J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cuma Habisin Memori, 5 Aplikasi (yang Dikira) Penting Ini Sebenarnya Gak Berguna

Cuma Habisin Memori, 5 Aplikasi (yang Dikira) Penting Ini Sebenarnya Gak Berguna

Selasa, 17 Okt 2017, 16:00 WIB
Dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, membuat banyak aplikasi smarthphone khususnya Android juga ikut berkembang ukurannya.

Dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, membuat banyak aplikasi smarthphone khususnya Android juga ikut berkembang ukurannya. Dengan ukuran aplikasi yang semakin besar, maka konsumsi ruang penyimpanan, konsumsi baterai dan penggunaan RAM akan semakin besar pula. Penggunaan resources yang berlebihan dapat mempengaruhi kinerja smartphone kita, smartphone kita jadi agak lemot bahkan terkadang sampai blank.

Oleh karena itu, kali ini Jaka akan memberi tahu daftar 5 Aplikasi yang Harus Kamu Remove Sekarang Juga. Berikut daftarnya:

BACA JUGA
  • Begini Cara Nonton Film di Netflix Tanpa Koneksi Internet
  • No Internet No Problem! Nih 10 Aplikasi Offline Android Terbaik 2016

5 Aplikasi (yang Dikira) Penting Ini Sebenarnya Gak Berguna

1. Aplikasi Penghemat RAM

C21dd4bbe69efc528c053540321b0c63
Aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang memang memakan banyak resource RAM kamu dan menggunakan daya hidup baterai yang terus-terusan meskipun dalam keadaan standby. Ide dari banyak aplikasi yang mengaku dapat meringankan penggunaan memori ini adalah dengan menutup aplikasi latar belakang tadi secara sistematis. Sayangnya, ini malah memperparah masalah.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang harus dimulai ulang setelah ditutup. Memori dan daya hidup baterai digunakan untuk memulai aplikasi, penutupan dan pengaktifan ulang aplikasi secara konstan, ini membuat ponsel kamu menjadi tidak stabil. Jadi, aplikasi penghemat RAM ini sangatlah tidak masuk akal.

Android mengelola penggunaan RAM secara otomatis dan mengetahui kapan harus menjalankan aplikasi. Jadi, aplikasi pihak ketika untuk menghemat RAM ini sebenarnya tidak diperlukan. Segera hapus aplikasi semacam ini jika terdapat di smartphone kamu saat ini!

2. Clean Master atau Aplikasi Pembersih Sejenisnya

5e81da7301201d9da5873b8161d05f9e
Kebanyakan aplikasi pembersih mengklaim dapat membersihkan smartphone kamu untuk meningkatkan kinerja. Meskipun benar bahwa aplikasi yang dihapus terkadang meninggalkan beberapa data dalam cache. Sebenarnya kamu tidak perlu aplikasi tambahan untuk menghapus data sampah tersebut, cukup buka Settings> Storage> dan ketuk data Cached. Lalu pilih Clear cached data dan tekan OK.

Atau sebagai alternatif, kamu juga dapat menghapus data cache secara individual dengan membuka Settings> Apps> Downloaded dan ketuk pada aplikasi yang ingin dihapus data cache-nya. Pada halaman berikutnya, tekan Clear Cache.

Aplikasi Clean Master dan aplikasi serupa sering kali memerlukan banyak daya baterai dan terkadang terdapat iklan dalam aplikasi itu yang hanya membuat mereka berpotensi mendapat keuntungan dari kita. Segera hapus aplikasi semacam ini!

3. Aplikasi Antivirus Tambahan Yang Tidak Perlu

2d62a1e48ef6e06b9babef933f2cb1dc
Perangkat Android dan Play Store kamu sudah bisa melakukan semua hal yang bersangkutan dengan aplikasi antivirus. Seperti untuk perlindungan pencurian, Android Device Manager bekerja aman tanpa aplikasi tambahan. Dan apakah terdapat sebuah aplikasi yang mengadung malware, Google akan memeriksanya dengan Play Store secara otomatis.

Jadi, aplikasi yang menyebut diri mereka sebagai Antivirus sebenarnya tidak terlalu berguna kecuali, jika kamu memang sering men-download file APK tidak dari aplikasi Play Store. Kemudian, aplikasi anti-malware ini dapat memeriksa aplikasi ketika proses pemasangan dan memberikan notifikasi peringatan sebelum kamu membukanya.

Bagaimanapun, kamu tidak dapat mendisinfeksi smartphone kamu. Metode terbaik untuk melakukan itu adalah tanpa menggunakan aplikasi antivirus tambahan, cukup gunakan antivirus bawaan.

4. Battery Savers atau Penghemat Baterai

D7f8e947745b6dc1217da1d12ca9a7ca
Hampir sama seperti aplikasi penghemat RAM, aplikasi penghemat baterai seringkali hanya membebani kinerja smartphone kita. Aplikasi ini menawarkan solusi untuk masalah baterai, namun nyatanya malah menambah konsumsi daya baterai.

Untuk benar-benar meningkatkan daya hidup baterai, kamu harus mengurangi permintaan energi dari sistem operasi dan semua layanan serta aplikasi yang sedang berjalan. Jadi agar efektif, aplikasi hemat baterai ini perlu dikendalikan untuk menjalankan sistem Android. Tapi karena Android tidak dikendalikan tanpa hak istimewa root, aplikasi tersebut tidak bisa melakukan kendali tersebut.

Lalu bagaimana solusinya? Buka pengaturan baterai di smartphone kamu. Cari aplikasi yang mengonsumsi daya baterai paling banyak dari daftar dan lakukan force close pada aplikasi tersebut. Beberapa masalah aplikasi yang error juga dapat diselesaikan dengan cara ini.

5. Sulitnya Menghapus Aplikasi Bawaaan (Bloatware)

8b504f40002242c32176a2c942ead8a6
Kebanyakan smartphone memiliki banyak aplikasi bawaan yang sudah terpasang dari pabriknya. Entah itu aplikasi untuk pemesanan hotel, games, atau aplikasi kantor yang fungsinya masih dipertanyakan: banyak produsen memasang aplikasi yang tidak berguna di samping aplikasi wajib dari Google. Idealnya, ruang penyimpanan yang akan terpakai, namun dalam kasus terburuk, aplikasi ini tidak dapat dicopot pemasangannya.

Beberapa vendor tidak akan membiarkan kamu mencopot aplikasi seperti Facebook, Twitter atau aplikasi sosial media lainnya dari smartphone kamu. Ini sangat menyebalkan untuk mereka yang tidak terlalu suka bersosial media. Bagaimanapun, dalam banyak kasus situs mobile cukup memadai.

Produsen smartphone yang mengizinkan pencopotan bloatware adalah Huawei dan Honor. Sementara itu, Google dan Lenovo biasanya hadir hanya dengan beberapa aplikasi tambahan.

Aplikasi Android Apalagi yang Dapat Kamu Hapus?

Kamu harus mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan, karena dapat menguras daya baterai dan menghabiskan data yang berlebihan. Kamu dapat memeriksa aplikasi mana yang memilki dampak terbesar pada dua hal tersebut dengan membuka halaman pengaturan baterai atau halaman penggunaan data di menu Pengaturan kamu.

Aplikasi Android mana yang menurut kamu haurs dicopot pemasangannya? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah ini beserta alasannya.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Game Offline Chrome

Internet Mati? Coba 10 Game Chrome yang Bisa Dimainkan Saat OFFLINE ini

92c500a48625b0e3bcc424040664efe0

15 Game Android Terbaik Untuk Google Cardboard VR

Cara Membuat Game Android Tanpa Coding

Bukan Hoax! Begini Cara Membuat Game Android Tanpa Coding

Aplikasi Iphone Terbaik

50 Aplikasi iPhone Terbaik Sepanjang Masa

Social Video 3e28f

10 Format Video Paling Populer & Terbaik di Dunia, Mana Favoritmu?

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Netflix F7d45
Netflix 7.48.0
Apps Netflix, Inc.
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Google Maps Icon
Google Maps for Android 10.35.2
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Jangan Pasang 6 Jenis Aplikasi Berbahaya Di Playstore Ini Demi Keselamatan Smartphone-mu!

Jangan Pasang 6 Jenis Aplikasi Berbahaya Di Playstore Ini Demi Keselamatan Smartphone-mu!

Awas Malware! Ini Cara Aman Download Aplikasi Baru di Android

Awas Malware! Ini Cara Aman Download Aplikasi Baru di Android

Segera Hapus 6 Aplikasi Ini Untuk Meningkatkan Kinerja Smartphone!

Segera Hapus 6 Aplikasi Ini Untuk Meningkatkan Kinerja Smartphone!

Bukan Hanya Antivirus, 5 Aplikasi Ini Juga Diperlukan Untuk Mengamankan Android Kamu

Bukan Hanya Antivirus, 5 Aplikasi Ini Juga Diperlukan Untuk Mengamankan Android Kamu

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal