J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kecewa! 7 Adegan Film Keren yang Ternyata Menggunakan Pemeran Pengganti

Kecewa! 7 Adegan Film Keren yang Ternyata Menggunakan Pemeran Pengganti

Sabtu, 18 Jul 2020, 16:00 WIB
Penggunaan pemeran pengganti dalam suatu film merupakan hal yang wajar dan biasa. Mereka melakukan adegan yang tidak dapat dilakukan oleh pemeran utama.

Dalam proses pembuatan sebuah film, khususnya film action yang melibatkan banyak adegan berbahaya, sering kali dibutuhkan pemeran pengganti untuk melakukan adegan yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemeran utama.

Pemeran pengganti terbagi menjadi dua, yaitu stunt double yang telah terlatih untuk melakukan aksi-aksi berbahaya, serta body double yang mampu menggantikan tubuh pemeran utama ketika disorot kamera jika mereka tidak ingin memperlihatkan bagian tubuh tersebut atau diperlukan proporsi tubuh yang lebih tepat.

Kalau kamu masih penasaran dengan adegan-adegan film apa saja yang memerlukan pemeran pengganti, simak penjelasan Jaka berikut ini!

7 Adegan dalam Film yang membutuhkan Pemeran Pengganti

Pemeran pengganti dibutuhkan untuk melakukan adegan-adegan berbahaya yang berisiko jika dilakukan sendiri oleh pemeran utama, seperti melompat dari sebuah bangunan, berpindah dari satu kendaraan ke kendaraan lain ketika sedang melaju, atau karena ukuran tubuh pemeran utama kurang sesuai dengan jalan cerita.

Meskipun penggemar lebih mengenal pemeran utama, namun pemeran pengganti juga sangat berguna dalam proses pembuatan film.

1. Iron Man 3 (2013)

Iron Man 3 163d7

Tentu tidak mengherankan jika film-film Marvel yang bertema superhero dan bergenre action sering menggunakan pemeran pengganti pada beberapa scene mereka.

Robert Downey Jr. juga termasuk yang membutuhkan pemeran pengganti, geng. Namun di film ini alasannya bukan untuk melakukan adegan pertarungan, tetapi karena ia mengalami cedera kaki tepat sebelum syuting scene terakhir, yaitu Tony Stark kembali ke rumahnya yang tinggal reruntuhan.

Hal ini memaksa sang sutradara, Shane Black, untuk menggabungkan antara tubuh body double dengan wajah Downey Jr. menggunakan teknik CGI.

2. Thor: The Dark World (2013)

Thor The Dark World F1791

Ketika proses syuting ulang untuk film ini sedang berlangsung, diputuskan untuk membuat post-credit scene yang menjadi ciri khas film-film Marvel, dengan adegan Thor (Chris Hemsworth) kembali ke Bumi dan bertemu dengan Jane Foster (Natalie Portman).

Sayangnya, Portman tidak bisa menghadiri syuting ulang tersebut, sehingga pihak Marvel harus mencari alternatif yang dapat berperan sebagai Jane Foster.

Pada akhirnya, Hemsworth memilih istrinya, Elsa Pataky, yang dari segi fisik hampir mirip dengan Portman. Apalagi setelah didandani dengan baju khas Jane dan wig agar rambut mereka menyerupai, semakin nggak bisa dibedakan, deh!

3. Captain America: The First Avenger (2011)

Captain America The First Avenger F665b

Masih dengan film Marvel, kali ini pemeran pengganti digunakan untuk menggantikan tubuh atletis Chris Evans guna menyesuaikan dengan masa pre-transformasi menjadi seorang Captain America.

Seperti yang kita tahu, bentuk tubuh Chris Evans lebih cocok untuk berperan sebagai Steve Rogers setelah ia mendapat suntikan serum super soldier yang membuatnya mendapatkan kemampuan fisik super. Padahal sebelum menjadi Captain America, tubuh Steve Rogers kurus kering.

Dengan bantuan CGI, tim visual effect menggunakan tiga teknik untuk mencapai hasil yang diinginkan, yaitu memperkecil tubuh Evans, menggunakan bantuan body double, serta menyatukan wajah Evans dengan tubuh si pemeran pengganti.

4. Forrest Gump (1994)

Forrest Gump 5e7e1

Meskipun banyak scene lari di film ini yang jelas-jelas dilakukan sendiri oleh Tom Hanks, namun ketika wajahnya tidak tampak di layar, sebagian besar scene itu dilakukan oleh adiknya, yaitu Jim Hanks.

Selain karena memiliki ciri fisik yang hampir sama, Jim menguasai gaya berlari Tom yang tidak bisa dilakukan oleh para pemeran pengganti di film ini.

Ia mengatakan, gaya berlari ini tergolong unik dan hanya bisa dilakukan oleh keluarga Hanks.

5. The Martian (2015)

The Martian 2015 Movie Hd Wallpapers 01 62e59

Meskipun film ini bercerita tentang kehidupan seorang astronot bernama Mark Watney yang terdampar di planet Mars hingga mengalami penurunan berat badan secara drastis, namun Matt Damon tidak lantas melakukan diet ketat.

Untuk beberapa scene yang memperlihatkan tubuh Watney yang kurus kering, seorang pemeran pengganti dilibatkan untuk menggantikan tubuh Damon agar terlihat jauh lebih kurus.

Selanjutnya, sebagaimana di film-film Marvel, wajah Damon secara digital disatukan dengan tubuh si pemeran pengganti agar terlihat meyakinkan.

6. Justice League (2017)

Justice League Uber2b 032417 4320x1080 32bf5

Ternyata tidak hanya film Thor: The Dark World yang membutuhkan syuting ulang, melainkan film berdasarkan komik DC ini juga mengalami hal serupa.

Salah satu hasil dari syuting ulang tersebut adalah scene yang memperlihatkan The Flash (Ezra Miller) terjatuh menimpa tubuh Wonder Woman. Scene ini diyakini merupakan ide dari Joss Whedon, sang sutradara, dan ketika Gal Gadot yang berperan sebagai Wonder Woman menolak untuk memerankan adegan ini, Whedon memilih untuk menggunakan stunt double.

Hal ini menjelaskan mengapa wajah superhero yang juga dikenal dengan nama Diana Prince ini tidak menghadap ke kamera.

7. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011)

Pirates Of The Carribean 9906f

Penelope Cruz yang berperan sebagai Angelica di film ini sedang hamil selama proses syuting. Untungnya, ia memiliki adik yang berwajah sangat mirip dengannya yang mampu berperan sebagai body double.

Monica Cruz, adik dari Penelope, adalah seorang penari dan aktris di Spanyol. Berbekal profesinya tersebut, ia sudah terlatih untuk melakukan adegan pertarungan menggunakan pedang berkat kelincahannya sebagai seorang penari dan pengalamannya berakting.

Bahkan Rob Marshall, sutradara film ini, mengaku senang bisa bekerja sama dengan kakak-beradik Cruz dan merasa terbantu oleh kehadiran Monica.

Akhir Kata

Itu dia 7 adegan film yang membutuhkan pemeran pengganti, baik stunt double maupun body double. Apakah kamu sudah tahu sebelumnya, atau baru menyadari bahwa yang kamu lihat di layar bukanlah aktor favoritmu? Tulis di kolom komentar di bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Senjata Terkuat Mcu Banner 3a0c2

10 Senjata Terkuat di Marvel, Bisa Mengalahkan Thanos?

Superhero Belum Muncul Di Mcu Banner 3aa51

10 Superhero yang Belum Muncul di MCU | Lebih Kuat dari Captain Marvel?

Banner 395f8

5 Alasan Kenapa Film DC Lebih Gelap Dibandingkan Marvel, CGI-nya Jelek?

Superhero Dc Enggak Guna Banner Eb029

7 Superhero DC dengan Kekuatan Paling Gak Guna, Batman Termasuk?

Banner Jadi 9f555

10 Film Action Paling Sukses di Dekade Ini | Film Super Hero Semua?

14 Film Action Indonesia Terbaru Terbaik 2020 Lebih Kece Dari Hollywood 5fca2

14 Film Action Indonesia Terbaru & Terbaik 2020 | Lebih Kece dari Hollywood!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film yang Menewaskan Stuntuman-nya Saat Syuting Adegan Berbahaya

7 Film yang Menewaskan Stuntuman-nya Saat Syuting Adegan Berbahaya

7 Film dengan Pemain Figuran Terbanyak, Sampai Ribuan Orang!

7 Film dengan Pemain Figuran Terbanyak, Sampai Ribuan Orang!

7 Film Dengan Proses Syuting Paling Sulit, Nyaris Ada Korban Jiwa?

7 Film Dengan Proses Syuting Paling Sulit, Nyaris Ada Korban Jiwa?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal