5 Alasan Kamu WAJIB Gunakan Custom ROM di Android Kamu

5 June 2017

Android merupakan sistem operasi yang sebenarnya ber-label open source. Namun, kebanyakan para pengguna smartphone Android sering kali terjebak dengan yang namanya stock ROM, di mana ini menghilangkan arti dari open source itu sendiri. Oleh karena itu, hadirnya custom ROM menjawab keluhan dari keterbatasan sebuah stock ROM.

Sudah banyak custom ROM yang muncul dan populer di kalangan pengguna Android. Seperti halnya Lineage OS, Resurrection Remix, AOSPA, dan masih banyak lagi. Kali ini Jaka akan memberikan 5 alasan mengapa kamu harus gunakan custom ROM di Android kamu. Simak ulasan berikut ini.

5 alasan mengapa kamu harus gunakan custom ROM di Android

1. Performa lebih baik

performa lebih baik

Gambar: Youtube/Elmo Sabe Donde Luchas

Karena menggunakan custom ROM memerlukan akses root, di mana berarti kamu membuka jalan ke seluruh sistem yang ada di dalamnya. Dan nantinya setelah kamu menginstalnya, akan mengaktifkan fitur-fitur yang tidak diaktifkan oleh stock ROM. Selain itu. biasanya dibuat dari hasil pengembangan yang lebih baik dibanding stock ROM. Karena itu, performa pada smartphone Android kamu akan menjadi lebih baik.

2. Menghilangkan bloatware

bloatware

Gambar: Amongtech

Ini mungkin menjadi keluhan yang sering diungkapkan para pengguna smartphone, di mana bloatware atau aplikasi bawaan pada smartphone tidak dapat dihilangkan, jika kamu masih menggunakan stock ROM. Namun, jika kamu menggunakan custom ROM, hal itu dapat diabaikan. Karena ia akan menghilangkan seluruh bloatware yang tidak kamu inginkan dari smartphone Android kamu.

3. Dapat dikostumisasi secara bebas

kostumisasi

Gambar: Android Authority

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa, jika kamu memasang custom ROM, berarti juga membuka akses pada seluruh sistem yang ada. Tentu kostumisasi secara bebas dapat kamu lakukan. Menggunakan custom ROM, kamu dapat membuat smartphone kamu menjadi seperti apa yang kamu inginkan, bahkan dari segala aspek yang terdapat di dalamnya.

4. Dapat menggunakan OS terbaru

os android terbaru

Gambar: 9to5google

Mungkin kamu pernah dengar, di mana salah satu smartphone tidak lagi mendapatkan update OS dan software dari pabrik pembuatnya. Tentu ini akan menjegal kamu untuk bisa menggunakan OS Android terbaru. Tapi, dengan menggunakan custom ROM hal itu tidak perlu dikhawatirkan, karena banyaknya orang yang ikut mengembangkan custom ROM dan membuat frekuensi update menjadi lebih cepat, tentunya menggunakan OS terbaru bukanlah sebuah masalah.

5. Dapat lebih memahami sistem Android

memahami sistem android

Gambar: Android Authority

Dengan menggunakan custom ROM berarti kamu telah masuk ke dalam komunitas power user, di mana kamu juga ikut serta dalam pengembangan sebuah ROM. Banyaknya langkah-langkah dan penjelasan saat kamu menginstal sebuah ROM, hal ini akan membuat kamu lebih mengerti dan menambah wawasan tentang sistem kerja dari Android kamu.

Kemudian saat menginstal custom ROM kamu akan tahu di mana letak kelebihan dan kekurangan atau bahkan bug yang terdapat dalam ROM tersebut, yang nantinya juga berguna sebagai pengetahuan kamu dalam memahami sistem Android.

Itulah 5 alasan mengapa kamu harus gunakan custom ROM di Android kamu. Jadi, dengan menggunakan custom ROM kamu tentu tidak lagi menjadi seorang pengguna smartphone yang tinggal pakai saja, tapi juga belajar dan ikut serta dalam pengembangan sebuah software. Punya alasan lain? Share di kolom komentar ya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar