J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Skandal Hukum yang Pernah Menimpa Apple, Rugi Jutaan Dolar!

7 Skandal Hukum yang Pernah Menimpa Apple, Rugi Jutaan Dolar!

Sabtu, 19 Okt 2019, 14:00 WIB
Apple memiliki reputasi yang sangat tinggi di dunia, geng, tapi mereka juga banyak masalah. Di sini Jaka mau share 7 skandal yang pernah menimpa Apple.

Coba deh, geng, kalian masukkan kata Apple di mesin pencarian Google. Jaka jamin yang keluar bukan buah lagi, geng, tapi perusahaan di balik iPhone.

Memang perusahaan yang satu ini sudah sangat terkenal sampai-sampai telah menggantikan posisi buah aslinya, geng!

Tapi, di balik kemegahan perusahaan yang baru saja merilis iPhone 11 ini, mereka terlibat banyak kasus hukum dan skandal lainnya, geng!

7 Skandal Hukum yang Pernah Menimpa Apple

Desain dan inovasi produk-produk mereka boleh dijadikan panutan di industri teknologi tapi banyak tindakan Apple yang nggak boleh dicontoh, geng!

Bukan niat Jaka untuk menjelek-jelekkan Apple tapi memang sudah sepantasnya kita bersikap lebih kritis terhadap perusahaan dari Cupertino yang satu ini.

Kalau kalian sudah nonton film biografi Steve Jobs, salah satu penemu Apple, tentu sudah melihat beragam kekurangan ikon tersebut.

Nah, Apple juga memiliki banyak kekurangan, geng, yang bisa kalian simak di 7 skandal yang pernah menimpa Apple berikut!

1. Skandal Baterai iPhone

Throttling 3a486

Buat kalian yang menggunakan iPhone versi lama dan merasa bahwa iPhone kalian itu menjadi lebih lemot, itu bukan cuma perasaan kalian, geng!

Hal ini sudah menjadi rahasia umum dan di tahun 2018 lalu, Itali memberikan sanksi sebesar 5 juta EUR atau sebesar Rp 77 milyar atas aksi Apple ini.

Apple sering mengeluarkan update dengan dalih untuk mencegah terjadinya shutdown tiba-tiba di iPhone lama dan untuk menjaga daya tahan baterai.

Dilansir dari The Verge, Apple melakukan hal ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ke pengguna yang membuat Apple menerima sanksi dari pemerintah Itali.

2. Kasus Butterfly Keyboard Macbook

Macbook Keyboard A1ba5

Di tahun 2015, Apple menggunakan desain baru yang dijuluki Butterfly Keyboard untuk MacBook.

Meskipun memiliki desain efisien yang membuat Apple bisa mengeluarkan desain yang lebih ramping, keyboard ini ternyata tidak tahan lama.

Debu atau kotoran sedikit saja sudah cukup untuk menyebabkan kerusakan pada keyboard yang tentunya sangat merugikan untuk sebuah produk laptop.

Dikutip dari 9 to 5 Mac, hal ini menyebabkan beberapa pengguna MacBook untuk menuntut Apple atas masalah ini di 2018 lalu yang sampai saat ini masih diproses.

3. Kasus Antena iPhone 4

Antennagate 7c701

Di tahun 2010, Apple meluncurkan iPhone 4 yang menggunakan desain bodi berbahan kaca yang dibingkai oleh logam.

Logam stainless steel yang menjadi bingkai juga bertindak sebagai antena dan memegang iPhone 4 dengan cara tertentu dapat menyebabkan hilangnya sinyal seluler.

Menurut Jaka, ini kesalahan yang benar-benar bodoh soalnya mau menelepon juga susah dan sepertinya kebanyakan pengguna iPhone 4 juga setuju.

Dikutip dari Engadget, pengguna iPhone 4 berhasil menuntut Apple dan diberikan kompensasi 15 USD atau sebesar Rp200 ribu atau sebuah case gratis kepada tiap pengguna.

4. Kasus In-app Purchases

IAP 0a1ab

Kasus yang satu ini mirip dengan tuntutan hukum yang juga dilayangkan terhadap Google, geng, hanya saja Apple lebih duluan.

Di sini, Apple dituntut karena dianggap tidak memiliki pengaman yang cukup untuk mencegah anak kecil melakukan in-app purchase tanpa persetujuan orang tua.

Jadi, setelah pemilik akun memasukkan password untuk melakukan in-app purchase, pengguna dapat membeli barang lainnya tanpa memasukkan password kembali selama 15 menit.

Dikutip dari Macworld, Apple diminta untuk mempersiapkan dana sebesar 32.5 juta USD atau sekitar Rp 450 milliar untuk kompensasi pengguna.

5. Kasus Monopoli App Store

App Store 60888

Nah, kalau kasus yang satu ini agak sedikit rumit, geng, dan memang masih dalam proses di Amerika Serikat.

Sebagai penyedia jasa layanan App Store, Apple meminta komisi 30% dari tiap developer yang mwmasukkan aplikasinya di App Store.

Tapi, beban tambahan 30% ini biasanya dibebankan ke konsumen. Jadi logikanya, Apple memaksa penggunanya untuk membayar lebih mahal aplikasi yang mereka beli.

Berbeda dengan Android di mana pengguna bisa mendownload aplikasi di luar Play Store, pengguna iPhone hanya bisa download aplikasi dan game di App Store.

Dikutip dari Apple Insider, fakta inilah yang membuat Mahkamah Agung Amerika Serikat untuk mendukung kasus tuntutan ini dari sisi hukum.

6. Kasus Album Musik U2

U2 4f9dd

Kalau yang ini sebenarnya nggak masuk ke ranah hukum, geng, tapi kasus ini terlalu aneh bin ajaib untuk tidak dibahas oleh Jaka.

Di tahun 2014 lalu, bersama peluncuran resmi iPhone 6, Apple berkolaborasi dengan grup musik rock U2 dan menawarkan album terbaru mereka kepada pengguna iTunes tanpa biaya.

Masalahnya, geng, adalah cara promosi ini dilakukan di mana Album Songs of Innocence muncul tanpa diundang seperti jelangkung di akun pengguna.

Dikutip dari Wired, pengguna juga tidak bisa menghapus album ini dari akun iTunes mereka yang memaksa Apple untuk mengeluarkan webpage khusus untuk masalah ini.

7. Kasus Kegagalan Apple Maps

Apple Maps 8f29a

Bagi pengikut setia Apple, tentunya sudah kenal dengan Apple Maps, layanan yang dianggap sebagai salah satu kesalahan terbesar Apple.

Di tahun 2012, bersamaan dengan peluncuran iPhone 6 dan iOS 5, Apple mengubah fitur Maps yang ada di iOS dari Google Maps menjadi Apple Maps.

Saat diluncurkan, Apple menyebut Apple Maps sebagai "layanan pemetaan terkuat yang ada" yang ternyata sangat jauh dari kenyataan.

Dikutip dari CNET, hal ini memaksa CEO Apple, Tim Cook untuk mengeluarkan permintaan maaf dan diikuti oleh peluncuran resmi Google Maps di App Store beberapa bulan kemudian.

Akhir Kata

Itulah, geng, 7 skandal yang pernah menimpa Apple. Meskipun Apple adalah perusahaan besar yang Jaka yakin diisi oleh orang-orang berotak encer, mereka jauh dari sempurna.

Mereka nggak beda jauh, geng, sama politisi ibukota yang meskipun kuliahnya tinggi-tinggi tapi sering melakukan hal yang sangat bodoh.

Apa kalian punya contoh skandal dan kebodohan Apple yang lain, geng? Atau malah ada yang ingin membela Apple? Langsung share di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Apple atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Karya Seni Apple Rusak Banner2

'12LVE', Karya Seni dari Berbagai Produk Apple yang Sengaja Dihancurkan

Alasan Produk Apple Mahal

10 Alasan Mengapa Produk Apple Harganya Sangat Mahal

10 Produk Aneh Yang Pernah Diciptakan Oleh Apple

10 Produk ANEH yang Pernah Diciptakan oleh Apple

Produk Apple Termahal Di Dunia Banner

10 Produk Apple Termahal yang Pernah Dijual (Hingga Rp20 Miliar)

Produk Gagal Apple Banner

15 Produk Gagal yang Pernah Diciptakan oleh Apple

3f45e13aed352dfe5841a0a464a8913b

18 Fakta Tentang Apple yang Bahkan Pengguna iPhone Sendiri Belum Tau

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Ini Alasan Kenapa Apple Makin Murah Menjual iPhone, Terancam Bangkrut?

Ini Alasan Kenapa Apple Makin Murah Menjual iPhone, Terancam Bangkrut?

7 Alasan Mengapa Apple Fanboy Selalu Menyukai Produk Apple, Demi Gengsi?

7 Alasan Mengapa Apple Fanboy Selalu Menyukai Produk Apple, Demi Gengsi?

7 Produk Apple Terbaik Sepanjang Masa, iPhone 11 Gak Termasuk?

7 Produk Apple Terbaik Sepanjang Masa, iPhone 11 Gak Termasuk?

6 Sisi Gelap dan Mencekam Perusahaan Apple | Banyak Karyawan yang Bunuh Diri?

6 Sisi Gelap dan Mencekam Perusahaan Apple | Banyak Karyawan yang Bunuh Diri?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal