerja di perusahaan teknologi ternyata sangat nggak menyenangkan. Salah satu masalah terbesar di perusahaan teknologi adalah tingkat turnover yang sangat tinggi.

Pemecatan merupakan hal yang sering terjadi di perusahaan teknologi. Nggak cuma karyawan saja yang bisa dipecat, ternyata bos perusahaan teknologi pun bisa dipecat.

7 Bos Perusahaan Teknologi yang Dipecat dari Perusahaannya Sendiri

Dalam artikel ini, Jaka bakal membahas mengenai 7 bos perusahaan teknologi yang dipecat dari perusahaan yang ia pimpin, bahkan yang ia dirikan sendiri.

Yang dipecat pun bukan bos dari perusahaan teknologi biasa, geng. Perusahaan besar seperti Apple, Twitter, bahkan Tesla pernah memecat bosnya sendiri.

Banyak banget faktor yang bisa bikin bos dipecat. Mulai dari skandal yang menimpa, hingga keputusan investor. Penasaran siapa saja? Simak artikel berikut ya, geng!

1. Steve Jobs - Apple

1 A0ba6

Steve Jobs merupakan otak jenius dibalik perusahaan teknologi penghasil gadget terlaris di dunia, Apple. Steve Jobs mendirikan perusahaan ini pertama kali pada tahun 1976.

Meskipun memiliki ide yang brilian, Steve Jobs nggak disukai oleh banyak karyawannya dan investor akibat sikap keras kepalanya.

Penjualan komputer Macintosh yang gagal membuat ia dipecat. Nggak putus asa, Jobs membuat perusahaannya sendiri yang bernama NeXT.

Kesuksesan NeXT membuat Apple menjadi tertarik dan kemudian membeli perusahaan tersebut. Steve Jobs pun kembali ke Apple dan ditunjuk kembali menjadi CEO pada tahun 1997.

2. Jack Dorsey - Twitter

2 595d8

Kejadian pemecatan bos perusahaan teknologi yang menggemparkan lainnya adalah kasus Jack Dorsey, CEO Twitter saat ini.

Ia dipecat bukan karena pendapatan atau manajemen Twitter yang buruk, melainkan karena ia sering menghabiskan jam kerjanya untuk hobinya, yaitu melukis dan menjahit.

Selain itu, Dorsey juga mendorong budaya mabuk-mabukan dan pesta pora di lingkungan kerja Twitter. Ia juga sering berselisih dengan Evan Williams, investor Twitter.

Akibat etiket kerjanya yang toxic, dewan perusahaan Twitter memecat Dorsey pada tahun 2008. Untungnya, sekarang posisi CEO sudah kembali dipegang olehnya.

3. Travis Kalanick - Uber

3 31243

Uber merupakan perusahaan yang mempelopori taksi online di dunia. Perusahaan ini juga pernah memecat CEO-nya sendiri, lho, geng.

Travis Kalanick memiliki jasa yang cukup besar untuk Uber sehingga bisa menjadi salah satu perusaan terbesar di dunia.

Sayangnya, banyak hal negatif yang terjadi ketika Kalanick mengepalai perusahaan Uber. Banyaknya skandal yang menimpa membuat Kalanick merasa bertanggung jawab dan cuti sementara sebagai CEO Uber.

Namun, keputusan perusahaan nggak hanya dipegang oleh CEO saja. Investor mendesak agar Kalanick "mengundurkan diri". Pada 2017, Kalanick akhirnya melepas jabatan CEO Uber secara permanen.

4. Martin Eberhard - Tesla

4 Fb549

Elon Musk merupakan salah satu figur terpenting dalam perusahaan Tesla. Namun, ia bekerja nggak sendirian karena dibantu oleh Martin Eberhard.

Empat tahun setelah mereka berdua mendirikan Tesla, Eberhard malah dipecat dari Tesla pada tahun 2007. Ebenhard dipaksa untuk menandatangani perjanjian yang merugikannya.

Ebenhard menuntut Elon pada tahun 2008. Namun, nggak lama kemudian, ia malah mencabut gugatan tersebut di pengadilan. Wah, ada apa, ya?

5. Jerry Yang - Yahoo

5 C3c88

Sebelum Google se-booming sekarang, Yahoo sempat menguasai pasar mesin pencari dan platform e-mail. Jerry Yang merupakan salah satu pendiri Yahoo pada era '90-an.

Ia ditunjuk sebagai CEO Yahoo pada tahun 2007. Keputusannya yang paling fatal adalah menolak ketika Microsoft menawarkan untuk membeli Yahoo.

Hal ini merupakan kejatuhan Yahoo yang paling drastis. Saham yang terjun bebas membuat Yahoo terpuruk dan dewan komisaris memaksa Jerry Yang untuk mengundurkan diri pada tahun 2008.

6. Palmer Luckey - Oculus

6 6ca71

Kalau kamu adalah seorang gamer ter-update, pasti kamu sudah nggak asing dengan kacamata VR, Oculus Rift. Produk ini diciptakan oleh perusahaan Oculus yang kemudian dibeli dan dikembangkan oleh Facebook.

Palmer Luckey, pendiri Oculus merupakan seorang pendukung fanatik Donald Trump. Sebuah data menemukan bahwa ia mendanai kelompok yang bertugas membuat meme untuk menjelekkan Hillary Clinton.

Setelah berita tersebut tersebar, nggak lama Palmer mengundurkan dirinya dari Oculus pada tahun 2017. Apakah ini tuntutan dari Facebook?

7. Danny Zappin - Maker Studios

7 9c0e1

Maker Studios merupakan perusahaan Multi Channel Network yang ada di balik beberapa channel terbesar di YouTube, seperti PewDiePie dan Markiplier.

Maker Studios telah berhasil mengumpulkan keuntungan dari YouTube sebesar US$36 juta. Sayangnya, Danny Zappin dipaksa keluar dari perusahaannya sendiri oleh dewan komisaris serta para investor.

Dua bulan setelah mengundurkan diri, Danny menuntut Maker Studios karena menduga ada konspirasi yang memaksanya agar turun dari posisinya.

Danny beserta 3 pendiri Maker Studios lainnya menuntut Maker Studios nggak lama setelah Disney berniat untuk membeli perusahaan sebesar US$950 juta.

Sayangnya, tuntutan tersebut nggak dikabulkan pengadilan. Danny cuma mendapatkan US$25 juta dari tuntutan tersebut. Jahat banget ya, geng?

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 bos perusahaan teknologi yang dipecat dari perusahaannya sendiri. Menyedihkan banget ya, geng.

Namun, hal tersebut sudah umum banget terjadi di perusahaan teknologi. Masih berpikiran untuk bekerja di perusahaan teknologi?

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka lainnya!

Baca juga artikel seputar Perusahaan Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
10 Perusahaan Teknologi Dengan Gaji Paling Tinggi Di Dunia

10 Perusahaan Teknologi dengan Gaji Paling Tinggi di Dunia

SampulJT C8bc8

10 Produk Gagal Dari Perusahaan Teknologi Ternama

Pendapatan Perushaan Teknologi Dunia

20 Juta per Detik? Ini Uang yang Dihasilkan 10 Perusahaan Teknologi Dunia

4 Alasan Kenapa Bekerja Di Perusahaan Teknologi Nggak Seenak Yang Kamu Pikirkan Db9cb

4 Alasan Kenapa Bekerja di Perusahaan Teknologi Gak Seenak yang Kamu Pikirkan

Ceo Muslim Paling Kaya 9be16

6 CEO Muslim Paling Kaya di Dunia & Indonesia, Lebih Kaya dari Bill Gates?

Ceo Dengan Gaji Terendah Banner 8a34b

7 CEO Perusahaan Teknologi Raksasa yang Digaji Cuma 14 Ribu Perak!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal