5 Aplikasi Perekam Suara Android Buat Rekaman Layaknya di Studio

25 January 2017

Bicara soal software recording, tentunya kita semua pasti tahu biasanya digunakan pada studio-studio rekaman. Device yang dipakai berupa PC ataupun laptop. Namun, apakah pada smartphone Android, dapat menggunakan software audio tersebut?

Berkat semakin canggihnya teknologi pada smartphone Android, membuat semakin banyaknya aplikasi sound recording yang dapat digunakan. Bahkan yang 'kompleks' seperti aplikasi audio recording, kualitasnya pun hampir mendekati dengan yang digunakan pada PC. Lantas, apa sajakah aplikasi perekam suara Android? Berikut ulasannya.

5 Aplikasi Perekam Suara Android yang Bikin Rekaman Layaknya di Studio

1. FL Studio Mobile

Salah satu software tersohor dalam dunia perekaman dan aransemen musik adalah FL Studio Mobile. Software ini banyak digunakan para pelaku industri musik untuk merekam dan mengaransemen hasil karya lagu-lagu mereka. Pastinya untuk menggunakan software ini, harus menggunakan PC ataupun laptop.

fl studio mobile

Namun, kini software tersebut juga dapat digunakan di smartphone Android. Meski dirilis dalam versi mobile, aplikasi perekam suara ini hampir tak ada bedanya dengan versi desktop. Fitur perekaman suara yang dapat diatur sedemekian rupa dan aransemen musik tetap ada di dalam versi ini.

2. Music Maker Jam

Ingin merekam dan mengaransemen musik dengan banyak genre musik? Aplikasi sound recording Music Maker Jam adalah jawabannya. Memiliki lebih dari ratusan gaya aransemen musik, kamu dapat mengeksplorasi kemampuan kamu dalam membuat musik yang enak didengar.

music maker jam

Selain mengaransemen, kamu juga bisa menambahkan rekaman suara nyanyian kamu dengan menggunakan fitur voice recording. Setelah merekam suara, kamu juga bisa melakukan mix suara kamu dengan musik yang tersedia dan bisa kamu kustom sendiri.

3. Audio Evolution Mobile Studio

Selanjutnya ada aplikasi perekam suara Audio Evolution Mobile Studio, di mana aplikasi sound recording ini dianjurkan untuk para expert di bidang perekaman musik. Aplikasi ini merekam suara seperti biasa, yang nantinya dapat di-mix dan diatur.

audio evolution mobile studio

Tak hanya itu, ada banyak efek yang tersemat dalam aplikasi perekam suara ini. Nantinya dapat digunakan dalam aransemen musik. Belum habis sampai di situ, dalam aplikasi ini juga terdapat metronome, jadi kamu dapat merekam sesuai tempo yang diinginkan, serta masih banyak fitur lainnya lagi.

4. SunVox

Masih membahas aplikasi perekam suara berfitur segudang, ada SunVox yang juga dapat memudahkan kamu membuat rekaman lagu atau musik sekelas studio rekaman. Namun, aplikasi sound recording yang satu ini memiliki kekuatan dalam rekaman secara langsung.

sunvox

Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat drum synth yang memiliki ratusan suara serta efek-efek lainnya yang melengkapi musik kamu. Hasil dari rekaman juga dapat diekspor secara langsung ke format MIDI track.

5. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Kalau kamu cari yang simpel dan tak perlu banyak pengaturan, aplikasi perekam suara HI-Q MP3 Recorder bisa menjadi solusinya. Meski sederhana, tak semata-mata aplikasi sound recording ini tak punya kelebihan. Hasil rekaman yang diberikan justru sangat bagus dan jernih.

hi-q mp3 voice recorder

Kamu juga dapat mengatur opsi, seperti kuat atau lemahnya suara, lama waktu, serta kualitasnya, dari biasa hingga format mp3 kualitas CD. Aplikasi ini terdapat dua versi, ada yang gratis juga berbayar.

Namun, jika kamu belum bisa membeli versi PRO, versi gratis dari aplikasi ini tetap bisa menghasilkan rekaman suara yang berkualitas. Hanya saja rekaman kamu dibatasi untuk durasi 10 menit saja.

Itulah 5 aplikasi perekam suara Android sekelas studio yang dapat kamu unduh untuk smartphone Android kamu. Berkat kecanggihan pada ponsel zaman sekarang, membuat rekaman sekelas studio bukanlah hal yang mustahil. Jadi aplikasi sound recording manakah yang menjadi pilihanmu? Jangan lupa share ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar