J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Cara Mengamankan Browser PC Dari Serangan Virus, Malware, dan Adware

              7 Cara Mengamankan Browser PC Dari Serangan Virus, Malware, dan Adware

              00
              Rabu, 30 Sep 2015, 09:00 WIB
              Kadang suka khawatir juga kan kalau lagi browsing atau download file di komputer PC terus nggak sengaja ngeklik malware atau adware dari website tersebut. Untuk mengamankan browser PC dari serangan semacam itu, ini dia 7 Cara Mengamankan Br

              Kadang suka khawatir juga kan kalau lagi browsing atau download file di laptop/PC terus nggak sengaja ngeklik malware atau adware dari website tersebut. Kalau udah gitu pasti repot banget ngembaliin browser kamu ke semula. Apalagi kalau browser kamu sudah terintegrasi ke semua laman yang kamu butuhkan. Pfft.. Untuk mengamankan browser PC dari serangan semacam itu, ini dia 7 Cara Mengamankan Browser PC Dari Serangan Virus, Malware, dan Adware.

              Gunakan tips-tips untuk mengamankan browser PC milikmu dari penyerang, entah mereka menggunakan serangan malware, adware, malvertising attacks, atau sekedar mengarahkanmu ke situs-situs berbahaya lainnya yang mereka buat.

              BACA JUGA
              • Inilah 10 Hacker Paling Berbahaya di Dunia (Psst.. Ada Hacker Indonesia Lho)
              • Tanda-Tanda Smartphone Kamu Kena Spyware
              • [UPDATE] SEREM! Ini Dia 20 Virus Komputer Berbahaya Sepanjang Sejarah

              7 Cara Mengamankan Browser PC Dari Serangan Virus, Malware, dan Adware

              1. Jaga Browser PC-mu tetap Update

              Update Automatic

              Gunakan web browser dan aktifkan fitur automatic updates. Jangan gunakan web browser yang outdate seperti Safari for Windows milik Apple atau versi lama Microsoft Internet Explorer. Gunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox dan aktifkan automatic update. Jangan lupa selalu pakai versi terbaru dari web browsermu seperti Microsoft Edge di Windows 10.

              2. Aktifkan Click-to-Play Plug-ins

              Click To Play

              Aktifkan opsi click-to-play plugins di web browser yang kamu pakai. Hal ini akan membuat laman web memuat lebih cepat serta membuat CPU cycles dan kekuatan baterai lebih hemat. Hal ini juga memiliki keuntungan keamanan yang penting. Penyerang tidak akan bisa mengeksploitasi kecacatan yang ada di plugin browser milikmu.

              3. Uninstall Plug-ins yang Tidak Dibutuhkan

              Uninstall Plugin

              Uninstall plugins yang tidak kamu butuhkan untuk mengamankan web browsermu. Masuk ke daftar plugin yang telah terinstal di browser milikmu, pilih beberapa yang tidak kamu butuhkan lalu uninstall. Java adalah contoh salah satu plugin yang berbahaya, uninstall jika kamu tidak benar-benar membutuhkannya.

              4. Jaga Plug-ins Tetap Update

              Plugin Update

              Nggak cuma web browser kamu yang butuh di-update. Plugin yang kamu pasang di browser juga butuh di-update. Pastikan plugin yang kamu pakai ter-update secara reguler dan otomatis.

              5. Lebih Baik Gunakan Browser 64-bit

              64bit

              Program 64-bit memiliki proteksi yang lebih baik untuk melawan serangan. Jika kamu menggunakan browser 64-bit. ASLR atau Address Space Layout Randomization lebih efektif dengan program 64-bit. ASLR sendiri adalah fitur security yang membuat data program menjadi tidak bisa diprediksi. Google Chrome memang tersedia di 32-bit dan 64-bit, akan lebih baik jika kamu menggunakan versi 64-bit. Download Google Chrome 64-bit di JalanTikus sekarang juga.

              Google Chrome Icon
              Google Chrome 64-bit 70.0.3538.102
              Apps Browser Google Inc.
              DOWNLOAD

              6. Jalankan Program Anti-Exploit

              Malwarebytes

              Program Anti-Exploit memperkuat browser milikmu terhadap jenis paling umum yang biasa menyerang web browser. Daripada mengandalkan style antivirus seperti memblokir software, program ini hanya mencegah beberapa perilaku yang tidak biasa yang terjadi di browsermu. Program Anti Exploit terbaik yang bisa kamu pilih adalah Malwarebytes Anti-Exploit dan Microsoft EMET.

              7. Gunakan Peringatan Ketika Menggunakan Browser Extensions

              Extensions

              Browser Extension memang hal yang memudahkan kamu dalam browsing. Ia juga merupakan tools yang cukup powerful untuk mengkostumisasi website dan browser yang kamu pakai. Namun dalam waktu yang sama, browser extension juga merupakan hal yang berbahaya. Ekstensi yang buruk bisa membuat browsermu terkena adware, capture keystrokes, melacak aktifitas browsing, dan banyak lagi. Cobalah untuk menggunakan sedikit mungkin browser extensions. Hal ini juga bisa membuat performa browser-mu lebih baik.

              Nah, dari 7 cara mengamankan browser PC dari serangan virus, malware, dan adware di atas, mana yang sudah kamu lakukan? Apakah kamu punya cara lain dalam mengamankan browser PC? Kalau ada tulis pada kolom komentar ya!

              Sumber: How To Geek

              APPS TERKAIT
              Avg 2015 Logo
              AVG Internet Security 2015 (x86) 2016.0.7294
              Apps AVG Technologies
              20121226094414_37
              AVG Free Edition (x86) 2015.0.5751 (32-bit)
              Apps AVG Technologies
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal