8 Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik Untuk Memperluas Penyimpanan Smartphone

7 March 2016

Memori internal dan slot memori pada smartphone memang sangat penting. JalanTikus sangat menyarankan apabila kamu ingin membeli smartphone baru, carilah smartphone dengan memori internal sekurang-kurangnya 16GB, serta mendukung slot microSD dan RAM minimal 2GB.

Karena seiring dengan kian canggihnya sistem operasi mobile (Android, iOS, atau Windows 10 for Mobile) dan aplikasi, semakin besar pula memori yang digunakan. Nah buat kamu yang kebetulan punya smartphone dengan memori internal pas-pasan, bahkan parahnya lagi tanpa slot kartu memori, gak perlu berkecil hati.

Inilah 8 Aplikasi Cloud Storage Android GRATIS Terbaik

Sekarang kamu dapat memanfaatkan Cloud Storage, sebuah layanan penyimpanan file di internet yang mana kamu dapat meng-upload dan backup file, baik berupa foto, video, dan dokumen lainnya. File yang disimpan di Cloud Storage dapat dikelola dari mana saja selama kamu terhubung internet. Berikut JalanTikus rangkum 8 aplikasi Cloud Storage terbaik, untuk menghemat ruang memori di smartphone atau tablet kamu.

Buat yang suka Unlimited: Amazon Cloud Drive

8-aplikasi-cloud-storage-amazon-cloud-drive

Layanan Amazon Cloud Drive menawarkan penyimpanan untuk foto unlimited, jadi kamu dapat meng-upload koleksi foto-foto kamu sepuasnya tanpa dibatasi. Nah untuk penyimpanan video dan dokumen lainnya Amazon menyediakan 5GB. Sayangnya layanan ini hanya dapat kamu nikmati secara trial selama 3 bulan, selebihnya kamu harus berlangganan dengan membayar USD 11.99 atau sekitar Rp 150.000 per tahun.

Memang jumlah tersebut tidak mahal, terlebih kamu dapat menyimpan foto dalam jumlah yang tidak terbatas. Layanan ini memang cocok buat kamu yang doyan berfoto ria, namun jumlah penyimpanan untuk file video dan file lainnya hanya 5GB memang kecil.

Untuk itu Amazon juga menyediakan penyimpanan untuk file apapun tanpa batas dengan membayar USD 60 atau Rp 700.000 per tahun, layanan ini lebih cocok untuk bisnis. Sebagai perbandingan, Google Drive untuk 1TB Rp 1,5 jutaan per tahun dan Dropbox 1TB Rp 1,3 juta per tahun.

Layanan Amazon Cloud Drive ini tentu saja aman digunakan, mendukung backup otomatis dan dapat diakses di semua perangkat Anda. Kekurangannya adalah ukuran per file dibatasi hanya sebesar 2GB.

Buat pengguna layanan Microsoft: Onedrive

8-aplikasi-cloud-storage-one-drive

Onedrive adalah solusi penyimpanan online yang disediakan oleh Microsoft yang memberikan penggunanya 15GB secara gratis. Dengan demikian Onedrive sangat power full karena terintegrasi dengan beragam layanan Microsoft seperti Word, Excel, dan PowerPoint.

Onedrive memiliki fitur backup otomatis untuk foto dan video, kamu juga dapat berbagi file dengan mudah. Terlebih, Onedrive terintegrasi dengan Android Wear sehingga kamu dapat melihat koleksi foto di smartwatch.

Untuk Pengguna Chromecast: Copy

8-aplikasi-cloud-storage-copy

Copy adalah salah satu aplikasi Android penyedia layanan penyimpanan online. Meskipun kurang terkenal, namun aplikasi ini sangat mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur upload foto secara otomatis dan dapat diakses bersama atau berbagi lebih mudah melalui fitur folder-sharing.

Salah satu fitur baru yang menarik adalah dukungan Chromecast. Sehingga kamu dapat melakukan streaming musik, foto, dan video dari perangkat kamu langsung ke TV, hanya dengan menekan ikon Chromecast di Copy. Bagi kebanyakan orang ini mungkin hanyalah fitur standar pada Android, namun bagi pengguna Copy fitur ini cukup penting dan menguatkan Copy untuk menjadi pilihan alternatif yang tepat untuk digunakan.

Untuk Pengguna Android: Google Drive

8-aplikasi-cloud-storage-drive

Bagaimana pun Google Drive menjadi layanan favorit pengguna Android, karena terintegrasi penuh dengan akun Google. Sehingga sangat mudah digunakan, fitur-fiturnya juga banyak, termasuk untuk mendukung produktivitas.

Google Drive juga memberikan ruang penyimpanan 15 GB dengan kemampuan untuk membuat dan mengedit dokumen langsung dari Google Drive menggunakan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Jadi kamu dapat bekerja kapan saja dan dimana saja menggunakan smartphone, bahkan kamu dapat bekerja sama dengan orang lain untuk mengedit pekerjaan bersama-sama.

Alternatif Terbaik: Dropbox

8-aplikasi-cloud-storage-dropbox

Selama bertahun-tahun Dropbox selalu menjadi salah satu pilihan favorit pengguna Android. Layanan ini menawarkan penyimpanan hanya 2GB, namun dengan trik sederhana kamu dapat dengan mudah memperluas hingga 16GB.

Dropbox memang cepat, intuitif, dan gratis dengan fitur backup secara otomatis dan dapat digunakan pada berbagai perangkat sekaligus, termasuk komputer atau smartphone. Menariknya, Dropbox juga sudah terhubung langsung dengan layanan BlackBerry Messenger (BBM) untuk memudahkan berkirim file langsung dari Dropbox ke kontak BBM.

Untuk yang suka simple: Box

8-aplikasi-cloud-storage-box

Box tersedia secara gratis di Google Play Store, aplikasi ini sangat mudah digunakan. Box menawarkan ruang gratis 10 GB dengan batas upload 250 MB. Selebihnya kamu akan diminta berlangganan dengan membayar USD 10 atau sekitar Rp 131.000 per tahun untuk 25GB.

Aplikasi Box benar-benar sederhana dan mudah digunakan, karena tidak memiliki fitur-fitur khusus: hanya untuk meng-upload, download, dan berbagi file; meskipun ada kemungkinan untuk mengedit dan mengomentari file yang tersimpan. Box juga memiliki widget yang memberitahu Anda tentang perubahan dokumen bersama.

Untuk Berbagi File Kecil: MediaFire

8-aplikasi-cloud-storage-mediafire

MediaFire menawarkan ruang gratis hingga 50 GB, yang sempurna untuk menyimpan atau berbagi musik atau video. Untuk pengguna awal kamu akan mendapatkan 12GB, kamu bisa mendapatkan ruang tambahan dengan sistem referral. Untuk yang membutuhkan kapasitas besar MediaFire menyediakan ruang 100GB dengan membayar USD 2,50 atau Rp 32 ribuan per bulan.

Untuk yang Benar-benar Gratis: Mega

8-aplikasi-cloud-storage-mega

Mega memberikan 50 GB penyimpanan gratis dan benar-benar gratis bahkan untuk pengguna baru, membuatnya menjadi salah satu yang terbaik aplikasi Cloud Storage gratis di Android. Segala sesuatu yang kamu unggah akan dienkripsi, sehingga tidak perlu khawatir soal privasi. Kamu bahkan dapat menyinkronkan hasil tangkapan kamera langsung ke akunmu secara otomatis.

Dengan semakin maraknya smartphone berteknologi 4G LTE, layanan Cloud Storage memang menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna smartphone. Kamu dapat dengan melakukan cadangan data smartphone, atau berbagi file dengan mudah. Jadi, dari 8 aplikasi Cloud Storage yang JalanTikus jabarkan, yang mana pilihan favorit kamu?

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar