Apa itu MOD APK? Kenali Ciri, Kelebihan, dan Bahaya Menggunakan Aplikasi Modifikasi!

Default

Apa itu MOD? Jaka yakin, kamu yang sering main game modifikasi dan instal aplikasi MOD nggak asing dengan pertanyaan ini.

Aplikasi dan game MOD sangat diminati pengguna internet. Soalnya, fitur premium di aplikasi dan game yang biasanya berbayar bisa dinikmati dengan gratis.

Di sisi lain, MOD APK dikategorikan sebagai aplikasi ilegal. Jelas saja, karena isinya diubah tanpa izin oleh pengembang resminya. Banyak risiko yang mengintai penggunaan aplikasi ini.

Jaka akan menjelaskan apa itu MOD, cara kerjanya, fungsinya, kelebihan, hingga risiko menggunakan aplikasi atau memainkan game MOD APK. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Apa itu MOD APK? Apa Fungsinya?

Apa Itu MOD APK
Sumber foto: Apa itu MOD APK? Apa Fungsinya?

Apa itu MOD? MOD merupakan singkatan dari kata modification atau modifikasi. Dalam dunia game, MOD mengubah satu atau lebih aspek video game. Misalnya, cara berinteraksi karakter di dalam game atau area dan wilayah permainan, dan sebagainya.

Sedangkan di dalam aplikasi, MOD bisa mengubah beberapa fitur atau layanan di dalamnya. Misalnya, fitur premium yang terkunci jadi terbuka (unlocked) dengan MOD ini.

MOD APK sendiri adalah jenis file dari aplikasi atau game yang sudah dimodifikasi. Isinya diubah oleh modifier yang biasanya mengerti tentang bahasa pemograman aplikasi dan game.

Ciri-ciri Aplikasi dan Game yang Dimodifikasi

Ciri Ciri Mod APK
Sumber foto: Ciri-ciri Aplikasi dan Game yang Dimodifikasi

Supaya lebih jelas, kamu bisa memahami ciri-ciri aplikasi dan game yang dimodifikasi melalui rincian dari Jaka berikut ini.

1. Tidak Ada di Google Play Store

Sudah tentu, aplikasi modifikasi tidak akan diunggah oleh pengembangnya di platform resmi seperti Google Play Store. Kalau ya, pasti aplikasi MOD tersebut langsung di-take down dan dihapus oleh pihak berwenang.

Biasanya, aplikasi ini ada di situs web khusus yang memiliki database MOD APK. Contohnya, apkmody.io, happymood.com, modcombo.com, dan lainnya.

2. Pengembang Tidak Diketahui

Seringkali, pengembang MOD APK tidak memperlihatkan identitas mereka dengan jelas. Soalnya kalau ketahuan, mereka bisa terjerat hukum karena mengubah isi produk resmi pihak lain tanpa izin.

3. Terdapat Deskripsi Fitur Premium Gratis

Seperti yang Jaka sebutkan, aplikasi dan game yang dimodifikasi diklaim bisa memberikan fitur premium seperti unlimited money, gem, unlock all rooms. Yang awalnya permainan terbatas menjadi bebas.

Apakah MOD APK Ilegal?

Sayangnya, meskipun bisa memberikan fitur premium gratis, aplikasi modifikasi termasuk ke golongan aplikasi ilegal karena jeroannya dirombak tanpa izin pengembang resmi.

Jadi, penggunaan aplikasi ini secara hukum dilarang. Sudah ada Undang -Undang ITE Pasal 30 Ayat 2 dan 3 yang mengatur tentang hal ini. Berikut bunyi pasal 2 dan 3:

Pasal 2 Setiap orang dengan sengaja, tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer, sistem elektronik milik orang lain dengan cara apa pun untuk memperoleh informasi atau dokumen elektronik.

Pasal 3 Setiap orang dengan sengaja melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan (cracking, hacking, illegal access).

Dari masing-masing ayat tersebut, pengguna (yang memodifikasi) akan mendapatkan ancaman pidana penjara paling lama 7 sampai 8 tahun dan denda paling banyak Rp700 juta hingga Rp 800 juta.

Meski begitu, praktik pengembangan dan penggunaan aplikasi MOD ini masih menjamur di Indonesia.

Di sisi lain, masih sedikit pengembang resmi aplikasi dan game yang dimodifikasi yang membawa kasus pengembangan MOD APK ini ke ranah hukum. Jika ada, kasusnya tidak menjadi perhatian publik.

Selain itu, pihak keamanan siber di Indonesia belum melakukan tindakan konkrit untuk membasmi pengembang MOD APK. Edukasi tentang bahaya penggunaan aplikasi modifikasi juga belum pernah dicanangkan. Padahal, hal ini membantu masyarakat untuk lebih hati-hati terhadap aplikasi modifikasi.

Kelebihan Aplikasi dan Game Modifikasi

Kelebihan Mod APK
Sumber foto: Kelebihan Aplikasi dan Game Modifikasi

Sekarang, kita bahas dulu beberapa kelebihan aplikasi dan game modifikasi sehingga membuatnya diminati banyak orang. Biar bacanya enak, Jaka rinci keunggulannya di bawah ini, ya!

1. Tersedia Fitur Premium Gratis

Seperti yang Jaka sebutkan sebelumnya, MOD APK memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi original. Fitur ini biasanya didapat dengan cara membeli item berharga dalam game, berlangganan, atau membeli versi full version suatu aplikasi atau game.

Tapi dengan MOD APK, semuanya bisa dinikmati secara gratis. Kamu tinggal menginstal dan menggunakan aplikasi atau memainkan game yang kamu mau.

2. Tidak Ada Iklan

Karena menambatkan fitur premium di dalam aplikasi dan game, tentu saja tidak akan ada iklan yang berseliweran di dalamnya. Banyak pemain yang lebih memilih mengunduh game MOD APK dibanding game original gratis karena faktor iklan ini.

3. Antarmuka Lebih Bersih

Aplikasi dan game yang dimodifikasi punya antarmuka lebih minimalis. Tidak ada iklan penawaran versi premium, tidak ada iklan dari sponsor aplikasi atau game, tidak ada deskripsi fitur dan item yang terkunci (locked), dan lainnya.

Kekurangan File MOD APK

Kekurangan MOD APK
Sumber foto: Kekurangan File MOD APK

Bisa dibilang, kekurangan file-file MOD aplikasi lebih banyak dibandingkan kelebihannya. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan aplikasi dan game modifikasi ini tidak akan langsung terjadi, tapi biasanya setelah penggunaan APK yang cukup lama.

Apa saja kekurangan file MOD APK? Berikut daftarnya.

  1. Tidak adanya jaminan kemanan
  2. Sulit mencari aplikasi versi terbaru
  3. Tidak bisa di-update lewat Google Play Store
  4. Cenderung berukuran besar
  5. Mudah error dan mengalami crash
  6. Banyak bugs
  7. Berpotensi terkena virus dan malware

Risiko Menggunakan Aplikasi atau Game MOD APK

Meskipun aplikasi MOD menguntungkan, tetap ada risiko yang bisa dialami kalau kamu menggunakan aplikasi ini dalam jangka waktu tertentu. Apa saja risiko tersebut? Berikut rinciannya.

  • Kerusakan Sistem: Ini masih berkaitan dengan efek dari virus atau malware, geng. Selain kehilangan data penting, HP kamu juga bisa rusak karena kinerja prosesor yang jadi nggak stabil.

  • Banned Permanen: Kalau Google sampai mendeteksi adanya aplikasi ilegal di HP kamu, tentu Google akan langsung memberlakukan banned pada sistemmu. Jadi susah akses aplikasi Google lainnya, deh!

  • Pencurian Data: Karena bukan aplikasi resmi, aplikasi ini mungkin saja merupakan bentuk penipuan yang tujuannya meretas dan mencuri data-data pribadi milikmu.

  • Merugikan Developer: Developer resmi nggak hanya kehilangan pendapatan dari hadirnya aplikasi MOD ini, tapi juga kehilangan trust dari pengguna lainnya yang lebih memilih menggunakan aplikasi gratisan.

Akhir Kata

Bagaimana? Apakah ulasan Jaka mampu menjawab pertanyaan "apa itu MOD" dari kamu? Jaka sudah mengulas soal MOD APK sedetil dan serinci mungkin melalui artikel di atas.

Memang, sih, MOD APK bisa memberikan fitur premium gratis. Tapi, aplikasinya berpotensi mengandung virus, malware, banyak error, sering crash, bahkan keamanannya nggak terjamin. Rasanya, nggak sebanding dengan kelebihannya.

Makanya, Jaka sarankan kamu untuk menggunakan file dengan lisensi orisinil, baik itu aplikasi atau game. Banyak, kok, aplikasi dan game gratis yang bisa kamu nikmati. Selamat mencoba!

Baca juga artikel Tips, Tech Hack, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal