J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan EA Menjadi Perusahaan Game Paling Dibenci | Serakah dan Kepala Batu!

5 Alasan EA Menjadi Perusahaan Game Paling Dibenci | Serakah dan Kepala Batu!

Kamis, 12 Sep 2019, 14:00 WIB
Dari sekian banyak perusahaan game yang dibenci oleh banyak orang, EA menempati posisi pertama. Apa, ya, alasannya?

Membicarakan game, pasti ada nama satu perusahaan game yang nyangkut di pikiran kamu. Biasanya, sih, perusahaan yang menciptakan game favorit kamu.

Namun, banyak juga perusahaan penghasil game terkenal yang nggak disukai oleh para gamer. Alasannya juga banyak, entah kualitas yang selalu menurun atau karena rakus.

Pada artikel sebelumnya, Jaka juga sempat menulis perusahaan game yang paling dibenci. EA berhasil mendapatkan posisi pertama dalam hal tersebut. Kok bisa, ya?

5 Alasan Utama Kenapa EA Menjadi Perusahaan Game Paling Dibenci

Tahun 2017 merupakan tahun terberat EA. Semua game yang mereka rilis di tahun itu mendapatkan review negatif.

Bahkan, pembelaan mereka menjadi komentar dengan downvote terbanyak di sejarah forum Reddit.

Namun, reputasi jelek tersebut bukanlah dihasilkan dari 1 atau 2 kesalahan. EA punya banyak banget dosa kepada gamer dalam 10 tahun terakhir.

Penasaran, kan, dengan alasan kenapa sebegitu bencinya para gamer terhadap perusahaan game raksasa yang satu ini? Simak terus ya, geng!

1. Microtransaction Game EA yang Gila-Gilaan

1 501f6

Apakah kamu tahu game Star Wars Battlefront II? Game tersebut merupakan game action shooter bertema Star Wars yang dirilis oleh EA pada tahun 2017.

Meskipun sudah dinanti-nantikan oleh para penggemar, ternyata hasilnya malah mengecewakan banget, geng.

Untuk menggunakan karakter basic seperti Darth Vader atau Luke Skywalker, kamu harus membayar lagi.

Meskipun game berbayar, namun kamu perlu membayar dengan jumlah banyak untuk bisa memenangkan game ini. Pasalnya, karakter kuat hanya bisa kamu dapatkan dari lootbox.

Player yang sabar bisa membeli lootbox dengan hadiah yang didapatkan dari bermain selama berjam-jam. Namun, banyak yang tergoda membeli lootbox dengan uang asli supaya lebih cepat.

Lootbox yang kamu beli pun belum tentu berisi karakter atau item yang kamu inginkan. Karena banyak yang protes, game ini akhirnya malah merugikan EA.

2. EA Hobi Menghancurkan Franchise Game

2 1b473

EA punya hobi yang unik, geng. Perusahaan ini suka banget membeli developer-developer game kecil yang memiliki game sukses.

Salah satunya adalah Visceral yang kini sudah tutup. Visceral merupakan perusahaan pengembang game survival horor Dead Space pada 2008.

EA membeli Visceral lalu menyuruh Visceral untuk membuat sekuel.

Dead Space 2 sukses besar di pasar, namun nggak berhasil memenuhi ekspektasi penjualan dari EA. Padahal, Dead Space 2 sudah terjual hingga 4 juta copy, lho.

Di sekuelnya yang terakhir, yakni Dead Space 3, EA mengimplementasikan microtransaction yang akhirnya menjadi bumerang bagi mereka.

Banyak orang yang nggak suka dengan Dead Space 3 karena sistem tersebut. Akhirnya, game yang dinanti-nantikan oleh para penggemarnya ini malah jadi nggak laku dan dibenci.

3. EA Sering Menutup Perusahaan yang Mereka Beli

3 5e68c

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, nih, geng. Setelah membeli perusahaan game lain, EA memaksa mereka untuk membuat game yang bisa menghasilkan uang banyak untuk EA.

Nggak cuma dari penjualan saja, EA juga memerintahkan studio game tersebut untuk mengimplementasikan microtransaction yang gila-gilan.

Akhirnya, game mereka malah nggak laku dan EA malah menyalahkan studio yang mereka beli tersebut. Mereka pun akhirnya harus gulung tikar, geng.

Beberapa studio game yang telah ditutup oleh EA antara lain Visceral (Dead Space), Pandemic (Star Wars Battlefront), dan Maxis Emeryville (SimCity).

4. EA Nggak Bikin Game Single Player Lagi

4 1e255

Sadar nggak kamu kalau EA sudah lama sekali nggak merilis game single player? Mungkin kamu juga pernah bertanya-tanya tentang alasannya.

EA pernah berpendapat bahwa saat ini bukanlah masa kejayaan game single player lagi. EA menganggap kalau gamer nggak akan memilih game yang tamat hanya dalam beberapa jam.

Dengan penuh percaya diri, wakil presiden EA mengatakan bahwa gamer modern lebih suka game yang meskipun sudah bertahun-tahun dimainkan tetap seru seperti game online.

Oleh karena itu, EA kini berfokus menciptakan game multiplayer, geng. Game multiplayer juga menjadi jalan bagi EA untuk menerapkan sistem jahatnya, microtransaction.

Ironisnya, pemenang penghargaan Game of The Year pada tahun 2018 adalah God of War 4, yang notabene adalah game singleplayer.

5. EA Nggak Pernah Belajar dari Kesalahan

5 E28f8

Nah, terakhir adalah alasan kenapa EA pernah mendapat penghargaan sebagai perusahaan terburuk di Amerika Serikat selama 2 tahun berturut-turut.

Banyak banget yang sudah mengritik EA secara terang-terangan, namun nampaknya nggak ngaruh juga ke EA. EA tetap menerapkan keserakahannya ke dalam semua game-nya.

Penjualan dari 3 game besar rilisan EA, yakni Mass Effect: Andromeda, Star Wars Battlefront II, & Need for Speed Payback sangat anjlok di pasaran.

Meskipun banyak banget yang benci sama EA, harga saham EA malah melonjak 33% di tahun 2017. Sepertinya hal itulah yang membuat EA merasa nggak perlu memperbaiki kesalahan mereka.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 5 alasan utama mengapa EA menjadi perusahaan game paling benci di dunia. Setelah membaca artikel ini, kamu mungkin bakal makin males main game buatan EA.

Tulis pendapat kamu mengenai EA di kolom komentar yang ada di bawah ya, geng!

Baca juga artikel seputar Perusahaan Game atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
5 Lowongan Kerja Di Perusahaan Game Banner

5 Lowongan Kerja di Perusahaan Game yang Bisa Kamu Coba

7 Perusahaan Game Paling Dihormati Di Dunia Nggak Pernah Mengecewakan 2da16

7 Perusahaan Game Paling Dihormati di Dunia, Nggak Pernah Mengecewakan!

7 Perusahaan Game Ternama Yang Terpaksa Gulung Tikar 4db36

7 Perusahaan Game Ternama yang Terpaksa Gulung Tikar, Gara-gara EA?

7 Perusahaan Game Yang Paling Dibenci Para Gamer Hobinya Menguras Kantong Gamer 53dd0

7 Perusahaan Game yang Paling Dibenci Para Gamer, Hobi Menguras Kantong Gamer!

Perusahaan Game Paling Kaya Banner

8 Perusahaan Game Paling Kaya di Dunia

Fakta Unik Nama Perusahaan Game B1939

Fakta Unik Dibalik Nama 12 Perusahaan Game Dunia

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal