J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Bahaya Membeli Xiaomi Non Resmi

Kamis, 22 Des 2016, 16:00 WIB
Berminat beli smartphone Xiaomi Non Resmi? Pahami dulu nih 5 resiko yang mengintai!

Xiaomi, brand fenomenal yang beberapa tahun lalu menggebrak pasar smartphone. Meski kini tengah dilanda masalah penjualan yang cenderung mengalami penurunan, formula smartphone murah berspesifikasi tinggi yang diusungnya masih saja menarik minat beberapa kalangan. Bahkan di pasar Indonesia, smartphone besutannya masih cukup digemari.

Sayangnya, popularitas smartphone Xiaomi ini tidak didukung dengan distribusi produk yang merata. Tak sedikit smartphone Xiaomi yang tidak masuk ke pasar Indonesia. Akibatnya, banyak smartphone Xiaomi yang pada akhirnya masuk melalui jalur non-resmi. Mungkin kamu tertarik dengan salah satu seri smartphone terbaru Xiaomi. Tapi jika smartphone tersebut belum masuk secara resmi, akankah kamu membeli versi non-resminya? Sebelum memutuskan, sebaiknya pahami dulu 5 risiko membeli Xiaomi tidak resmi di bawah ini!

BACA JUGA
  • 7 Tips Penting Sebelum Beli HP Xiaomi, Jangan Asal Beli!
  • Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Semua Tipe 2020. RIbet Tapi Worth It!
  • 7 Fakta Mencengangkan dari Xiaomi yang Pasti Belum Kamu Ketahui

5 Bahaya Membeli Xiaomi Non Resmi

1. Risiko Ponsel Palsu atau Replika

220dcfca91afdd138b9f252952c417fd

Sumber foto: Foto: cektekno.com

Tak jarang smartphone Xiaomi non resmi dibanderol dengan harga yang sangat murah, bahkan lebih murah dari harga yang direkomendasikan oleh pihak Xiaomi sendiri. Pertanyaannya, bagaimana bisa begitu murah? Jawabannya adalah replika . Ada beberapa smartphone Xiaomi berharga murah yang sebenarnya merupakan smartphone replika. Smartphone seperti ini biasanya memang terlihat mirip seperti ponsel aslinya. Akan tetapi saat melihat sisi performa, audio, dan beberapa fitur lainnya, akan ditemukan beberapa kejanggalan dan performa yang cenderung apa adanya.

2. ROM Distributor Abal-Abal

1d7a74aae825599b5454843e65618113

Sumber foto: Foto: newsatu.com

Meski berjalan dengan sistem operasi Android, smartphone Xiaomi menggunakan custom ROM dengan interface yang sangat berbeda dengan stock Android. Baik smartphone Xiaomi yang masuk melalui jalur resmi atau non-resmi, keduanya sama-sama menggunakan custom ROM yang mirip. Akan tetapi dibalik interface yang mirip, smartphone Xiaomi non-resmi sebenarnya banyak menyimpan bahaya tak kasat mata, terlebih untuk smartphone yang menggunakan ROM distributor. Ada banyak bloatware yang tak dapat dihapus. Tak jarang, ada virus, spyware, ataupun adware yang tertanam di dalam custom ROM tersebut.

3. Jaringan 4G tidak Support pada Beberapa Tipe Smartphone Xiaomi

4f0fb7d087f50750b37284c8207b9bd8

Sumber foto: Foto: ohpedia.com

Mayoritas smartphone terbaru besutan Xiaomi sudah mendukung jaringan 4G. Akan tetapi pada smartphone Xiaomi tidak resmi, dukungan 4G yang dimiliki tak menjamin smartphone tersebut benar-benar sudah bisa digunakan untuk berinternet di jaringan 4G. Ada beberapa tipe smartphone Xiaomi 4G yang tetap belum bisa berinternet di jaringan 4G meski sejatinya smartphone tersebut telah dibekali dengan hardware yang mendukung jaringan 4G.

4. Tidak ada Play Store

E2818cca2b0a8f14c22bea69a906241e

Sumber foto: Foto: youtube

Sebenarnya smartphone Xiaomi yang asli buatan China memang belum ter-install Play Store. Xiaomi memilih untuk menggunakan toko aplikasinya sendiri untuk itu. Namun untuk pasar Indonesia, Xiaomi sudah melengkapi smartphone besutannya dengan Play Store secara pre-installed. Hal ini biasanya tidak ditemui di smartphone Xiaomi non resmi. Hal ini tentu memaksa pengguna untuk meng-install Play Store sendiri jika menginginkan akses ke toko aplikasi resmi buatan Google.

5. Garansi Non-Resmi

Ef6744e2afd565f44b8b2f54a0bec13a

Sumber foto: Foto: tjsdaily.com

Smartphone Xiaomi yang masuk melalui jalur non-resmi sudah pasti tidak dilindungi oleh garansi resmi Xiaomi. Smartphone-smartphone ini hanya dilindungi oleh garansi distributor yang umumnya hanya mampu meng-cover beberapa permasalahan saja. Proses klaim garansi juga tidak fleksibel. Karena tidak masuk secara resmi, service center Xiaomi dipastikan tidak mau menerima klaim garansi. Jadi jika ada masalah, pembeli harus datang langsung ke toko tempat mereka membeli smartphone Xiaomi tersebut.

Bagi kamu yang berminat membeli smartphone Xiaomi non-resmi, ada baiknya mempertimbangkan 5 hal di atas terlebih dahulu. Karena bagaimanapun juga, spesifikasi tinggi dan harga murah yang ditawarkan Xiaomi tak akan terasa istimewa jika produk yang dibeli adalah produk non-resmi. Daripada merasa was-was sepanjang menggunakan smartphone Xiaomi tidak resmi, tentu akan jauh lebih baik jika membeli smartphone yang resmi bukan? Jangan lupa tinggalkan pendapatmu di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
B6354a0fc59a66a15850e5bf3e7fb1ca
7 Kekurangan Xiaomi Redmi 3 yang Wajib Kamu Ketahui
D2df35d05e37c7f6d317a53bae736b61
Cara Mengaktifkan Fitur Tersembunyi di Smartphone Xiaomi Kamu
Banner 2
Mana Smartphone yang Paling Bagus, Xiaomi Mi4i, Mi4c, atau Mi4s?
Ban
6 Alasan Kenapa Kamu "Harus Bangga" Pakai Smartphone China
M
10 Smartphone Terbaik di Dunia Tahun 2016, Dari Xiaomi Hingga Apple
APPS TERKAIT
Xiaomi Icon3 Icon
Xiaomi Redmi 2 Root Files 1.0
Apps XDA Developers
Xiaomi Logo
Xiaomi Redmi 1S Root Files 1.0
Apps XDA Developers
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Xiaomi Logo
Xiaomi Redmi 1S UnRoot Files 1.0
Apps XDA Developers
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
8 Masalah Pada Smartphone Xiaomi dan Cara Mengatasinya
8 Masalah Pada Smartphone Xiaomi dan Cara Mengatasinya
7 Kekurangan Xiaomi Redmi 3 yang Wajib Kamu Ketahui
7 Kekurangan Xiaomi Redmi 3 yang Wajib Kamu Ketahui
WOW, Xiaomi Punya Smartphone RAM 6GB Dengan Harga Murah!
WOW, Xiaomi Punya Smartphone RAM 6GB Dengan Harga Murah!
4 Smartphone Xioami Terbaik di Pasaran
4 Smartphone Xioami Terbaik di Pasaran

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal