10 Cara Ini Bikin Baterai Smartphone Kamu PANJANG UMUR!

11 December 2015

Baterai merupakan bagian paling penting dalam sebuah smartphone. Sebab, walaupun smartphone kamu merupakan keluaran terbaru, memiliki beragam fitur canggih, atau resolusi kameranya tinggi, semua itu nggak akan ada artinya kalau baterai smartphone kamu rusak. Yap, salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan dari smartphone kamu adalah kondisi baterainya. Nah, kali ini Jaka mau kasih tips penting buat kamu. 10 Cara Ini Bikin Baterai Smartphone Kamu PANJANG UMUR!

baterai smartphone panjang umur

Saat ini, banyak smartphone keluaran terbaru memiliki baterai dengan kapasitas besar. Mulai dari 3000 mAh hingga 5000 mAh seperti pada ASUS ZenFone Max. Dengan kapasitas sebesar itu, diharapkan para penggunanya nggak perlu lagi nge-charge berkali-kali dalam sehari. Tapi apakah baterai berkapasitas besar sudah pasti awet dan tahan lama? Nggak juga. Nah, cara-cara yang akan Jaka jelasin berikut bisa bikin baterai kamu awet, tahan lama, dan nggak cepat rusak.

10 Cara Bikin Baterai Smartphone Kamu PANJANG UMUR

1. Perhatikan Suhu dan Temperatur Smartphone Kamu

baterai smartphone panjang umur

Kebanyakan smartphone nggak tahan dengan suhu ekstrim. Kecuali HP Ekstrim dan Tahan Banting seperti yang pernah Jaka bahas. Baterai smartphone kamu akan cepat habis, serta mudah mengalami kerusakan ketika berada dalam suhu di bawah atau di atas 35° Celcius. Makanya, jangan biarkan smartphone kamu terpapar sinar matahari langsung. Atau yang konyol, kamu bekukan di dalam kulkas. Hehehe...

2. Lakukan Kalibrasi Baterai

baterai smartphone panjang umur

Melakukan kalibrasi baterai dapat membuat baterai smartphone kamu menjadi seperti baru kembali. Kamu bisa melakukannya secara manual, atau menggunakan aplikasi lewat cara pada artikel berikut: Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Root.

Tapi kalau HP Android kamu sudah di-root, kamu bisa lakukan cara pada artikel berikut: Cara Membuat Baterai Android Seperti Baru Lagi.

Lakukan kalibrasi baterai ketika performa baterai HP Android kamu sudah terasa menurun. Tapi jangan terlalu sering, ya! Cukup sesekali saja.

3. Charge Baterai dengan Cara yang Benar

baterai smartphone panjang umur

Ternyata, nge-charge baterai ada triknya juga, loh! Kalau kamu charge dengan cara yang benar, maka daya tahan dan kekuatan baterai kamu akan tetap terjaga. Sehingga lebih awet dan tidak cepat rusak. Simak deh caranya pada artikel berikut: 6 Tips Charge Baterai HP Dengan Cepat dan Benar.

4. Jangan Terlalu Sering Nge-Charge

baterai smartphone panjang umur

Dengan adanya Power Bank, banyak pengguna smartphone yang sering nge-charge berkali-kali dalam satu hari. Proses nge-charge-nya juga cuma sebentar. Misalnya cuma 15 menit, terus dicabut. Terus nanti nge-charge lagi 20 menit, terus dicabut lagi. Padahal, cara ini dapat merusak baterai smartphone kamu loh! Keterangan lebih lengkapnya kamu bisa baca pada artikel berikut ini: Inilah Batas Maksimal Charge Baterai Smartphone Dalam Sehari.

Jadi, sebisa mungkin hindari kebiasaan nge-charge berkali-kali dalam satu hari ya kalau mau baterai smartphone kamu panjang umur!

5. Jangan Sampai Baterai Smartphone Benar-benar Habis

baterai smartphone panjang umur

Kebiasaan buruk lain para pengguna smartphone adalah baru nge-charge setelah baterainya benar-benar habis. Hal ini sebenarnya cukup berbahaya dan mampu mengurangi umur baterai smartphone kamu. Segera charge ketika baterainya sudah menyentuh angka 15-20%.

6. Segera Cabut Charger Ketika Baterai Sudah Penuh

baterai smartphone panjang umur

Sebaliknya, ketika baterai sudah penuh, jangan biarkan listrik tetap mengalir. Memang sih kebanyakan HP memiliki charging protection chip yang secara otomatis akan memutuskan arus listrik ketika baterai terisi penuh. Tapi saran Jaka, sih sebaiknya charge hp kamu secara wajar dan normal aja. Nggak perlu sampai 100% juga nggak masalah, kok.

7. Gunakan Charger Original!

baterai smartphone panjang umur

Nggak harus pakai charger bawaan. Kamu boleh aja pakai charger merek lain. Tapi usahain pake yang original. Sebab, biasanya charger yang murah-meriah bahannya jelek dan arus listriknya nggak stabil. Justru hal itulah yang akan ngerusak HP kamu. Penjelasan selengkapnya bisa kamu baca di artikel: Bolehkah Nge-Charge Smartphone dengan Charger Smartphone Lain?

8. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

baterai smartphone panjang umur

Layar smartphone merupakan salah satu komponen penguras baterai terbesar, loh! Semakin cerah warna layar kamu, semakin banyak juga kapasitas baterai yang diperlukan. Sebaiknya, atur layar kamu pada tingkat kecerahan paling rendah. Atau kalau mau lebih ekstrim lagi, kamu bisa ikuti cara bikin layar makin gelap yang pernah Jaka bahas pada artikel berikut: Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android Kamu Hingga Dua Kali Lipat.

Hindari juga penggunaan fitur Auto-Brightness, karena perubahan tingkat kecerahan terlalu sering ini juga dapat menguras baterai kamu.

9. Matikan Fitur Sync, Location, Bluetooth, Hotspot, dan WiFi

baterai smartphone panjang umur

Fitur Auto-Sync menghabiskan baterai serta kuota data kamu dengan cepat. Sebaiknya dimatikan kalau tidak diperlukan. Fitur Location alias GPS memang sangat berguna jika kamu sedang menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps atau Waze dalam perjalanan. Namun, fitur ini cukup banyak menghabiskan daya baterai loh! Nyalakan juga fitur Bluetooth dan hotspot saat diperlukan saja. Misalnya ketika kamu sedang mengirim data atau tethering.

Terkadang, kita juga sering lupa mematikan fitur WiFi saat sedang tidak digunakan. Padahal, fitur ini akan terus menerus mencari sinyal WiFi dan menghabiskan baterai kamu. Selain itu, penggunaan WiFi yang berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan. Seperti yang pernah Jaka bahas pada artikel berikut ini: 10 Bahaya WiFi untuk Kesehatan Manusia, Termasuk Merusak SPERMA!.

10. Gunakan Wallpaper yang Statis dan Gelap

baterai smartphone panjang umur

Salah satu fitur keren yang tersedia di HP Android adalah Live Wallpaper, alias wallpaper yang gambarnya bisa begerak (animasi). Namun, inilah salah satu fitur yang banyak menghabiskan daya baterai kamu. Sebaiknya gunakan wallpaper dengan gambar diam, tapi keren.

Dengan menggunakan wallpaper berwarna gelap, apalagi hitam polos dapat menghemat penggunaan baterai kamu hingga 2 kali lipat, loh! Carilah wallpaper berwarna hitam gelap dengan desain yang keren. Sehingga smartphone kamu tetap keren dan lebih hemat baterai.

Itulah 10 Cara Bikin Baterai Smartphone Kamu PANJANG UMUR! Oh iya, satu lagi. Kalau ternyata baterai smartphone kamu terlanjur bocor atau rusak, jangan sembarangan menggantinya dengan baterai palsu yang harganya murah-meriah. Walaupun agak mahal, belilah baterai pengganti yang original. Sebab, penggunaan baterai palsu justru dapat merusak smartphone kamu, loh! Kalau kamu punya info lain seputar baterai smartphone, silakan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah ini.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar