J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ini Alasan Jangan Beli Smartphone dengan Kamera Megapixel Tinggi

Ini Alasan Jangan Beli Smartphone dengan Kamera Megapixel Tinggi

Jumat, 2 Feb 2018, 19:00 WIB
Ingin membeli HP dengan kualitas kamera yang bagus? Jangan mau diiming-imingi dengan megapixel yang besar! Baca ini dulu ya guys agar dapat pencerahan.

Setiap tahunnya kamera pada smartphone semakin bagus dan membaik. Setiap ada smartphone baru, pasti para penjual HP langsung menggembor-gemborkan masalah seberapa besar megapixel pada kamera smartphone tersebut.

Lalu, apakah besaran megapixel itu berpengaruh pada performa pada kamera? Apakah dengan mempunyai kamera dengan ukuran megapixel yang semakin besar akan mendapatkan kualitas foto yang lebih baik, atau cuma akal-akalan para pedagang saja?

BACA JUGA
  • Cara Mengubah Kamera Android Jadi Kamera Analog Biar Makin Hits!
  • 20 Aplikasi Kamera Terbaik Android 2020 | Foto Tambah Kece!
  • Dual Kamera Cupu, Smartphone Ini Bakal Pakai 5 Kamera! Apa Kelebihannya?

Apakah Ukuran Megapixel pada Kamera Itu Penting?

Sebenernya ukuran megapixel pada sebuah kamera jugalah penting. Karena, semakin besar megapixel yang dimiliki sebuah kamera, akan membuat resolusi pada sebuah gambar yang dihasilkanpun semakin baik.

Untuk lebih jelasnya, baca baik-baik penjelasan di bawah ini ya!

Apa yang Dimaksud dengan Megapixel?

Alasan Jangan Beli Smartphone Dengan Megapixel Tinggi

Secara harfiah, megapixel adalah gabungan dari dua kata, yaitu Mega yang berarti satuan juta, dan Pixel yang artinya titik terkecil dalam sebuah elemen gambar. Jadi dapat diartikan megapixel adalah suatu gambar digital yang dibentuk dari jutaan titik pixel.

Sudah tentu, semakin banyak titik atau pixel yang ada pada gambar, akan membuatnya semakin baik dengan resolusi yang tinggi. Jadi, megapixel bisa dikatakan sebagai patokan kerapatan sebuah gambar. Semakin besar, maka gambar yang dihasilkan akan semakin tajam.

Seberapa Banyak Megapixel yang Kita Butuhkan?

Ukuran megapixel pada kamera memang beragam, apa lagi sekarang ini makin banyak kamera HP dengan ukuran megapixel yang besar. Namun, dalam menentukan sebarapa besar megapixel yang kita butuhkan, semua kembali lagi pada kebutuhan masing-masing.

Alasan Jangan Beli Smartphone Dengan Megapixel Tinggi 1

Semakin besar ukuran megapixel yang terdapat pada sebuah kamera, sudah tentu akan mempertajam gambar yang kita hasilkan. Ini juga sangat berpengaruh jika kamu ingin mencetak sebuah foto. Inilah chart yang mungkin akan menggambarkan berapa ukuran maksimal gambar yang dicetak dengan ukuran megapixel dalam kamera:

Maksimal Ukuran Cetak Megapixel yang Dibutuhkan Resolusi
4 x 6" 2 megapixel 1600 x 1200
5 x 7" 3 megapixel 2048 x 1536
8 x 10" 5 megapixel 2048 x 1536
11 x 14" 6 megapixel 2816 x 2112
16 x 20" 8 megapixel 3264 x 2468
16 x 24" 12 megapixel 4200 x 2800
Fd9a30ea6dcdddd64462e87e6bc2a973
Hasil fotonya bagus banget!
Seiring berkembangnya teknologi, smartphone kini menjadi lebih canggih terutama di bagian kamera. Ada beberapa smartphone yang memiliki kamera sangat jernih
LIHAT ARTIKEL

Jadi, Apakah Megapixel Itu Penting?

Tentu saja megapixel itu penting untuk kamu yang sangat memperhatikan detail. Apa lagi ketajaman gambar juga akan tergantung dari seberapa besar megapixel yang dimiliki oleh sebuah kamera.

Alasan Jangan Beli Smartphone Dengan Megapixel Tinggi 2

Namun, perlu kamu ingat, ukuran megapixel pada sebuah kamera HP bukanlah patokan kualitas gambar yang dihasilkan akan bagus juga loh. Ada beberapa faktor penentu lainnya untuk mendapatkan hasil gambar yang baik ketika memotret dengan HP kamu.

Apa saja faktor lainnya itu?

1. Sensor Kamera

Sensor sebenarnya merupakan bagian inti dan terpenting dalam sebuah kamera karena di dalamnya terdapat jutaan pixel yang berfungsi untuk menangkap jumlah cahaya dan menentukan warna pada foto. Semakin besar ukuran sensornya, maka akan semakin bagus hasil fotonya.

Alasan Jangan Beli Smartphone Dengan Megapixel Tinggi 3

Selain itu, lensa kamera juga berpengaruh dalam menentukan bagus tidaknya sebuah gambar yang diambil pada kamera. Karena di dalam lensa tersebut terdapat diameter yang akan menentukan batas resolusi dan sebarapa banyak cahaya yang dapat terkumpul dalam sebuah sensor.

Semakin besar diameter lensa, semakin luas pula cahaya yang akan masuk ke dalam sensor. Namun, jika di kamera digital pada umumnya berukuran 10mm sampai 50mm, pada kamera HP biasanya ukurannya hanya berkisar 2mm saja. Namun, dengan teknologi yang ada sekarang ini, hasil gambar dari kamera smartphone juga sudah bagus-bagus kok.

2. Diafragma

Pernah enggak pas kamu cek sebuah spesifikasi HP di kolom kamera ada tulisan f/2.0 atau f/2.2 gitu? Jika pernah, itulah yang disebut dengan indikator ukuran diafragma atau bukaan pada lensa. Dengan diafragma, kamu bisa mengatur sebarapa besar cahaya yang dapat masuk ke dalam sensor kamera.

Alasan Jangan Beli Smartphone Dengan Megapixel Tinggi 4

Perlu diingat, semakin kecil angka yang terdapat pada indikator diafragma, maka semakin banyak cahaya yang dapat masuk ke sensor. Jadi, semakin kecil diafragma sebuah kamera, akan semakin baik kamera smartphone kamu dalam mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.

Selain itu, semakin kecil diafragma pada kamera, maka kamera kamu juga akan mampu mengambil foto dengan background yang blur atau yang biasa disebut dengan foto bokeh. Jadi, pilihlah kamera dengan diafragma yang kecil ya.

Apa Kata Sang Expert Tentang Permasalahan Resolusi Kamera?

Mantan perancang software kamera Apple, Nikhil Bhogal akhirnya angkat bicara mengenai megapixel pada kamera. Bhogal menilai jika kualitas pixel jauh lebih utama ketimbang jumlah pixel dalam sensor kamera.

Alasan Jangan Beli Smartphone Dengan Megapixel Tinggi 5

Hal ini karena semakin baik kualitas pixel yang bagus, akan mengurangi noise yang muncul pada foto. Kualitas pixel juga akan menghasilkan definisi warna yang lebih baik, kontras lebih baik, dan gambar yang jauh lebih tajam.

Kesimpulan

Jadi, kualitas kamera yang bagus bukan hanya dinilai dari seberapa besar megapixel yang dimiliki kamera tersebut ya guys. Ada beberapa faktor penentu lainnya, seperti sensor kamera dan besar diafragma yang dimiliki kamera tersebut. Maka dari itu, risetlah terlebih dahulu sebelum membeli agar tidak salah beli.

ARTIKEL TERKAIT
Destinasi Wisata 2018 Banner

10 Destinasi Wisata YouTuber di 2018, Harga Tiketnya Murah!

Kenapa Tidak Perlu Root Android 4

Inilah Alasan Kenapa Android Zaman Sekarang Tidak Perlu Root Lagi

Cara Mengatasi Hp Kena Air

Cara Mengatasi HP Kena Air Agar Tidak Mati Total

Cara Blokir Nomor Hp 4

Cara Blokir Nomor HP yang Mengganggu di Android

APPS TERKAIT
Camera360 Icon Small Icon
Camera360 Ultimate
Apps PINGUO Inc
Instagram Icon
Instagram 127.0.0.30.121
Apps Instagram
Photo Grid 1 07e99
Photo Grid - Collage Maker 7.39
Apps RoidApp
Adobe Photoshop Express Android
Adobe Photoshop Express 6.4.597
Apps Adobe Systems Inc
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Pentingkah Membeli Ponsel Dengan Megapixel Kamera yang Tinggi?

Pentingkah Membeli Ponsel Dengan Megapixel Kamera yang Tinggi?

Biar Gak Dibohongi Penjual, Ini 5 Tips Memilih Kamera Smartphone yang Canggih

Biar Gak Dibohongi Penjual, Ini 5 Tips Memilih Kamera Smartphone yang Canggih

Canggih! 5 Smartphone Ini Memiliki Kamera Setara Dengan DSLR

Canggih! 5 Smartphone Ini Memiliki Kamera Setara Dengan DSLR

5 Smartphone dengan Kualitas Kamera Setara DSLR, Ada Nokia!

5 Smartphone dengan Kualitas Kamera Setara DSLR, Ada Nokia!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal