7 Aplikasi untuk Sosial Media yang Dapat Menghemat Kuota Internet

11 April 2017

Mengakses media sosial memang menyasyikkan. Pasalnya, kamu tak hanya bisa berkomunikasi. Ada juga informasi dan hiburan di dalamnya.

Sayangnya, kebanyakan aplikasi sosial media populer boros kuota. Tak heran, jika kita sering kehabisan kuota internet.

Untungnya, sejumlah pengembang aplikasi sadar permasalahan tersebut. Mereka pun merilis versi 'Lite' sebuah aplikasi untuk sosial media yang dapat menghemat kuota dan tidak boros baterai, meskipun fitur-fiturnya banyak disunat.

7 Aplikasi Untuk Sosial Media yang Dapat Menghemat Kuota dan Baterai

Nah buat kamu pecinta sosial media, buzzer, maupun social influencer. Berikut adalah aplikasi untuk sosial media yang dapat menghemat kuota yang wajib kamu install.

1. Facebook Lite

facebook-lite

Apabila kamu menggunakan smartphone dengan spesifikasi pas-pasan, memori internal kecil cuma 4 GB atau 8 GB, koneksi pun sebatas 3G dengan kuota kecil, tapi ingin install aplikasi Facebook. Bisa! Kamu bisa install aplikasi Facebook Lite.

Aplikasi ini menggunakan sedikit ruang, lebih sedikit menggunakan data, lebih hemat baterai, dan dapat digunakan di berbagai jenis smartphone Android, baik tipe lama maupun baru.

2. Twitter Lite

TwitterLite_DataSaver

Belum lama ini Twitter juga telah memperkenalkan Twitter Lite untuk pengguna yang tak ingin kuota internetnya cepat habis atau sedang berada di daerah dengan kecepatan akses lambat.

Twitter versi Lite ini berbeda dengan versi biasa, karena untuk akses datanya pengguna hanya memerlukan kurang dari 1MB.

Selain memaksimalkan kecepatan akses, Twitter menjamin menawarkan 30% kelebihan saat menampilkan timeline serta navigasi yang lebih sederhana.

Begini Cara Mendapatkan Verifikasi di Akun Twitter
Begini Cara Mendapatkan Verifikasi di Akun Twitter
Begini Cara Mendapatkan Verifikasi di Akun Twitter
Baca

Namun demikian, Twitter memastikan fitur utama seperti timeline, direct messages (DM), trending topic, profil, notifikasi, media pendukung dan lainnya akan tetap tersedia. Sabar dulu ya, Twitter Lite akan meluncur secara global secara bertahap.

3. LINE Lite

LINE-lite

LINE juga punya versi 'Lite', yang mana didesain dengan membawa fitur inti dari aplikasi LINE, seperti teks dan sticker.

Sasaran LINE Lite kebanyakan adalah pasar dengan jaringan yang masih lambat serta smartphone dengan kemampuan yang tidak terlalu istimewa.

4. SlideChat

cara-buka-facebook-dan-twitter-dalam-satu-aplikasi

SlideChat diciptakan khusus buat yang masih menggunakan smartphone entry-level atau smartphone jadul dengan memori internal dan RAM yang sangat terbatas.

Contohnya smartphone Android dengan RAM 512 MB atau 1 GB dan memori internal 4GB atau 8 GB. Bisa juga buat kamu yang ingin hemat baterai dan hemat penggunaan RAM.

Dengan SlideChat, kamu bisa membuka Facebook dan Twitter dalam satu aplikasi dan memang didesain khusus dengan 3 tab utama. Yakni Facebook, Facebook Messenger, dan Twitter. Sangat mudah untuk berpindah-pindah dari satu halaman, ke halaman yang lain.

Begini Cara Buka Facebook dan Twitter dalam Satu Aplikasi
Begini Cara Buka Facebook dan Twitter dalam Satu Aplikasi
Begini Cara Buka Facebook dan Twitter dalam Satu Aplikasi
Baca

5. YouTube Go

cara-download-video-youtube-secara-resmi-2

Buat kamu yang gemar YouTube, Google hadirkan YouTube Go yang lebih ramah kuota, cepat, ringan, dan menawarkan pengalaman ber-YouTube secara offline yang lebih baik.

Bukan Bajakan, Ini Cara Download Video YouTube Secara Resmi!
Bukan Bajakan Ini Cara Download Video YouTube Secara Resmi!
Bukan Bajakan, Ini Cara Download Video YouTube Secara Resmi!
Baca

YouTube Go ini memiliki fungsi utama untuk streaming video favorit kamu. Hanya saja, YouTube Go dibekali berbagai fitur untuk menghemat data Internet dan mampu bekerja secara lebih efektif di daerah yang tidak memiliki kecepatan Internet memadai.

6. Opera Mini

Cara lain untuk hemat kuota untuk mengakses sosial media adalah menggunakan aplikasi browser Opera Mini yang sudah terbukti ampuh menghemat paket data milikmu.

Seiring perkembangannya, Opera pun menghadirkan banyak fitur di Opera Mini. Di antaranya pemblokiran iklan, tampilan malam, dan mode hemat data tinggi, ekstrim, atau otomatis.

7. Opera Max

opera-maxjpg

Jika kamu butuh semua fitur yang ditawarkan oleh pihak media sosial. Harus banget install banyak aplikasi sosial media seperti Facebook, Facebook Messenger, Twitter, Path, Instagram, Snapchat, dan lainnya.

Opera Max menyelamatkan kamu dari kantong jebol gara-gara beli pulsa mulu buat paket internet. Dengan menyalakan Opera Max, konten dikompres sebelum mencapai smartphone milikmu, menghemat data hingga 50% di aplikasi sosial media kamu.

Akhir Kata

Nah itulah 7 aplikasi untuk mengakses sosial media yang dapat menghemat kuota internet dan juga baterai. Oh iya, dengan sosial media kamu juga dapat menghasilkan uang jajan loh. Caranya bisa kamu baca di artikel berikut; Ini Cara Mudah Dapat Uang dengan Sosial Media! Share pendapat kamu juga ya.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar