7 Bahasa Pemrograman Paling Aneh di Dunia, Emang Ada yang Pakai?

14 August 2017

Mungkin biasanya kita lebih familiar dengan bahasa pemrograman umum, seperti bahasa C, Java, dan html. Karena kebanyakan, seluruh software yang kita pakai sekarang, menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Tapi ada beberapa bahasa pemrograman yang sangat aneh dan berbeda dari kebanyakan, di mana itu disebut dengan bahasa pemrograman esoterik. Jaka telah menyusun 7 Bahasa Pemrograman Paling Aneh di Dunia. Simak ulasan berikut ini!

7 Bahasa Pemrograman Paling Aneh di Dunia

1. Brain*uck

brainfck

Gambar: Listverse

Urban Muller, menciptakan Brain*uck pada tahun 1993, dengan maksud merancang sebuah bahasa yang bisa diimplementasikan dengan kompiler terkecil. Beberapa kompiler Brain*uck telah dibuat kurang dari 200byte.

Seperti namanya, bahasa Brain*uck cenderung sulit untuk dipahami. Ini karena bentuk _task_ yang rumit dan memerlukan urutan perintah yang panjang. Bahasa ini terdiri dari hanya delapan perintah: > <+ -. , [].

2. Malbolge

malbolge

Gambar: Listverse

Dibuat oleh Ben Olmstead pada tahun 1998, dan dinamai menurut lingkaran ke delapan neraka di Dante's Inferno. Malbolge dimaksudkan menjadi sesulit mungkin untuk menulis sebuah bahasa pemrograman.

Butuh waktu dua tahun agar program Malbolge pertama muncul, dan bahkan itu tidak ditulis oleh manusia, melainkan oleh software bernama Lisp.

3. Befunge

befunge

Gambar: Listverse

Befunge ditemukan pada tahun 1993 oleh Chris Pressey dengan tujuan menjadikan bahasa pemrograman yang sulit dikompilasi.

Dalam Befunge, tidak ada sintaks komentar, untuk menyematkan dokumentasi dalam kode, cukup mengarahkan arus kontrol ke area 'komentar', sehingga teks di area tersebut tidak pernah dieksekusi.

4. Piet

piet

Gambar: Listverse

Piet adalah bahasa yang programnya adalah grafis bitmap yang seakan terlihat seperti seni abstrak. Bahasa ini dibuat oleh David Morgan-Mar, di mana ia menamakan bahasa ciptaannya dari seorang seniman abstrak geometris, Piet Mondrian. Ada 20 warna yang penggunaannya ditentukan. 18 warna 'berwana-warni', kemudian warna hitam dan putih.

5. Omgrofl

omgrofl

Gambar: Listverse

Omgrofl adalah bahasa yang dibuat pada tahun 2006 oleh Juraj Borza. Bahasa pemrograman ini uniknya mirip dengan kata-kata slang di internet.

Nama dari bahasa tersebut pun memang penggabungan dari kata slang omg dan rofl. Bahkan kedua kata tersebut merupakan perintah di dalam bahasa pemrograman ini.

6. Shakespeare

shakespeare

Gambar: Listverse

Bukan, kali ini kita tidak sedang membahas seorang penulis terkenal asal Inggris, William ShakesPeare, melainkan sebuah bahasa pemrograman komputer.

Shakespeare Programming Language atau SPL, dirancang oleh Jon Aslund dan Karl Hasselstrom. Bahasa ini dirancang untuk membuat program tampak seperti program lain.

7. Velato

velato

Gambar: Listverse

Velato adalah bahasa pemrograman yang menggunakan file MIDI sebagai kode sumber. Program di Velato didefinisikan oleh nada dan urutan catatan.

Yang menarik adalah karena berupa lembaran not musik, program yang telah dibuat juga dapat diperdengarkan seperti musik sebenarnya melalui pemutar audio.

Akhir Kata

Itulah 7 Bahasa Pemrograman Paling Aneh di Dunia. Jadi, apakah kalian tertarik untuk mempelajari bahasa pemrogaman diatas? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar