7 Aplikasi Android Ini Wajib Dimiliki Kamu Para Pekerja Kantoran

20 March 2017

Era digital menuntut semuanya serba lebih cepat dan instan, termasuk soal pekerjaan. Untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi seperti orang kantoran, keberadaan smartphone tentu bisa meningkatkan produktivitas dan menunjang pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Berikut Jaka sudah rangkum, aplikasi Android terbaik buat kamu para pekerja kantoran. Untuk membantu kamu menunjang aktivitas kerja sehari-hari, baik itu di dalam maupun di luar kantor.

Aplikasi Kantoran untuk Android

Sekarang semua serba tersentuh kemajuan teknologi. Pekerjaan pun dituntut untuk selesai lebih cepat dengan cara yang cerdas. Berikut daftarnya.

1. Brain Focus

brain-focus

Tingginya tekanan kerja menuntut kita selalu fokus untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang tidak ada habisnya. Kamu harus bekerja secara pintar dan meningkatkan produktivitas.

Mungkin saatnya kamu pakai teknik baru, salah satu yang populer dan terbukti ampuh untuk meningkatkan produktivitas adalah teknik Pomodoro.

Aplikasi Brain Focus membantu kamu menjalankan teknik Pomodoro. Di mana mengharuskan kamu fokus bekerja selama 25 menit, jangan multitasking emphasized text dan kerjakan apa yang harus kamu kerjakan satu per satu. Lalu ambil istirahat 5 menit dan setelah 25 menit x 4, kamu bisa istirahat 20 menit.

7 Aplikasi Terbaik Untuk Menggapai Resolusi Tahun Baru 2017
7 Aplikasi Terbaik Untuk Menggapai Resolusi Tahun Baru 2017
7 Aplikasi Terbaik Untuk Menggapai Resolusi Tahun Baru 2017
Baca

2. Scanner

Pada kondisi tertentu ada kalanya di kantor kita harus melakukan scanning dokumen. Kalau dulu kita harus ke tukang fotokopi, sekarang kamu nggak perlu repot-repot lagi.

Pasalnya, sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi Android. Ini dia CamScanner, aplikasi yang sangat berguna dan kaya fitur yang memungkinkan kamu melakukan scan dokumen, bahkan membuat file PDF.

Cara Scan Dokumen Di Android Biar Kamu Nggak Repot Fotocopy Lagi!
Cara Scan Dokumen Di Android Biar Kamu Nggak Repot Fotocopy Lagi!
Cara Scan Dokumen Di Android Biar Kamu Nggak Repot Fotocopy Lagi!
Baca

3. Pencatat Digital

google-keep

Namanya juga orang kantoran, pasti nggak luput dari catat mencatat. Ada banyak aplikasi pencatat digital yang dapat kamu manfaatkan, diantaranya Google Keep, Journey, Evernote, dan lainnya.

Kamu tak hanya bisa mencatat dalam bentuk catatan, tapi juga termasuk list to do, jadwal dan pengingat, membuat sketsa, bahkan membuat catatan melalui perekaman suara.

Menariknya lagi, semua catatan kamu tersimpan di cloud. Jadi kamu bisa mengakses dari laptop dan juga nggak perlu takut kehilangan catatan penting lagi.

4. Cloud Storage

Cloud-Storage

Kalau dulu buat menyimpan dan berbagi dokumen harus pakai flashdisk, sekarang kamu bisa menyimpan berbagai file di cloud storage.

Ada banyak aplikasi penyimpanan awan yang bisa kamu pakai, di antaranya Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mengakses data yang dibutuhkan di mana pun kamu berada.

5. Chrome Remote Desktop

Chrome-Remote-Desktop

Jika kamu sedang berada di luar kantor, namun ada hal urgent yang perlu kamu urus. Nah kamu dapat melakukan remote akses ke laptop/PC kamu.

Chrome remote desktop merupakan sebuah aplikasi kantoran yang bisa kamu manfaatkan untuk mengakses laptop dengan Android melalui jarak jauh. Walaupun ada batasan sejauh mana kamu bisa mengakses aplikasi tersebut.

Update terbaru dari Chrome Remote Desktop pada Android ini memungkinkan kamu untuk melakukan streaming audio. Di samping kelemahan karena ada latency atau keterlambatan, fitur lain dari aplikasi ini masih tetap berjalan dengan baik.

Jika kamu bekerja secara paralel dan ingin mengetahui apa yang terjadi di PC kamu, contohnya seperti sebuah video, kamu sekarang bisa mendengarkannya dari perangkat yang terhubung.

6. Aplikasi Office

office

Hampir setiap orang butuh aplikasi office, terkhusus kamu pekerja kantoran yang super sibuk. Nah ada banyak aplikasi office yang bisa kamu pakai, mulai dari produk Google seperti Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan Google PDF.

Dari Microsoft ada Word, Excel, PowerPoint, Office Lens, dan Microsoft Office Mobile. Nah, dengan aplikasi Office ini kamu nggak perlu lagi repot-repot membuka laptop hanya untuk mengolah data pekerjaan kamu, kamu bisa bekerja di mana saja dan kapan saja melalui smartphone.

7. Xyzmo Signature Capture

xyzmo-Signature-Capture

Terkadang banyak banget ya dokumen yang harus kamu tanda tangani. Namun, kamu kebetulan sedang berada di luar kantor. Solusinya ialah menggunakan aplikasi Xyzmo Signature Capture, yang memungkinkan kamu memberikan tanda tangan secara digital.

Cocok banget buat kamu orang kantoran yang sering membubuhkan tanda tangan, tapi tidak bisa datang ke kantor. Cara kerjanya dokumen harus di-scan, lalu dikirimkan ke kamu dan kamu bisa melakukan tanda tangan digital menggunakan aplikasi ini.

Akhir Kata

Itulah 7 aplikasi Android yang wajib dimiliki para pekerja kantoran, yang memudahkan kamu menunjang pekerjaan kantor yang seakan tidak ada habisnya.

Ya, tingginya tekanan kerja menuntut kita untuk mampu memaksimalkan sumber daya yang ada. Salah satunya memanfaatkan smartphone sebagai penunjang produktivitas kerja. Share pendapat kamu ya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar