Sampe Bikin Bangkrut? 7 Anime Flop Paling Gagal di Pasaran

Proses pembuatan anime pada prinsipnya hampir sama dengan proses pembuatan film. Semua orang yang terlibat mendedikasikan waktu, tenaga, dan semua yang mereka miliki demi anime ini.

Bukan hanya para sineas yang terlibat, studio anime yang mem-backup proses pembuatan anime ini juga tidak segan-segan untuk menggelontorkan dana besar demi suksesnya proyek tersebut.

Sayangnya, tidak semua proyek ambisius ini berhasil mendapatkan apresiasi yang sepadan atas jerih payah yang mereka lakukan. Beberapa, bahkan ada yang menderita kerugian hingga jutaan dollar.

7 Anime Paling Gagal di Pasaran

Industri anime dikenal sebagai salah satu industri dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi. Banyak studio yang gulung tikar karena mereka salah langkah ketika memproduksi anime.

Nama-nama besar pun ternyata tidak luput dari blunder semacam ini. Banyak karya dari studio ternama yang menghabiskan banyak dana, tetapi tidak mendapatkan penghasilan yang sepadan.

Apa saja sih anime-anime ambisius yang pada akhirnya gagal ketika dipasarkan? Kenapa bisa sampai seperti itu? Berikut pembahasan selengkapnya.

1. My Neighbors the Yamadas (1999)

Japansociety Com 0a6db
Sumber foto: japansociety.com

Anime flop pertama datang dari salah satu studio anime paling tersohor di seluruh dunia yaitu Studio Ghibli.

Jika dilihat sekilas, anime yang satu ini memang tidak terlihat seperti buatan Ghibli karena gaya animasi yang digunakannya terkesan sangat simplistik.

Mungkin hal ini juga lah yang membuat banyak orang tidak tertarik untuk membelanjakan uang mereka demi menonton anime yang satu ini.

My Neighbors the Yamadas menghabiskan dana hingga 15.27 juta USD untuk proses produksinya, dan hanya berhasil meraup 11.9 juta USD saja ketika dirilis.

2. Harlock: Space Pirate (2013)

Amazon 910bc
Sumber foto: amazon.com

Anime fantasi yang satu ini menggunakan teknologi animasi 3 dimensi di sepanjang film, dan dari segi visual kualitas dari animasi ini sebetulnya bisa dibilang sangat baik dan realistis.

Sayangnya, visual mentereng dari anime yang satu ini tidak cukup untuk menarik perhatian banyak orang untuk menontonnya.

Salah satu celah paling kentara dari anime ini adalah alur ceritanya yang terkesan lambat berkembang, dan sulit untuk dimengerti bagi orang yang tidak familiar dengan sosok kapten Harlock.

Anime yang menghabiskan dana kira-kira 25 hingga 30 juta USD pada masa produksinya ini hanya mampu meraup penghasilan sebanyak 19 juta USD saja.

3. Steamboy (2004)

Mubi Com 4958d
Sumber foto: mubi.com

Dari segi kualitas, anime sci-fi produksi Bandai ini sebetulnya tidak bisa dibilang jelek. Dari segi cerita dan animasi Steamboy masih layak untuk ditonton.

Hanya saja, anime ini dibuat dengan bujet yang luar biasa besar untuk mendapatkan kualitas animasi yang menawan seperti yang ditampilkan di sepanjang film.

Sayangnya, investasi sebesar 26 juta USD dari Sunrise dan Bandai Visual ini hanya mampu mendatangkan penghasilan sebesar 28.9 juta USD saja ketika film ini dirilis di seluruh dunia.

4. Metropolis (2001)

Medium Com C580a
Sumber foto: medium.com

Banyak dari kamu yang mungkin kurang familiar dengan judul anime yang satu ini. Metropolis merupakan anime movie dengan setting futuristik yang dirilis tahun 2001 silam.

Anime yang satu ini dibuat oleh sineasa anime kenamaan di Jepang sana seperti Rintaro (sutradara Astro Boy) dan Katsuhiro Otomo (penulis cerita anime Akira).

Maka dari itu, nggak heran kalau Madhouse berani merogoh kocek sebesar 15 juta USD untuk anime yang satu ini. Sayangnya mereka hanya mampu mengumpulkan pendapatan kurang lebih 11 juta USD saja.

Meskipun begitu, anime yang satu ini berhasil mendapatkan beberapa penghargaan dan review yang dia dapatkan dari situs kritik film pun terbilang cukup baik.

5. Final Fantasy: The Spirits Within (2001)

Youtube 5f0db
Sumber foto: youtube.com

Siapa yang nggak kenal sama franchise video game Final Fantasy, dan ketika ada pengumuman bahwa akan ada film anime untuk franchise ini para penggemar pun menjadi sangat antusias.

Sayangnya, hal ini berubah ketika para fans mengetahui bahwa adegan aksi di film ini sangat terbatas tidak seperti yang ada di video game.

Square Enix sangat percaya diri dengan proyek anime sci-fi yang mereka buat ini dan bersedia menggelontorkan dana 137 juta USD untuk film ini.

Sayangnya, Final Fantasy: The Spirit Within ini hanya mampu mengumpulkan dana 85 juta USD saja ketika dirilis.

6. Saint Seiya: Legend of Sanctuary (2014)

Netflix 411ac
Sumber foto: netflix.com

Anime aksi memang tidak pernah sepi dari franchise yang berkualitas, dan salah satu yang paling terkenal adalah Sait Saiya.

Rangkaian anime produksi franchise ini sukses menarik perhatian para penggemar anime di Jepang maupun di seluruh dunia ketika dirilis, sayangnya hal ini tidak berlaku untuk Saint Seiya: Legend of Sanctuary.

Toei memutuskan untuk menggarap film ini dengan teknologi animasi 3 dimensi dan menghabiskan dana hingga 25 juta USD untuk mengeksekusi konsepnya ini.

Sayangnya, respon dari para penggemar franschise ini tidak begitu baik. Alahasil, anime ini hanya mampu mengumpulkan penghasilan 17.1 juta USD saja ketika dirilis.

7. The Tale of the Princess Kaguya (2013)

Imdb A450c
Sumber foto: imdb.com

Satu lagi proyek ambisius dari Studio Ghibli yang harus merasakan pahitnya kegagalan ketika dirilis yaitu The Tale of the Princess Kaguya.

Anime fantasi yang diangkat dari cerita rakyat Jepang ini dibuat dengan gaya yang sangat artistik. Hal ini membuat orang yang melihatnya menjadi sangat suka atau malah sangat benci dengan anime ini.

Proses pembuatan anime ini memerlukan dana hingga 5 miliar Yen, atau sekitar 49 juta USD, dan ketika dirilis di Jepang anime ini hanya mampu meraih penghasilan 24.5 juta USD saja.

Akhir Kata

Itu dia beberapa anime flop yang gagal mendapatkan penghasilan sesuai dengan yang diharapkan ketika dirilis.

Layaknya pernggemar karya seni, penggemar anime pun memiliki kecenderungan kesukaan yang berbeda-beda. Jadi, wajar jika tidak semua anime yang dirilis bisa merasakan kesuksesan.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa menghibur kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Anime Romantis School 5a818
10 Anime Romance School Terbaik Sepanjang Masa, Jadi Kangen Sekolah!
Untitled 7 64af5
21+ Anime Romance Comedy Terbaik Rating Tertinggi 2020, Duh Baper!
Anime Romance Rating Tinggi F5942
27 Anime Romance Rating Tinggi Terbaik & Terbaru 2021 | Penuh Cinta & Tawa!
20 Anime Action Terbaik Sepanjang Masa Dan Terbaru Di 2021 Wajib Nonton 30103 Ccb2d
20+ Anime Action Terbaik Sepanjang Masa dan Terbaru di 2021, Wajib Nonton!
Banner D4595
7 Anime Mecha Terbaik Sepanjang Masa, Keren Abis!
Cats 6fb16
Rekomendasi 10 Anime Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Banget Nonton!
Tags Terkait: movie featured
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal