J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Miris! Kantor Kyoto Animation Dibakar, Padahal Punya 9 Anime Sebagus Ini!

Jumat, 19 Jul 2019, 19:30 WIB
Kyoto Animation sedang mengalami musibah karena kantornya dibakar. Padahal, ada banyak anime bagus yang telah diproduksi oleh mereka!

Kabar duka datang dari studio anime terkenal, Kyoto Animation (KyoAni). Kantor mereka dibakar oleh seorang pria tak dikenal berusia 41 tahun.

Salah seorang saksi melihat bahwa pelaku sempat berteriak bahwa dirinya merupakan korban plagiat.

Aksi ini bisa dibilang merupakan aksi pembunuhan massal terparah selama 18 tahun terakhir di Jepang.

Hal ini membuat KyoAni mendapatkan simpati dari seluruh dunia karena selama ini perusahaan tersebut sudah membuat banyak anime yang bagus.

9 Anime Terbaik Kyoto Animation

KyoAni didirikan pada tahun 1981 dan telah membuat banyak sekali serial anime yang terkenal. Mereka dipuji karena kualitas anime yang dihasilkan sangat memuaskan para penggemar anime.

KyoAni juga sangat jarang membuat anime yang kontroversial seperti memuat banyak adegan kekerasan dan berbau seksual.

Selain dari kualitas kontennya, studio ini juga dianggap sebagai salah satu patokan harus seperti apa sebuah industri anime, baik dari kesejahteraan karyawan maupun kebijakan perusahaan.

Kali ini, Jaka mau membahas beberapa anime terbaik yang pernah diproduksi oleh KyoAni.

1. Koe no Katachi (A Silent Voice)

Anime Kyoto Animation 1 72ae9
Sumber foto: Cultured Vultures

Anime pertama yang ada di daftar ini adalah Koe no Katachi atau A Silent Voice yang diangkat dari sebuah manga. Anime movie yang satu ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

Anime ini memiliki cerita yang dalam, membuat kita akan merasakan apa yang dirasakan oleh karakter dari anime ini. Apalagi, topik yang diangkat adalah depresi, kasus bully, hingga bunuh diri.

Kita akan melihat seorang anak laki-laki bernama Shouya yang terkenal nakal. Ia melakukan pem-bully-an kepada anak pindahan yang mengalami gangguan pendengaran, Shouko.

Karena tidak tahan, Shouko memutuskan untuk pindah sekolah dan Shouya menjadi penyendiri karena dirinya disalahkan atas kepindahan tersebut.

Ketika mereka beranjak SMA, Shouya mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya di masa lalu. Bagaimana kisah mereka selanjutnya?

Detail Keterangan
Rating 9.02 (443.522)
Durasi 2 jam 10 menit
Tanggal Rilis 17 September 2016
Genre Drama, School, Shounen

2. Clannad

Anime Kyoto Animation 2 A931d
Sumber foto: Honey's Anime

Clannad merupakan salah satu anime terbaik yang pernah dibuat oleh Kyoto Animation. Mungkin sebagian adegannya membingungkan, namun ternyata semua saling terjalin dengan halus.

Tomoya merupakan seorang berandalan yang memiliki masalah dengan ayahnya. Suatu ketika, ia bertemu dengan Nagisa yang penyendiri.

Nagisa yang terpaksa tinggal kelas karena sakit ingin menghidupkan kembali klub drama. Tomoya memutuskan untuk membantu Nagisa untuk mengumpulkan anggota.

Semenjak itu, kisah mereka berdua mulai terjalin. Pada sekuelnya, Clannad: After Story, hubungan kedua pasangan ini berlanjut ke pelaminan.

Tomoya dan Nagisa dianggap sebagai salah satu pasangan anime terbaik sepanjang masa.

Detail Keterangan
Rating S1: 8.18 (469.422)

S2: 8.99 (406.898)
Jumlah Episode S1: 23 episode

S2: 24 episode
Tanggal Rilis S1: 5 Oktober 2007

S2: 3 Oktober 2008
Genre Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life, Supernatural

3. Violet Evergarden

Anime Kyoto Animation 3 883bc
Sumber foto: What's on Netflix

Selanjutnya ada Violet Evergarden yang bercerita tentang seorang perempuan bernama Violet. Ia merupakan seorang prajurit dan telah dilatih sejak kecil untuk menjadi alat tempur.

Suatu ketika, ia hampir terbunuh dalam pertempuran hingga lengannya diganti dengan lengan mekanik. Violet yang selama ini menjadi mesin pembunuh mulai mengerti apa itu perasaan manusia.

Anime ini dianggap sebagai salah satu masterpiece yang pernah dibuat oleh Kyoto Animation.

Detail gambarnya sangat tajam hingga tiap helai rambut Violet nampaknya dianimasikan secara terpisah.

Belum lagi kita akan menyaksikan perkembangan karakter Violet yang merenungi apa saja yang telah ia lakukan selama ini, termasuk berapa orang yang telah tewas di tangannya.

Kamu bisa menyaksikan anime Violet Evergarden melalui Netflix, geng. Jaka sudah pernah membahas cara menonton Netflix di artikel sebelumnya.

Detail Keterangan
Rating 8.62 (239.994)
Jumlah Episode 13
Tanggal Rilis 11 Januari 2018
Genre Fantasy, Drama, Slice of Life

Anime KyoAni Lainnya . . .

4. Nichijou

Anime Kyoto Animation 4 60023
Sumber foto: Know Your Meme

Kalau kamu menyukai anime yang sederhana, Nichijou bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Anime komedi yang satu ini bercerita tentang sekelompok teman masa kecil yang satu sekolah.

Mungkin jika dibandingkan dengan anime lain yang diproduksi oleh Kyoto Animation, Nichijou terlihat aneh. Akan tetapi, hal tersebut selaras dengan kesederhanaan ceritanya.

Banyak episode yang menarik dan menghibur kita. Kelakukan Mio, Yuuko, Mai dan Hakase akan membuat kita tersenyum kecil.

Oh iya, di salah satu episode ada adegan di mana karakternya berbicara dalam bahasa Indonesia, loh!

Detail Keterangan
Rating 8.51 (180.000)
Jumlah Episode 26 episode
Tanggal Rilis 3 April 2011
Genre Slice of Life, Comedy, School, Shounen

5. Hibike! Euphonium

Anime Kyoto Animation 5 67519
Sumber foto: Goboiano

Kalau kamu suka dengan anime yang bertemakan musik, kamu bisa menonton anime Hibike! Euphonium yang satu ini.

Kyoto Animation berhasil mengemas musik dalam anime ini menjadi sangat indah. Detail yang dimiliki juga luar biasa, mulai dari tarikan napas hingga petikan alat musik.

Ceritanya berpusat pada karakter utama Kumiko Oumae, seorang pemain euphonium yang bergabung dengan kelompok musik di SMA barunya.

Detail Keterangan
Rating S1: 8.02 (109.073)

S2: 8.29 (59.287)
Jumlah Episode S1: 13 episode

S2: 13 episode
Tanggal Rilis S1: 8 April 2015

S2: 6 Oktober 2016
Genre Music, School, Drama

6. K-On!

Anime Kyoto Animation 6 48fee
Sumber foto: K-ON! Wiki - Fandom

Kalau kamu ingin mencari anime santai selain Nichijou, kamu bisa menonton anime K-On! yang satu ini, geng! Anime ini berpusat kepada lima siswi yang bergabung ke dalam klub musik ringan.

Yui Hirasawa awalnya sama sekali tidak bisa bermain musik. Akan tetapi, semenjak bertemu dengan Mio, Ritsu, dan Mugi, Yui berhasil menguasai gitar dan menjadi penyanyi utama.

Lantas, ketika mereka berdua naik kelas, Azusa Nakano bergabung ke dalam klub. Semenjak itu, mereka pun semakin rajin latihan. Bisa dibilang, anime ini sama sekali tidak memiliki klimaks.

Secara kualitas gambar, mungkin anime ini terlihat di bawah standar Kyoto Animation. Hanya saja, sama seperti Nichijou, hal tersebut mendukung kesederhanaan anime ini.

Detail Keterangan
Rating S1: 7.86 (316.061)

S2: 8.15 (201.925)
Jumlah Episode S1: 13 episode

S2: 26 episode
Tanggal Rilis S1: 3 April 2009

S2: 7 April 2010
Genre Slice of Life, Comedy, Music, School

7. Suzumiya Haruhi no Yuuutsu

Anime Kyoto Animation 7 415e6
Sumber foto: Amino Apps

Haruhi Suzumiya merupakan seorang gadis yang senang berburu alien, esper, hingga penjelajah waktu. Untuk itu, ia membuat klub yang berkaitan dengan kegemarannya tersebut.

Ia pun mengajak beberapa orang yang sebenarnya merupakan apa yang sedang Haruhi cari. Bahkan, Haruhi pun sebenarnya bukan manusia biasa!

Kreativitas cerita merupakan salah satu elemen kunci yang membuat anime ini sukses. Penggambaran ekspresi yang dimiliki tiap karakter benar-benar merupakan karya emas animatornya.

Detail Keterangan
Rating S1: 7.96 (333.424)

S2: 7.26 (202.184)
Jumlah Episode S1: 14 episode

S2: 14 episode
Tanggal Rilis S1: 3 April 2006

S2: 22 Mei 2009
Genre Comedy, Mystery, Parody, School, Sci-Fi, Slice of Life

8. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Anime Kyoto Animation 8 D5a69
Sumber foto: Vodkaster

Chuunibyou atau sindrom tahun kedua merupakan alur utama dari anime Chuunibyou demo Koi ga Shitai yang satu ini.

Sindrom ini membuat penderitanya merasa memiliki kekuatan super dan mencampuradukkan dunia nyata dengan dunia fantasi yang ada di alam pikirannya.

Yuuta Togashi merupakan mantan penderita sindrom tersebut dan berusaha untuk memulai hidup baru di SMA. Lantas, ia bertemu dengan Rikka Takanashi yang juga penderita chuunibyou.

Daya tarik dari anime ini adalah karakter Rika yang menggemaskan dan unik. Ia hidup di dunianya sendiri dan memiliki kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan normal.

Awal pertemuannya dengan Yuuta menjadi titik balik kehidupannya, ketika mereka berdua saling jatuh cinta. Anime ini merupakan salah satu anime comedy romance yang Jaka rekomendasikan untuk kamu.

Detail Keterangan
Rating S1: 7.86 (378.028)

S2: 7.60 (210.071)
Jumlah Episode S1: 12 episode

S2: 12 episode
Tanggal Rilis S1: 4 Oktober 2012

S2: 9 Januari 2014
Genre Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School

9. Kyoukai no Kanata

Anime Kyoto Animation 9 Fb4b2
Sumber foto: TVOvermind

Terakhir ada Kyoukai no Kanata. Kyoto Animation berusaha untuk menggabungkan fantasi, aksi, slice of life, dan bumbu romantis pada anime ini.

Akihito Kanbara merupakan seorang gadis langka yang merupakan setengah youmu, makhluk aneh yang berkeliaran di dunia manusia. Meskipun begitu, ia berusaha untuk menjalani hidup dengan normal.

Suatu ketika, ia ditusuk oleh teman sekelasnya, Mirai. Mirai percaya bahwa makhluk youmu harus dimusnahkan. Hanya saja, Akihito tidak mati karena dirinya adalah makhluk abadi.

Kegagalan demi kegagalan yang dialami oleh Mirai justru membuat Akihito mengajaknya bergabung dengan klub sastra. Kira-kira bagaimana kelanjutan kisah mereka, geng?

Detail Keterangan
Rating 7.86 (303.221)
Jumlah Episode 12
Tanggal Rilis 3 Oktober 2013
Genre Slice of Life, Supernatural, Fantasy

Akhir Kata

Kejadian buruk yang menimpa KyoAni memang menyedihkan. Tapi Jaka yakin, mereka akan segera bangkit dan segera membuat anime-anime terbaru untuk kita.

Beberapa orang telah melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu KyoAni. Salah satunya adalah GoFundMe campaign yang telah memperoleh ratusan ribu dolar.

Ada salah satu donatur yang mengatakan bahwa anime-anime dari KyoAni telah membantu dirinya menemukan jati diri. Yang lain berkata bahwa KyoAni sudah menjadi bagian dari masa kecilnya.

Semoga KyoAni mampu melalui masa-masa susah ini ya, geng!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Karakter Anime Paling Populer Banner 9ea82

9 Karakter Anime Paling Populer, Nomor Satu Bukan Naruto, Luffy, atau Goku!

25 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa Jadi Pengen Punya Waifu Ea9f9

25 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa, Jadi Pengen Punya Waifu!

Cats2 B1fcd

15 Anime Fantasy Terbaik Rating Tertinggi 2020 | Seru & Menghibur!

Rekomendasi Anime Buatan Indonesia Ae580

8 Rekomendasi Anime Buatan Anak Bangsa Terbaik | No. 3 Dilirik Studio Animasi Luar Negeri!

Anime Action Terbaik 67632

20 Anime Action Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Nonton!

Anime Live Action Bannerxx 7a071

10 Anime Live Action Terbaik untuk Isi Tontonan dihari Liburmu!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Anime Tertua di Dunia yang Pernah Ada, Dibuat 100 Tahun yang Lalu!

7 Anime Tertua di Dunia yang Pernah Ada, Dibuat 100 Tahun yang Lalu!

9 Studio Anime Terbaik Sepanjang Masa, Banyak Bikin Anime Legendaris!

9 Studio Anime Terbaik Sepanjang Masa, Banyak Bikin Anime Legendaris!

7 Anime Populer Terburuk yang Banyak Ditonton, Pokemon Termasuk!

7 Anime Populer Terburuk yang Banyak Ditonton, Pokemon Termasuk!

7 Anime Orisinal Netflix Terbaik yang Wajib Dionton, Nomor 6 Legend Banget!

7 Anime Orisinal Netflix Terbaik yang Wajib Dionton, Nomor 6 Legend Banget!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal