J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Sering Membeli Item Game? Yuk Mengenal Apa Itu Payment Gateway!

Sering Membeli Item Game? Yuk Mengenal Apa Itu Payment Gateway!

Rabu, 7 Nov 2018, 11:45 WIB
Kamu yang suka belanja item di dalam game, biasanya beli pake apa sih? Jika gak punya Kartu Kredit, pasti lewat Indomaret. Sadar gak sih kalo sebenarnya Kamu itu sedang pake jasa Payment Gateway? Apa itu Payment Gateway?

Ngomong-ngomong soal game, kita pasti pernah main game kan? Dari yang kelasnya profesional (eSport) atau yang hanya sekadar mengisi waktu luang, semua bisa dilakukan di smartphone kita.

Dalam bermain game di smartphone, kita diberi pilihan untuk melakukan pembelian menggunakan uang asli di dalam game tersebut. Tujuannya jelas, untuk mendapatkan item khusus ataupun keuntungan tertentu lainnya, seperti kostum, status VIP, dan sebagainya.

BACA JUGA
  • 20 Game Indonesia di Android dan PC 2018|Ternama di Dunia!
  • 10 Anggapan Tentang Gamer Ini Terbukti Salah! Setuju?
  • 10 Game 3D Offline Terbaik di Android Tahun 2018, Gratis!

Metode Pembelian Item Dalam Game

Pada dasarnya, ada dua metode pembelian yang bisa digunakan dalam game. Yakni pembelian in-game dan di luar game lewat payment gateway. Jadi, apa itu payment gateway dan apa bedanya dengan pembelian in-game?

1. Pembelian In-Game

Apa Itu Payment Gateway D1721

Pembelian in-game adalah pembelian yang langsung dilakukan di dalam game tersebut tanpa harus keluar dari aplikasinya. Pembelian in-game bisa dilakukan melalui beberapa metode, misalnya dengan menggunakan pulsa reguler, voucher, atau melalui kartu debit/kredit seperti Mastercard, VISA, dan sebagainya. Pembelian in-game ini biasanya dikelola langsung oleh Google Play/App Store.

2. Pembelian di Luar Game

Selain menggunakan mekanisme pembelian in-game, kamu juga bisa melakukan pembelian/top up di luar game tersebut, yaitu melalui website yang disediakan oleh developer game.

Apa Itu Payment Gateway 2 A2341

Pembelian melalui website biasanya memiliki alternatif pembayaran yang lebih banyak, seperti transfer bank, kartu debit/kredit, virtual account, dan outlet retail seperti Alfamart dan Indomaret. Pembelian melalui website inilah yang biasanya melibatkan payment gateway di dalamnya.

Kenalan Sama Payment Gateway

Pernah nggak sih kita bertanya-tanya tentang bagaimana sistem yang bekerja di belakang layar dalam suatu proses top up? Nah, saatnya kita kenalan sama payment gateway. Jadi, apa itu payment gateway?

Apa Itu Payment Gateway 3 Bae1a

Sesuai dengan namanya, payment gateway adalah sebuah gerbang yang memungkinkan developer game dapat menerima pembayaran di websitenya melalui berbagai metode pembayaran dan dari berbagai bank.

Dengan adanya payment gateway, proses top up bisa selesai pada saat itu juga, alias instan. Sehingga saldo yang dibeli akan langsung masuk ke akun game saat itu juga, nggak perlu nunggu lama-lama.

Developer game akan sangat dimudahkan jika memanfaatkan layanan payment gateway ini, karena setiap transaksi yang dilakukan dapat dengan mudah dicatat oleh sistem deteksi penerimaan dana otomatis. Developer juga bisa menerima notifikasi instan setiap ada pembelian yang diterima.

Selain itu, transaksi yang dilakukan juga dijamin akan lebih aman dari penipuan, pencurian identitas, ataupun risiko-risiko keamanan lainnya. Jadi, kita nggak perlu khawatir saat melakukan top up melalui website.

Apa Itu Payment Gateway 4 D95ee

Xendit adalah salah satu payment gateway terbaik di Indonesia saat ini. Tidak heran, berbagai penghargaan bertaraf internasional telah diraih oleh Xendit. Contoh, Xendit dianugerahi The Best Payment Initiative, Application or Programme dalam kategori fintech pada acara The Asian Banker Business Achievement Award Tahun 2018 di Beijing. Selain itu, Xendit juga menjadi satu-satunya startup asal Indonesia yang masuk dalam daftar 100 startup paling menjanjikan versi CNBC. Dengan penghargaan-penghargaan itu, secara kualitas, Xendit tidak perlu diragukan lagi.

Ada empat produk utama yang ditawarkan oleh Xendit, yaitu:

  1. XenPayments adalah layanan payment gateway Xendit yang memungkinkan developer game untuk menerima pembayaran di websitenya melalui berbagai metode dan dari berbagai bank, seperti transfer bank, kartu kredit/debit, virtual account, dan outlet retail seperti Alfamart. Produk ini juga biasanya digunakan untuk pembayaran e-commerce, pelunasan hutang, dan pembayaran biaya berlangganan, dan sejenisnya secara online.

  2. XenInvoice adalah produk Xendit yang memungkinkan konsumen untuk membuat invoice online dengan term pembayaran, reminder, dan deteksi pembayaran otomatis melalui bank apapun termasuk BCA, Mandiri, BRI, BNI, dengan berbagai metode, seperti bank transfer, virtual account, kartu kredit, ataupun outlet retail seperti Alfamart.

3. XenDisburse memungkinkan konsumen untuk transfer uang ke berbagai bank secara instan dengan menggunakan Application Programming Interface (API) otomatis, atau fitur upload file excel. XenDisburse biasanya digunakan untuk pengiriman dana pinjaman, payroll, rekening bersama, penarikan dana pengguna, dan refund.

4. XenCheck dapat memastikan setiap transaksi konsumen berjalan dengan aman. XenCheck juga dapat memvalidasi identitas seseorang di balik setiap transaksi. Tujuannya agar konsumen tidak menerima pembayaran dari sumber yang telah ter-blacklist ataupun mengirim uang ke orang yang salah.

Salah satu pengembang game yang telah bekerja sama dengan Xendit adalah MainGames. Nah, MainGames ini adalah developer dari game-game seperti Dewa Ngamuk, Dress Up Diary, Crazy Gods, Conquest 3 Kingdoms, Seven Paladins, dan lain-lain. Kamu pasti pernah main salah satunya, kan?

Dewa Ngamuk Crazy Gods Icon
Dewa Ngamuk - Crazy Gods 1.1.3
Games RPG Maingames
DOWNLOAD
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Simulasi Maingames
DOWNLOAD

Nah buat kamu yang sedang mengembangkan game, atau bahkan sudah memiliki game, jangan ragu untuk menggunakan layanan payment gateway dari Xendit. Kamu nggak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana sistem top up di website. Serahkan saja pada ahlinya.

Xendit mengedepankan sistem yang serba instan dan otomatis, serta dengan proses integrasi yang sederhana, sehingga prosesnya menjadi lebih efektif dan tidak perlu memakan waktu lama.

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal