J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Maruk? Inilah 7 Perusahaan Besar yang Diakuisisi Disney

Maruk? Inilah 7 Perusahaan Besar yang Diakuisisi Disney

Sabtu, 8 Feb 2020, 12:00 WIB
Sudah dengar kalu 21 Century Fox bakal ganti nama gara-gara dibeli Disney? Cari tahu perusahaan apa saja yang dibeli Disney dan bagaimana nasibnya sekarang.

Disney awalnya hanya berfokus pada film animasi saja yang terkenal dengan maskot tikus hitamnya yang diberi nama Mickey Mouse.

Meskipun sempat jatuh bangun di tahun 80an hingga 90an, Disney berhasil bangkit menjadi salah satu studio film paling sukses di dunia berkat film animasinya.

Tidak berhenti di situ saja, Disney mulai memperluas pangsa pasarnya dengan cara mengakuisisi beberapa perusahaan film untuk mengokohkan namanya sebagai studio film terbesar di dunia.

7 Perusahaan yang Dibeli oleh Disney

Disney dikenal sebagai perusahaan yang kerap kali melakukan proses akuisisi perusahaan untuk mempertegas dominasinya di dunia perfilman saat ini.

Perusahaan ini bahkan mulai memperluas langkahnya dengan membuat layanan streaming sendiri untuk menyaingi platform streaming lain seperti Netflix dan HBO.

Apa saja sih perusahaan yang dibeli oleh Disney untuk memperlancar langkahnya untuk mendominasi industri perfilman? Berikut informasi selengkapnya.

1. The Muppets

Voir Ca 6a272
Sumber foto: voir.ca

Tidak puas dengan karakter kartunnya sendiri, Disney mengakuisisi the Muppets, perusahaan yang memegang lisensi karakter-karakter boneka yang dikenal lucu dan absurds ini.

Watak dari karakter-karakter boneka yang ada di seri the Muppets memang jauh berbeda bila dibandingkan dengan karakter film animasi Disney seperti Donald, Mickey, Goofy dan kawan-kawan.

Boneka ini juga memiliki pangsa pasar tersendiri yang mungkin ingin coba untuk didekati oleh Disney.

Entah rencana seperti apa yang Disney punya terkait dengan proses akuisisi the Muppets, tetapi yang jelas Disney rela mengeluarkan bujet 75 juta USD atau Rp1 triliun lebih untuk mengakuisisi perusahaan ini.

2. Capital Cities / ABC Inc.

Abc 3e543
Sumber foto: en.wikipedia.org

ABC Inc. merupakan perusahaan media dia Amerika Serikat yang bergerak di bidang pertelevisian. Perusahaan ini dibeli oleh Disney pada tahun 1996.

Setelah dibeli oleh Disney, ABC Inc. berganti nama menjadi Disney-ABC Television Groups. Nama ini kemudian berubah kembali menjadi Walt Disney Television pada tahun 2019.

Proses akusisi perusahaan ini pada tahun 1996 bernilai 19 miliar USD atau sekitar Rp259 triliun dan menjadi tanda awal ketertarikan Disney terhadap dunia pertelevisian.

3. Pixar

Disneyplus Com 2ebaf
Sumber foto: disneyplus.com

Perusahaan animasi besutan Steve Jobs ini terkenal berkat film animasi komputer pertamanya, Toy Story, yang berhasil meraih sukses besar kala itu.

Pixar diakuisisi oleh Disney pada tahun 2006 senilai 7.4 miliar USD atau sekitar Rp101 triliun rupiah dan menjadikan Steve Jobs sebagai pemegang saham terbesar Disney pada waktu itu.

Meskipun Pixar diperbolehkan untuk menggunakan namanya sendiri di setiap film yang dia produksi, tetapi hal ini membuat pesaing berat Disney di dunia animasi hilang pada waktu itu.

4. BAM Tech

Multichannel Com F95af
Sumber foto: multichannel.com

BAM Tech merupakan perusahaan media yang berfokus pada layanan streaming acara dan event olahraga seperti MLB Major.

Perusahaan ini mulai diakuisisi oleh Disney pada tahun 2016. Di tahun tersebut, Disney membeli sebagian kecil saham dari BAM Tech dan diberikan opsi untuk membeli saham lebih banyak di kemudian hari.

Pada tahun 2017 Disney berniat untuk menaikkan persentase kepemilikan sahamnya hingga 75% dan disetujui oleh regulator di Amerika Serikat.

Disney menghabiskan dana sebanyak 1.58 miliar USD atau sekitar Rp21.6 triliun untuk mengakuisisi perusahaan ini dan mengganti namanya menjadi Disney Streaming Services pada tahun 2018.

5. Lucasfilm

D23 Com 56c2f
Sumber foto: d23.com

Lucasfilm merupakan studio film yang memegang hak siar dan hak paten dari franchise Star Wars. Perusahaan yang satu ini diakuisisi oleh Disney pada tahu 2012.

Disney mengahabiskan uang sebanyak 4 miliar USD atau sekitar Rp54 triliun senilai dengan setengah harga saham Disney pada tahun itu.

Langkah ini berbuah manis dengan kesuksesan berbagai film Star Wars yang tayang setelah diakuisisi dan juga serial televisi bertemakan Star Wars yang menjadi bagian dari Disney+.

6. Marvel

Marvel Com 3ee64
Sumber foto: marvel.com

Pengakuisisian franchise Marvel bisa dibilang menjadi langkah akuisisi paling gemilang yang dilakukan oleh Disney.

MARVEL dibeli oleh Disney pada tahun 2009 dengan nilai yang sama dengan proses akuisisi Lucasfilm dan Disney mendapatkan bagian keuntungan dari MARVEL sejak saat itu.

Harga yang dibayar oleh Disney ini bisa dibilang kecil jika menilik pada kesuksesan franchise MCU saat ini dan proyeksi franchise ini di masa depan.

7. 21st Century Fox

Theunionjournal Com F3837
Sumber foto: theunionjournal.com

Proses akuisisi 21st Century Fox menjadi proses akuisisi yang paling alot dan mahal yang dilakukan oleh Disney.

Disney menghabiskan dana hingga 71.3 miliar USD atau sekitar Rp974 triliun rupiah untuk mengakuisisi perusahaan saingannya yang satu ini.

Tahun ini Disney bahkan menghilangkan embel-embel Fox dari nama perusahaan yang diakuisisinya ini dan memasukkan sebagian film dari Fox ke dalam layanan streaming barunya Disney+.

Akhir Kata

Itu dia 7 perusahaan yang diakuisisi oleh Disney untuk melancarkan dominasinya di dunia perfilman, pertelevisian, dan bahkan sebagai layanan streaming.

Hal yang dilakukan oleh Disney ini masih dilegalkan oleh pemerintah Amerika Serikat dan tidak tergolong ke dalam kegiatan monopoli.

Hal ini bisa saja berubah apabila Disney ingin membeli lebih banyak lagi perusahaan yang berkaitan dengan industri kreatif tersebut.

Baca juga artikel seputar Disney atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Nonton Film Maleficent Banner 7ef81

Nonton Film Maleficent (2014) | Kisah Lain Sleeping Beauty

Film Anime Studio Ghibli Banner 2b3cc

7 Anime Terbaik dari Studio Ghibli, Selevel Animasi Disney!

Nonton Download Gratis Film Coco 2017 Petualangan Ke Dunia Kematian Yang Mengharukan 1e71b

Nonton Film Coco (2017), Petualangan ke Dunia Kematian!

5f3def67f3c2125ad3ac20e5a09fed1d

5 Game Wajib Bagi Pecinta Disney

Ilustrasi Dengan Karakter Disney Yang Menyindir Kehidupan Modern

Ilustrasi Karakter Disney yang Menyindir Kehidupan Modern

Princess

Begini Jadinya Jika Karakter Disney Jadi Putri Media Sosial, Suka yang Mana?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal