Apa itu Linkedin? Kupas Tuntas Kelebihan dan Kekurangan Linkedin

Default

Sebagai pencari kerja, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan LinkedIn, bukan? LinkedIn adalah salah satu platform andalan para pencari kerja untuk menemukan tempat terbaik demi perkembangan karirnya.

Sebenarnya apa itu LinkedIn dan fungsinya? Apa kelebihan dan kekurangan LinkedIn sehingga platform ini wajib untuk dimiliki semua orang yang sedang bekerja?

Di sini Jaka akan bahas semuanya. Yuk, kita sama-sama kenalan dengan platform yang satu ini!

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn adalah jaringan profesional berbasis microblogging terbesar di dunia. Platform ini adalah tempat yang tepat untuk menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional sekaligus mengasah keterampilan untuk memajukan karier mereka.

Platform pada tanggal tanggal 5 Mei 2003 oleh Red Hoffman dan kawan-kawannya, LinkedIn sudah memiliki 740 juta pengguna di seluruh dunia per Februari 2021.

Pada dasarnya LinkedIn mirip seperti Facebook, tapi lebih berorientasi untuk membangun hubungan profesional dan bisnis, alih-alih hubungan pertemanan yang biasa digunakan untuk berbagi hal-hal pribadi tentang kehidupan sehari-hari seperti media sosial lainnya.

Jika ditanya apa yang paling membuat LinkedIn spesial dibandingkan dengan situs jaringan profesional lainnya, jawabannya mungkin terletak pada konsepnya untuk mempertemukan si pencari kerja dan si pencari pegawai dalam satu wadah media sosial.

Di sini kita bisa memamerkan sederet prestasi dan kemampuan kita dengan sangat mudah. Tak perlu lagi ribet mencari format CV yang bagus, kita hanya tinggal mengisi dengan teliti profil kita karena profil LinkedIn adalah CV sekaligus portofolio kita.

LinkedIn menawarkan keanggotaan gratis bagi siapa saja yang ingin membuat dan memelihara profil profesional secara online. Namun, mereka juga menawarkan fitur LinkedIn Premium yang berbayar agar para pencari kerja dan tim rekrutmen bisa dengan bebas memanfaatkan semua fitur yang ada.

Berkat LinkedIn, banyak orang berhasil memamerkan kemampuan mereka dan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Setelah mempelajari apa itu LinkedIn, apakah kamu jadi tertarik untuk menggunakannya? Jaka sudah menyediakan link download LinkedIn di sini!

Detail LinkedIn
Versi 2.0
Ukuran 12,11MB
OS 5.0 dan yang lebih tinggi
Download 500.000.000+
Rating 4,4 (Google Play)

Download LinkedIn di sini!

Atau akses situs resminya di linkedin.com!

Kelebihan dan Kekurangan LinkedIn

Sebenarnya apa kekurangan dan kelebihan LinkedIn sehingga jaringan profesional ini sangat digemari oleh jutaan orang? Nah, kali ini Jaka akan membahas apa itu LinkedIn, baik itu kelebihan dan kekurangannya, secara mendalam. Check this out!

Kelebihan Linkedin

1. Sebagai media mengasah kemampuan

LinkedIn adalah tempat dimana kita bisa bertemu dengan puluhan bahkan ribuan orang profesional yang terdepan di bidangnya.

Pengguna dapat mengirim pertemanan atau mengikuti influencer di LinkedIn untuk mendapatkan insight dan ilmu baru tentang dari mereka sekaligus membangun jaringan pertemanan di dunia pekerjaan.

Selain itu, LinkedIn juga memiliki fitur kursus yang dinamakan LinkedIn Learning. LinkedIn Learning memiliki lebih dari 16 ribu kursus yang tersedia dalam berbagai bahasa dari para pakar industri dan profesional ternama.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang bisa dipelajari melalui LinkedIn Learning, baca artikel Jaka berikut ini!

Mengenal Linkedin Learning Kursus Online Terbaik Untuk Profesional 3ef34
Mengenal LinkedIn Learning, Kursus Online Terbaik Untuk Profesional
Pengen mengembangkan skill agar karirmu lebih baik? Yuk, simak penjelasan Jaka mengenai LinkedIn Learning, kursus online khusus profesional terbaik
LIHAT ARTIKEL

2. Melamar pekerjaan dengan mudah dan cepat

Di ini kita dapat menjelajah ke profil perusahaan atau HRD untuk mengetahui info-info terbaru tentang lowongan pekerjaan. Lowongan yang dikabarkan di LinkedIn juga beragam, dari mulai hanya magang, pekerjaan sampingan, hingga pekerjaan dari daerah dan luar negeri.

Tak sedikit juga perusahaan yang membagikan lowongan yang hanya ada khusus di platform ini dan memberikan akses mudah melamar hanya dengan berbekal profil LinkedIn.

Tak hanya kamu yang mencari pekerjaan, tim rekrutmen yang mencari-cari calon pegawai. Bukan tidak mungkin mereka yang akan menghubungimu untuk diberikan tawaran pekerjaan baru. Wah, jadi lebih mudah ya melamar dengan LinkedIn?

3. Memperluas jaringan pertemanan secara profesional

LinkedIn adalah wadah untuk menyatukan semua orang dari beragam latar belakang. Dari mulai mahasiswa, lulusan yang sedang mencari kerja, freelancer, pemilik usaha kecil, CEO perusahaan besar, hingga tim rekrutmen dapat kamu temukan di sini.

Berkat LinkedIn, kamu akan menemui orang dari berbagai bidang yang mungkin tidak bisa kamu temui jika hanya memiliki kenalan di perusahaan tempatmu bekerja.

LinkedIn juga memberikan rekomendasi koneksi berdasarkan latar belakangmu. Bukan tidak mungkin kamu bisa menemukan teman kecil atau sahabat yang sudah lama tidak bersua melalui platform ini.

4. Mendapatkan rekomendasi dari teman

Memiliki orang dalam yang bisa merekomendasikanmu di perusahaan yang dilamar adalah salah satu kunci kesuksesan dalam usaha mendapatkan pekerjaan.

Di LinkedIn, pengguna dapat mengetahui siapa saja koneksi kita yang sedang pekerjaan atau pernah bekerja di perusahaan yang sedang kita lamar. Jika koneksimu merekomendasikanmu, lamaranmu makin dilirik HRD.

Kekurangan LinkedIn

1. Masih terdapat beberapa lowongan fiktif yang beredar

Tidak seperti media sosial lain atau website lowongan kerja yang memberikan tanda verified untuk akun-akun dari perusahaan yang terpecaya, LinkedIn belum sampai ke tahap itu.

Itu sebabnya terkadang ada beberapa lowongan dari perusahaan fiktif atau lowongan palsu yang mengatas namakan perusahaan besar.

2. Kita harus membayar untuk menggunaan semua fitur

Pengguna memang bisa menggunakan LinkedIn secara gratis, tapi interaksinya terbatas. Langganan berbayar seperti produk pemasaran, perekrutan, penjualan, dan pembelajaran tentunya tidak bisa dinikmati oleh anggota biasa.

Tak hanya itu, pengguna yang menggunakan LinkedIn secara gratis hanya bisa berkirim InMail kepada koneksi yang sudah terhubung. Jika ada orang yang ingin menyembunyikan profilnya dan melihat profil kita, kita juga tidak akan tahu siapa mereka selama belum berlangganan LinkedIn Premium.

3. Profilnya monoton

Semua fitur dan pertanyaan profil yang ada di LinkedIn sama. Meskipun di satu sisi ini membantu kita untuk memperbaiki format CV dan portofolio, ini juga menyebabkan profil kita akan tampak mirip dengan profil orang lain.

Itu sebabnya pengguna LinkedIn membutuhkan waktu dan kreatifitas ekstra untuk membuat profilnya jauh lebih menarik di mata tim rekrutmen.

Cara Membuat Profil LinkedIn yang Menarik

Jika biasanya kamu harus menggunakan aplikasi pembuat CV agar lamaranmu dilirik pekerja, berkat LinkedIn sekarang kamu hanya perlu memperbaiki profil LinkedIn supaya menarik perhatian tim rekrutmen.

Seperti apa profil LinkedIn yang menarik dan bagaimana cara memaksimalkan semua fitur di LinkedIn untuk mencari kerja? Baca artikel Jaka di sini, ya!

7 Cara Untuk Membuat Profil Linkedin Kamu Terlihat Menarik Dan Profesional
7 Cara Untuk Membuat Profil Linkedin Kamu Terlihat Menarik Dan Profesional
tips untuk membuat profil LinkedIn kamu terlihat menarik dan profesional agar dilirik banyak perusahaan. Kenapa begitu penting? Pasalnya, kesan yang dibangun oleh seorang profesional di dunia online sama pentingnya dengan kesan di dunia nya
LIHAT ARTIKEL

Cara Membuat Akun LinkedIn Premium Linkedin

Apakah kamu kurang puas dengan batasan yang ada di LinkedIn versi gratis? Nah, kamu bisa meng-upgrade LinkedIn-mu menjadi versi premium!

Sebelumnya Jaka sudah pernah membahas tentang apa itu LinkedIn Premium dan bagaimana caranya upgrade-nya, loh. Kamu dapat membaca semuanya di sini!

Cara Membuat Akun Linkedin Premium E2c71
Mau Bikin Akun LinkedIn Jadi Premium? Ini Caranya, Dijamin Gratis!
Bagi kamu pecinta gratisan, ternyata ada lho cara untuk membuat akun LinkedIn kamu jadi premium. Loh, emang bisa? Ini nih caranya!
LIHAT ARTIKEL

Apa Arti Koneksi 1st, 2nd, dan 3rd di LinkedIn?

Jika kamu masih baru dalam dunia LinkedIn, pasti kamu bertanya-tanya apa artinya tanda 1st, 2nd, dan 3rd di bagian samping profil orang lain. Nah, Koneksi di LinkedIn dibagi dalam 3 degree, yaitu 1st degree, 2nd degree, dan 3rd degree.

Koneksi 1st degree berarti mereka adalah pengguna LinkedIn yang telah mengirim atau menerima undangan untuk terhubung denganmu. Mereka adalah orang-orang yang bisa bertukar pesan pribadi dengan InMail kepadamu.

Koneksi 2nd degree berarti mereka adalah pengguna LinkedIn yang memiliki koneksi yang sama dengan kamu.

Sementara koneksi 3rd degree adalah pengguna LinkedIn yang tidak memiliki koneksi yang sama dengan kamu, tapi memiliki koneksi 2nd degree yang sama.

Untuk memperluas jaringan koneksimu, tidak ada salahnya mengirimkan undangan koneksi kepada koneksi 2nd degree dan 3rd degree lainnya. Terutama jika mereka adalah HRD dari perusahaan.

Namun, kamu harus tetap hati-hati. Salah satu kelebihan dan kekurangan LinkedIn adalah kemampuan mereka untuk merekomendasikan koneksi kepada perusahaan tempatnya melamar.

Jika koneksi mutual kalian merekomendasikanmu kepada HRD perusahaan yang kamu lamar, maka semuanya baik-baik saja.

Namun, jika mereka tidak memberikan review yang baik atas kinerjamu, HRD yang mempercayai penilaian koneksimu ini akan menghambatmu saat sedang mencari pekerjaan.

Itu sebabnya, pilih dengan baik koneksi di LinkedIn, ya!

Akhir Kata

Nah, itu juga penjelasan Jaka tentang apa itu LinkedIn beserta kekurangan dan kelebihannya. Semoga ini bisa menjadi sarana bagi kamu yang sedang mencari kerja ya, geng. Semangat!

Baca juga artikel tentang Tech Hack dari Indah Permata Sari

ARTIKEL TERKAIT
Cara Upload Cv Di Linkedin Banner F710f
3 Cara Upload CV di LinkedIn, Gampang!
7 Cara Untuk Membuat Profil Linkedin Kamu Terlihat Menarik Dan Profesional
7 Cara Untuk Membuat Profil Linkedin Kamu Terlihat Menarik dan Profesional
Aplikasi Membuat Cv Terbaik 7f5f5
10 Aplikasi Pembuat CV Terbaik 2021 di Android & iOS | Bikin Langsung di HP!
Mengenal Linkedin Learning Kursus Online Terbaik Untuk Profesional 3ef34
Mengenal LinkedIn Learning, Kursus Online Terbaik untuk Profesional
Tags Terkait: linkedinkerja
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal