Lebih AMAN! Ini 5 Alasan Kenapa Kalian Harus Menggunakan Third Party DNS

21 April 2017

DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang bertugas menyimpan informasi terkait dengan nama host dan domain dalam bentuk database terdistribusi di dalam suatu jaringan seperti internet. DNS ini bisa dianggap seperti sebuah buku telepon yang mampu menerjemahkan alamat suatu website ke dalam alamat IP yang berupa angka dan juga sebaliknya.

Umumnya, orang akan lebih mudah mengingat alamat suatu website daripada harus mengingat alamat IP website tersebut dan di sinilah manfaat domain yang sebenarnya. Umumnya, kebanyakan dari para pengguna internet enggan mengatur server DNS yang mereka gunakan. Mereka lebih memilih menyerahkan sepenuhnya pengaturan domain pada provider yang memang akan secara otomatis mengarahkan jalur akses kalian ke server DNS provider itu sendiri.

Lebih AMAN! Ini 5 Alasan Kenapa Kalian Harus Menggunakan Third Party DNS

Untuk kalian ketahui, selain server DNS milik provider, ada berbagai server DNS pihak ketiga yang bisa dibilang menawarkan kelebihan tertentu. Kelebihannya terutama dari sisi keamanan.

Tentunya akan lebih baik dibandingkan dengan server DNS milik provider. Apa saja kelebihan dari server DNS pihak ketiga ini? Berikut ini Jaka beri tahu penjelasannya.

1. DNSSEC (Domain Name System Security Extensions)

masukkan deskripsi gambar disini

Pada dasarnya, teknologi DNS sangat rentan terhadap berbagai serangan. Misalnya spoofing dan DoS sehingga bisa menyebabkan pengguna yang terkena serangan tersebut mengalami sejumlah masalah. Sebut saja cache poisoning dan atau mencegah pengguna tidak bisa mendapatkan layanan dari server situs yang mereka kunjungi.

Namun, masalah seperti ini bisa diatasi dengan DNSSEC yang banyak digunakan oleh server DNS pihak ketiga seperti OpenDNS dan Google DNS. Teknologi DNSSEC ini dapat membut perangkat komputer kalian terhindar dari serangan-serangan para hacker karena DNSSEC ini akan menambahkan tanda tangan digital untuk setiap request yang diterima dari pengakses situs sebagai penanda bahwa layanan yang diterima oleh pengakses merupakan layanan yang berasal dari server DNS situs tujuan, bukan dari penyerang.

2. DNS Over HTTPS

masukkan deskripsi gambar disini

Selain teknologi DNSSEC, server DNS pihak ketiga seperti OpenDNS dan Google DNS juga memiliki teknologi yang disebut DNS over HTTPS. Jika kebanyakan query DNS dikirim tanpa enkripsi melalui jalur UDP dan TCP, maka teknologi DNS over HTTPS ini memungkinkan query DNS dikirim menggunakan jalur HTTPS terenkripsi. Teknologi DNS over HTTPS ini bisa mengurangi risiko kalian terkena serangan seperti spoofing dan tampering.

3. Perlindungan Dari Phishing

masukkan deskripsi gambar disini

Phishing merupakan suatu tindakan kriminal di dunia maya yang dilakukan dengan mencuri informasi penting dan rahasia seperti nama pengguna, password, informasi rekening bank dan masih banyak lagi. Phishing ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kerugian, baik itu berupa informasi pribadi maupun kerugian materi, seperti jika informasi rekening bank kalian dimanfaatkan untuk menguras isi tabungan kalian.

Untungnya, DNS pihak ketiga juga menawarkan perlindungan dari phishing, tentunya dengan kemampuan yang lebih baik, khususnya bagi kalian yang jarang melakukan update versi browser. Sementara untuk kalian yang menggunakan browser modern, meskipun browser modern yang kalian gunakan telah dilengkapi dengan fitur anti-phishing, kalian tetap bisa menggunakan DNS pihak ketiga sebagai perlindungan tambahan.

5 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah
5 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah
5 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah
Baca

4. Parental Control

masukkan deskripsi gambar disini

Beberapa server DNS pihak ketiga seperti OpenDNS juga menawarkan fitur Parental Control yang memungkinkan kalian melakukan konfigurasi akses ke situs-situs tertentu melalui website milik mereka. Kalian juga bisa melakukan blokir situs berdasarkan kategori.

Misalnya kalian ingin melakukan blokir pada situs dengan kategori konten dewasa dan kekerasan agar tidak dapat diakses oleh anak-anak, atau melakukan blokir pada situs media sosial yang sering kali mengganggu waktu anak-anak untuk belajar.

5. Akses Konten Tanpa Batasan Wilayah

masukkan deskripsi gambar disini

Untuk kalian yang sering mengakses situs-situs di wilayah lain, namun sering menemui masalah karena situs tersebut memiliki batasan wilayah akses, kalian bisa mencoba menggunakan server DNS pihak ketiga.

Misalnya, dengan mengganti server DNS kalian ke Smart DNS seperti Unlocator akan membuat kalian bisa mengakses konten-konten pada Netflix atau Hulu yang sebelumnya hanya bisa kalian akses jika kalian berada dalam batasan wilayah akses mereka. Dalam kasus ini, server DNS pihak ketiga akan melakukan semacam 'penggalian' untuk membuat penyedia layanan yang kalian akses mengira kalau kalian berada dalam batasan wilayah akses mereka dan akhirnya kalian akan mendapatkan akses ke konten yang disediakan.

Itulah tadi 5 alasan kenapa kalian harus mulai menggunakan DNS pihak ketiga, semoga bermanfaat. Pesan Jaka kali ini adalah ada baiknya kalian menggunakan DNS pihak ketiga seperti OpenDNS dan Google DNS karena DNS pihak ketiga umumnya menawarkan fitur keamanan dan kemampuan akses situs yang lebih baik. Akhir kata, sampai jumpa dan jangan lupa tinggalkan komentar serta share ke teman-teman kalian ya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar