J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

Kamis, 11 Mei 2017, 17:00 WIB
Menjengkelkan apabila PC menjadi lemot seiring berjalannya waktu. Nah, berikut Jaka akan kasih tahu cara mengatasi komputer lemot beserta penyebabnya.

Saat ini, PC telah menjadi salah satu kebutuhan utama khususnya bagi mereka yang memang bekerja di bidang yang selalu bersentuhan dengan komputer seperti pekerja kantoran, pekerja bank, programmer, dan masih banyak lagi yang memang membutuhkan perangkat komputer.

Namun, terkadang ketika sedang berhadapan dengan komputer (atau laptop), kita sering sekali mengalami masalah terkait dengan performa komputer yang terkadang sangat lambat sehingga menghambat pekerjaan dan bikin emosi.

Mungkin beberapa dari kita akan menganggap kalau masalah tersebut terjadi karena faktor usia komputer yang sudah lama atau karena komputer tersebut jarang dibersihkan.

Nah, untuk tahu lebih lanjut, Yuk simak artikel cara mengatasi komputer lemot berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lemot

Mungkin kedua alasan di atas ada benarnya, namun sebenarnya terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan komputer kalian menjadi sangat lambat.

Apa saja faktor-faktor yang dimaksud dan bagaimana mengatasinya? Simak pembahasan tentang faktor yang dapat membuat komputer lambat dan cara mengatasinya.

1. Hard Disk Yang Terdefragmentasi

F282851e2d3b75be344a24e13d9e771d
Foto: systweak.com

Faktor pertama yang menyebabkan suatu komputer menjadi sangat lambat adalah karena faktor hard disk kalian yang terdefragmentasi sehingga menyebabkan proses pembacaan data pada partisi hard disk kalian menjadi lambat.

Dalam melakukan proses pembacaan dan pencarian data, sistem komputer akan mencari data yang tersimpan pada hard disk menggunakan sistem indeks sehingga jika kalian tidak pernah melalukan defragmentasi hard disk, maka data yang tersimpan di hard disk kalian akan berhamburan sehingga ketika diakses, akan membutuhkan proses yang lebih lama.

Bdb81d1c4f95408f5a047d9e341a7d6c

Untuk mengatasinya, kalian wajib melakukan defragmentasi Hard Disk setidaknya satu atau dua minggu sekali. Cukup ketik Disk Defragmenter pada Start Menu dan buatlah penjadwalan defragmentasi Hard Disk kalian.

2. Faktor Browser Yang Terlalu Berat

Fc06c119b478c1d917cfd5b73eb0ca1a

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan komputer kalian lambat adalah faktor browser. Ketika kalian membuka browser, tentunya kalian cenderung membuka banyak sekali tab pada browser tersebut untuk mengakses beberapa situs sekaligus.

Nah, memang hal tersebut akan mempermudah kalian mendapatkan banyak informasi sekaligus namun hal tersebut juga akan memberikan beban yang lebih besar pada RAM komputer kalian.

Bayangkan saja jika kalian membuka 10 tab secara bersamaan, tentunya beban pada RAM komputer kalian juga akan menjadi sangat banyak.

Belum lagi jika kalian menggunakan browser kelas berat seperti Google Chrome yang bisa memakan hingga 500 MB RAM padahal kalian hanya membuka 4-5 tab saja atau jika kalian menjalankan dua browser berbeda sekaligus.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, usahakan kalian jangan terlalu banyak membuka tab ketika sedang menggunakan browser dan sangat saya sarankan jangan menggunakan browser Google Chrome jika RAM kalian hanya berkisar 1-2 GB saja.

3. Terlalu Banyak Temporary Files

Fca538ea42ebf2cef58a47137c1d5e75

Sebenarnya temporary files bisa sangat berguna untuk mempercepat akses kalian ke data situs yang sudah pernah kalian kunjungi, namun ibarat pisau bermata dua, temporary files juga dapat menyebabkan komputer kalian menjadi lambat.

Misalnya, jika hard disk kalian sudah hampir penuh, keberadaan temporary files ini akan memakan ruang hard disk yang harusnya tersisa untuk digunakan sebagai page file agar dapat membantu RAM kalian menjalankan berbagai program.

3f41dd84d5726d80d4b35400a49b52b3

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kalian bisa menggunakan sejumlah aplikasi untuk membersihkan temporary files pada komputer kalian misalnya aplikasi CCleaner.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Start-Up

Ketika kalian merasa kalau start-up komputer kalian sangatlah lambat dan terkadang memakan waktu hingga 2-3 menit ditambah dengan masalah loading time yang begitu lama ketika membuka aplikasi sesaat setelah start-up pada komputer kalian.

Kamu bisa pastikan penyebab utama dari masalah tersebut adalah banyaknya aplikasi yang berjalan saat proses start-up.

D522c1b9c502fb3864fe6a317b3d9d9d

Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan saat start-up, RAM kalian akan bekerja ekstra keras untuk mengalokasikan seluruh ruang yang dimilikinya pada aplikasi yang berjalan saat start-up tersebut sehingga tentu saja hal tersebut akan membuat RAM sangat terbebani.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian perlu mematikan sejumlah start-up program yang berjalan secara default pada komputer kalian dengan mengetikkan msconfig pada start menu kemudian pilih tab start-up dan matikan beberapa program start-up yang memakan banyak RAM seperti Tune-Up Utilities jika ada.

5. Infeksi Malware

0bd4f923428e27567eacd09cc2e8aa90
Foto: cbronline.com

Jika setelah mengecek 4 faktor di atas dan kalian telah melakukan tindakan penyelesaian seperti yang saya jelaskan di atas namun komputer kalian masih tetap lambat,

Maka bisa disimpulkan kalau komputer kalian telah terinfeksi malware yang berjalan di background sistem komputer kalian sehingga menggangu kinerja dari komputer kalian.

105c4e1b39754c517539a94375602837

Untuk mengatasi masalah malware ini sendiri, kalian bisa menggunakan beberapa anti-virus dengan reputasi bagus seperti Kaspersky, Avast, Nod32 dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 faktor penyebab komputer kalian menjadi lambat dan cara mengatasi komputer yang lemot, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Pastikan kalian selalu menjaga kesehatan komputer kalian dengan melakukan defragmentasi dan scanning menggunakan anti-virus secara rutin dan pastikan kalian rutin membersihkan temporary files pada komputer kalian untuk menghindari masalah komputer lambat.

Akhir kata, sampai jumpa dan pastikan kalian meninggalkan komentar serta share ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Android Lemot 19

15 Cara Ampuh Mengatasi HP Android Lemot Kembali Ngebut

Cara Mengetahui Penyebab Laptop Lemot Banner

Begini Cara Mengetahui Penyebab Laptop Kamu yang Lemot

Tembak

Berkat Google Street View, Aksi Kriminal Ini Terungkap

7 Kebiasaan Yang Akan Meningkatkan Kecerdasan Otak

7 Kebiasaan yang Akan Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kenapa Depan Kaca Kita Merasa Lebih Cakep Tapi Pas Difoto Jelek 2

Depan Cermin Cakep, Tapi Kenapa Di Foto Jelek? Ini Sebabnya!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
CCleaner_icon
CCleaner 5.55
Apps Piriform
Avast Terbaru Standalone Icon
Avast Free Antivirus 2.1.1286.0
Apps Avast Software
20121226044912_294
NOD32 AntiVirus 8.0.319.0
Apps ESET
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Ssstt, Ini Dia Trik Rahasia Mempercepat Performa Komputer Hingga 150%!

Ssstt, Ini Dia Trik Rahasia Mempercepat Performa Komputer Hingga 150%!

Apakah Mungkin Menjalankan Komputer Tanpa RAM?

Apakah Mungkin Menjalankan Komputer Tanpa RAM?

Cara Memperbaiki Komputer dan Laptop yang Error Tanpa Harus ke Service Center

Cara Memperbaiki Komputer dan Laptop yang Error Tanpa Harus ke Service Center

Jangan Shutdown Komputer Di Malam Hari! Karena...

Jangan Shutdown Komputer Di Malam Hari! Karena...

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal