J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Apa Itu Memex? Bisa Bikin Google Bangkrut? Inilah Penjelasan Sebenarnya!

              Apa Itu Memex? Bisa Bikin Google Bangkrut? Inilah Penjelasan Sebenarnya!

              00
              Sabtu, 27 Jul 2019, 12:00 WIB
              Meskipun namanya terkesan jorok, sebenarnya proyek Memex itu sangat berguna dan bisa mengalahkan Google loh, geng!

              Jika ditanya apa mesin pencari terbaik saat ini, pasti mayoritas dari kamu akan menjawab Google. Sepertinya akan jarang orang akan menjawab Bing atau Yahoo!

              Berdasarkan laporan dari netmarketshare, Google mendominasi dengan angka 73%. Di belakangnya menyusul Bing dengan angka 7.91%.

              Tapi, apakah kamu tahu ada mesin pencari yang sebenarnya jauh lebih baik dari Google sehingga bisa mengancam hegemoni Google?

              Apa Itu Memex?

              Apa Itu Memex 1 1bd3f
              Sumber foto: Nasdaq

              Mesin pencari tersebut adalah Memex, yang berasal dari memory extender atau memory and index.

              (Iya, memang kalau di sini nama tersebut terkesan jorok, tapi orang sana enggak tahu hal tersebut)

              Memex merupakan mesin pencari yang mengkhususkan diri di ranah Dark Web. Memex sendiri dikembangkan oleh Defence Advanced Research Project Agency (DARPA).

              Memex diluncurkan pada bulan September tahun 2014. Memex berusaha untuk menciptakan metode baru agar pengguna mampu berinteraksi dan berbagi informasi dengan lebih baik.

              Salah satu alasan proyek ini dikembangkan adalah karena mesin pencari yang berhasil secara komersial seperti Google tidak cocok untuk digunakan pemerintah.

              Memex mampu mencari lebih dalam sehingga diharapkan mampu memecahkan permasalahan seperti perdagangan manusia, prostitusi online, dan bentuk kejahatan lainnya.

              Fitur-Fitur Memex

              Tentu saja Memex memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan kita mengoperasikannya. Beberapa contohnya akan Jaka sebutkan di bawah ini:

              • Memex Exploler: Merupakan sebuah plugggable framework untuk perayapan domain spesifik, pencarian, hingga antarmuka terpadu

              • ImageCat: Menganalisis gambar dan mengekstrasi metadata EXIF dan teks yang terdapat pada gambar melalui OCR

              • LegisGATE: Aplikasi untuk menjalankan General Architecture Text Engineering

              • FacetSpace: Fitur yang memungkinkan penyelidikan terhadap set data besar berdasarkan ekstraksi dan manipulasi aspek yang relevan

              • ImageSpace: Menyediakan kemampuan untuk menganalisis dan mencari melalui sejumlah besar gambar berdasarkan metadata teks OCR atau unggahan gambar

              Kelebihan Memex

              Apa Itu Memex 2 E3b81
              Sumber foto: Search Engine Journal

              Secara kemampuan, Memex berada di atas Google. Sangat jauh malah. Alasannya, Memex mampu mencari jauh lebih dalam dibandingkan Google.

              Analoginya, hasil pencarian yang ditampilkan Google ibarat hanya pucuk gunung es yang mengambang di lautan. Memex mampu menampilkan es yang tersembunyi di dalamnya lautan.

              Kemampuan Memex yang mampu menampilkan apa yang tidak bisa ditampilkan oleh Google bisa membuatnya untuk mencari Dark Web yang selama ini nampak misterius.

              Salah satu alasan mengapa Google tidak bisa mengakses Dark Web adalah karena risiko untuk memasukinya sangat tinggi, geng. Tentu Google tidak ingin membahayakan penggunanya.

              Biasanya, situs Dark Web dilengkapi dengan keamanan atau protokol yang canggih agar tidak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya. Memex memiliki kemampuan untuk menerobos itu semua.

              Bahkan, Memex mampu menampilkan hasil pencarian di situs rahasia yang berekstensi .onion. Melalui jaringan itulah para hacker biasanya berkomunikasi dengan bebas.

              Nah, karena kehebatannya tersebut muncul teori konspirasi. Bagaimana jika Memex digunakan oleh Amerika Serikat untuk mendapatkan informasi rahasia dari negara lain?

              Bisa jadi negara adidaya tersebut memanfaatkan informasi rahasia itu untuk memperkuat teknologi militer yang dimiliki!

              Cara Kerja Memex

              Apa Itu Memex 3 4f990
              Sumber foto: HackRead

              Tentu saja dengan kemampuannya yang super canggih, cara kerja Memex tidak sesederhana Google ataupun mesin pencari mainstream lainnya.

              Kita ambil contoh Google. Google melakukan pencarian secara linier dengan menggunakan algoritma. Lantas, ia akan menampilkan situs-situs yang dianggap paling relevan.

              Di sisi lain, Memex akan melakukan indexing ke semua web yang ada tanpa ada satupun yang dilewati. Bahkan, iklan yang ada di internet juga akan ditelusuri.

              Yang lebih canggih lagi, hasil pencarian yang dilakukan Memex dapat muncul dalam bentuk infografis. Setahu Jaka, Google belum memiliki kemampuan ini.

              Dengan menampilkan hasil pencarian dalam bentuk infografis, tentu pihak kepolisian atau siapapun yang menggunakan Memex bisa lebih mudah melakukan analisa data.

              Bagaimana Memex Membantu Manusia

              Apa Itu Memex 4 B8240
              Sumber foto: WJCT NEWS

              Memex telah beberapa kali menjadi andalan dalam beberapa kasus yang pernah atau akan terjadi. Beberapa di antaranya adalah:

              • Membongkar kasus perdagangan manusia dengan mengumpulkan data dan informasi di sekitar korban perdagangan manusia dengan teknik geospatial informatic.

              • Mengelola foto-foto teroris potensial dan menemukan lokasinya dengan teknik pengenalan wajah.

              • Mengumpulkan dan menganalisis data dari makalah penelitian untuk menciptakan shared knowledge tentang suatu masalah.

              • Mencari dokumen pengadilan yang dibutuhkan seperti pada kasus perdagangan manusia.

              • Melacak kejahatan lain seperti penjualan senjata ilegal, prostitusi, pencurian data, pembunuhan, penipuan, dan lain sebagainya.

              Akhir Kata

              Jadi itulah beberapa informasi mengenai mesin pencari Memex yang namanya sedikit rancu untuk disebutkan di Indonesia.

              Apakah Memex bisa mengalahkan Google dengan kemampuannya? Jaka rasa sih enggak ya, geng. Untuk keperluan komersial atau sehari-hari, Google sudah lebih dari cukup.

              Pasar Memex berbeda dengan Google, sehingga sampai kapan pun Memex tidak akan bisa membuat Google bangkrut karena penggunanya pindah.

              Baca juga artikel seputar Mesin Pencari atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal