5 Aplikasi Firewall Terbaik Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer

21 April 2017

Firewall merupakan aplikasi yang sangat penting yang bertugas menjaga keamanan komputer kalian dari serangan luar. Firewall akan mencegah akses tidak kenal yang hendak mengakses perangkat komputer kalian, khususnya jika akses tersebut mengancam keamanan data pada komputer kalian.

Hingga saat ini, terdapat begitu banyak aplikasi Firewall yang bertebaran di internet sehingga membuat banyak di antara kita bingung. Aplikasi Firewall mana yang sebaiknya kita gunakan dan benar-benar efektif melindungi perangkat komputer yang kita gunakan, baik dari segi fitur maupun penggunaannya?

5 Aplikasi Firewall Terbaik Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer

Nah, biar kalian tidak bingung, kali ini Jaka akan membahas sejumlah rekomendasi aplikasi Firewall yang bisa kalian jadikan pilihan untuk meningkatkan keamanan perangkat komputer kalian. Apa saja sih? Yuk simak!

1. Comodo Free Firewall

masukkan deskripsi gambar disini

Comodo Free Firewall merupakan salah satu Firewall favorit yang banyak digunakan oleh para pengguna di seluruh dunia. Khususnya mereka yang memang memahami betapa pentingnya menjaga keamanan komputer.

Comodo Free Firewall ini dipilih karena kemampuannya menghalau ARP attack, baik itu berupa spoofing dan poisoning. Selain itu, Comodo Firewall ini akan mengamankan segala bentuk koneksi yang kalian lakukan ketika sedang online dan melakukan pengawasan pada koneksi yang menuju ke luar maupun yang masuk ke komputer kalian serta adanya sistem HIPS yang akan melindungi data penting pada komputer kalian agar tidak dimodifikasi oleh program asing yang disisipkan ke dalam komputer kalian.

2. ZoneAlarm Free Firewall

masukkan deskripsi gambar disini

ZoneAlarm Free Firewall merupakan salah satu Firewall terkenal yang sering dibanding-bandingkan dengan Comodo Free Firewall. ZoneAlarm Free Firewall ini mampu menyembunyikan alamat IP kalian agar terhindar dari para penyerang sekaligus mencegah serangan yang sifatnya inbound dan outbound.

Selain itu, ZoneAlarm Free Firewall ini memiliki fitur monitoring untuk mengawasi program dengan perilaku mencurigakan dan akan memberikan peringatan ketika kalian mengakses situs berbahaya dan peringatan ketika kalian hendak mengunduh program yang dianggap berbahaya. Ditambah dengan fitur backup online, ZoneAlarm Free Firewall ini bisa menjadi salah satu pilihan utama kalian.

3. Tinywall

masukkan deskripsi gambar disini

Jika kalian tidak begitu menyukai aplikasi Firewall yang berukuran besar karena dianggap membebani RAM, kalian bisa mencoba Tinywall. Sesuai namanya, aplikasi Tinywall ini hanya berukuran 1 MB namun menawarkan sejumlah fitur yang cukup baik.

Mulai dari fitur yang memungkinkan kalian mengatur aplikasi apa saja yang bisa menggunakan jaringan internet kalian, membatasi akses aplikasi hanya pada jaringan LAN saja, mendukung IPv6, pengaturan password, port dan domain blacklist serta pastinya secara aktif melakukan blokir pada berbagi jenis trojan dan virus.

7 Aplikasi Hacking Android yang Ternyata Tidak Berguna di 2017
7 Aplikasi Hacking Android yang Ternyata Tidak Berguna di 2017
7 Aplikasi Hacking Android yang Ternyata Tidak Berguna di 2017
Baca

4. Anti-Netcut 3

masukkan deskripsi gambar disini

Untuk kalian yang sering terkoneksi ke WiFi publik seperti di WiFi Id corner atau di tempat hotspot lainnya, kalian bisa memanfaatkan Anti-Netcut 3 ini sebagai Firewall untuk melindungi koneksi komputer kalian.

Seperti yang kita ketahui, jaringan publik merupakan sebuah jaringan yang diakses oleh banyak orang sehingga ada kemungkinan kalau di dalam jaringan publik tersebut terdapat pihak-pihak jahat yang berniat buruk melakukan ARP spoofing. Nah, Anti-Netcut 3 ini sendiri akan memastikan kalau orang tersebut tidak akan bisa melakukan ARP spoofing maupun memotong koneksi atau memanipulasi koneksi internet kalian.

5. Peerblock

masukkan deskripsi gambar disini

Peerblock merupakan aplikasi Firewall yang dibuat khusus untuk melindungi para pengguna yang sering melakukan koneksi peer to peer seperti sharing file melalui Torrent. Peerblock ini memungkinkan kalian mengontrol komunikasi komputer kalian ke komputer lain melalui internet, melakukan blokir pada server dan situs yang diketahui berbahaya, serta membuat daftar situs berbahaya milik kalian sendiri. Pada pengaturan default, Peerblock ini juga bisa kalian manfaatkan untuk melakukan blokir iklan dan spyware.

Itulah tadi 5 aplikasi Firewall terbaik untuk meningkatkan keamanan komputer kalian. Silakan pilih yang mana yang menurut kalian cocok dengan kebutuhan kalian. Menurut pendapat pribadi Jaka, akan lebih baik jika kalian memilih lebih dari satu aplikasi Firewall untuk membuat kombinasi yang lebih baik, misalnya mengombinasikan fitur ZoneAlarm Free Firewall dan fitur anti-ARP spoofing milik Netcut 3. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar