Bahaya Akses Kamera dan 4 Akses Aplikasi Android yang Wajib Kamu Tahu

Default

Kamu pengguna smartphone atau perangkat Android lainnya pasti gak mau menyia-nyiakan kemudahan dan keseruan yang ditawarkan melalui banyaknya aplikasi yang tersedia. Apalagi jika smartphone kamu punya kapasitas besar, puluhan hingga ratusan aplikasi pasti kamu instal dan gunakan sehari-hari.

Tiap aplikasi punya yang namanya app permissions alias izin untuk mengakses berbagai hal di smartphone kamu. Eits, jangan sembarangan memberi semua akses itu. Berikut ini akan Jaka kasih tahu lima bahaya akses aplikasi Android yang harus kamu tahu.

BACA JUGA
  • Waspada! Ini 10 Cara Hack WhatsApp ala Hacker Terpopuler
  • Waspada Bug Meltdown dan Spectre! Begini Cara Mencegahnya di Android
  • WASPADA! Jangan Tertipu Iming-iming Giveaway Smartphone di Media Sosial

Bahaya 5 Akses Aplikasi Android yang Wajib Kamu Perhatikan

1. Kamera

Masa sih kamu belum pernah mendengar sama sekali kasus bocornya gambar atau foto pribadi seseorang ke publik? Hal itu terjadi karena aplikasi berbahaya yang 'dirasuki' hacker kemudian mengambil gambar si pengguna smartphone akibat sebelumnya si pengguna sudah kadung memberi izin untuk aplikasi mengakses kamera.

Bahaya Akses Aplikasi 1

Meski banyak aplikasi seru yang membutuhkan akses kamera, tapi kamu harus tetap hati-hati dan waspada ya. Beberapa aplikasi yang sistem keamanannya gak begitu jelas malah punya potensi membocorkan gambar pribadi kamu ke publik lho.

2. Mikrofon

Nyaris sama halnya dengan kamera, sebuah aplikasi yang punya akses pada audio alias suara yang bisa direkam oleh smartphone kamu nyatanya rawan disadap lho. Hati-hati karena sekarang cukup banyak aplikasi jahat yang tujuannya adalah penyadapan.

Bahaya Akses Aplikasi 2

Aplikasi sejenis perekam suara atau aplikasi lain yang memang membutuhkan audio dari smartphone pastinya memerlukan izin untuk mengakses mirofon smartphone kamu. Namun, game atau aplikasi lain yang gak ada hubungannya sama suara kamu tapi meminta akses ke mikrofon rasanya patut dicuragi, dan tentunya jangan kamu kasih akses sembarangan.

3. Kontak

Beberapa aplikasi terutama aplikasi perpesanan tentu meminta izin untuk mengakses kontak yang ada di smartphone kamu. Hal itu terdengar wajar untuk aplikasi perpesanan di mana mereka memang butuh data kontak kamu untuk mengundang atau menjadikannya teman di aplikasi tersebut.

Bahaya Akses Aplikasi 3

Meski begitu, kamu tetap harus waspada. Aplikasi di luar perpesanan atau aplikasi perpesanan yang mencurigakan sekalipun bisa menyalahgunakan kontak yang ada di smartphone jika kamu sembarangan memberi akses. Kamu tentu gak mau informasi tentang orang-orang terdekat kamu disalah gunakan, bukan?

4. Lokasi

Nyaris semua aplikasi kini akan minta perizinan dari penggunanya untuk mengakses lokasi smartphone mereka. Jika dilihat dari kebutuhannya, akses pada lokasi memang punya fungsi penting buat berbagai aplikasi. Misalnya aplikasi transportasi online yang butuh lokasi kamu untuk aktivitas antar-jemput.

Bahkan aplikasi penyedia layanan streaming musik kini juga butuh lokasi pengguna untuk bisa memberi rekomendasi musik populer di wilayah penggunanya.

Bahaya Akses Aplikasi 4

Kamu juga tetap harus waspada, bahkan ekstra waspada untuk akses yang satu ini. Pastikan aplikasi yang kamu beri akses lokasi adalah aplikasi yang aman dan kredibel. Kamu tentu gak mau jadi korban penculikan atau tindak kriminal lain akibat lokasimu diketahui orang asing, kan?

5. SMS

Di luar aplikasi SMS, yang tentunya butuh akses SMS di smartphone kamu, berbagai aplikasi kini juga meminta izin mengakses SMS lho. Biasanya akses itu dibutuhkan untuk bisa mengirimkan kode verifikasi atau berbagai kebutuhan lain untuk menjalankan aplikasi.

Bahaya Akses Aplikasi 5

Lagi-lagi kamu harus tetap waspada karena aplikasi jahat bisa bikin kamu rugi. Kasus yang terjadi adalah sebuah aplikasi yang mengirimkan ribuan SMS ke berbagai nomor atau layanan yang bikin penggunanya rugi karena harus membayar biaya yang terbilang besar.

Akhir Kata

Itulah lima bahaya akses aplikasi Android yang wajib kamu ketahui dan perhatikan. Jadi, mulai sekarang jangan lagi sembarangan memberi izin pada aplikasi yang baru kamu instal ya, apalagi jika asal-usul aplikasinya gak jelas. Pelajari dulu kegunaan aplikasi dan hubungannya dengan akses yang kamu berikan. Setuju?

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Whatsapp Anti Lemot
Waspada! Ini Solusi Gunakan WhatsApp Anti Lemot yang Sebenarnya
Cara Cek File Aman Dari Virus
Waspada! Begini Cara Cek File Aman dari Virus Sebelum Di-download
E6d71ac2346527abdf92a0695e820ba3
WASPADA! 5 Sistem Operasi Ini Paling Rentan Terkena Serangan Hacker
Foto Kengerian Nggak Pakai Helm
Waspada! 10 Foto Ini Tunjukan Kengerian Nggak Pakai Helm
Malware Joao
Gamers Waspada! Malware Joao Jangkit Indonesia Lewat MMORPG
APPS TERKAIT
Clean Master Icon
Clean Master (Boost & AppLock)
Apps Cheetah Mobile Inc
Hackappdata Icon Icon
Hack App Data Terbaru
Apps SteelWorks
Voice Access Icon
Voice Access 1.0.1
Apps Google Inc.
Smsmart Icon
SMSmart - Access Apps Via SMS
Apps SMSmart
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal