J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Apple Music di Android

6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Apple Music di Android

Sabtu, 14 Nov 2015, 09:20 WIB
Apple Music akhirnya menyambangi Android! Bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi Apple Music, ini 6 hal yang harus kamu tahu tentang Apple Music di Android.

Kamu tentu sudah akrab dengan layanan music streaming seperti Spotify, Mix Radio dan yang sedang naik daun akhir-akhi ini, JOOX. Lalu, apa kamu berniat untuk mencoba aplikasi Apple Music? Nah, bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi Apple Music, ini 6 hal yang harus kamu tahu tentang Apple Music di Android.

BACA JUGA
  • Debut Layanan Music Streaming Milik Apple di WWDC
  • @music, Akun Khusus untuk Para Pecinta Musik di Instagram

Sejak diperkenalkan pertengahan tahun ini, Apple Music berhasil menyedot perhatian banyak pengguna iOS. Mengusung nama Apple Music dan ditujukan untuk bersaing dengan penyedia layanan music streaming seperti Spotify, aplikasi Apple Music pun kini menyambangi pengguna Android.

Apple Music Icon
Apple Music 0.9.0
Apps Video & Audio Apple Inc
DOWNLOAD

6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Apple Music di Android

1. Apple Music Masih Dalam Tahap Beta

Apple Music1

Aplikasi ini oleh Apple ditandai dengan label Beta. Yang mana berarti aplikasi ini masih belum stabil, bisa saja kamu menemukan satu atau dua bugs selama menggunakan aplikasi Apple Music di Android kamu. Salah satu bugs yang Jaka rasakan adalah tidak mampu memutar Radio pada Apple Music di Android, baik menggunakan koneksi WiFi ataupun mobile data. Padahal Jaka ingin mendengarkan Beats 1 di Apple Music.

2. Hanya Untuk Android 4.3 Jelly Bean ke Atas

Apple Music2

Sementara ini, Apple menyebutkan pada rincian aplikasinya bahwa Apple Music hanya bisa digunakan pada perangkat dengan sistem operasi minimal Android 4.3. Cukup pintar, mengingat pengguna Android masih banyak yang bertahan menggunakan Android 4.3 atau 4.4. Apa perangkat kamu sudah mendukung?

3. Harus Punya Apple ID

Apple Music3

Jika perangkat kamu telah mendukung dan siap mencoba Apple Music di Android, yang harus diketahui adalah bahwa untuk bisa menggunakan Apple Music, kamu harus memiliki Apple ID. Sebagai layanan yang awalnya eksklusif untuk pengguna perangkat dari Apple, rasanya hal ini tidak terlalu berlebihan juga.

Jika tidak memiliki Apple ID, kamu bisa membuatnya secara manual lewat iTunes atau langsung dari tampilan yang disediakan pada Apple Music.

4. Harus Punya Kartu Kredit

Apple Music4

Sama seperti pada perangkat iOS, Apple juga menyediakan program trial bagi pengguna Apple Music di Android. Selama 3 bulan masa trial, kamu bisa mendengarkan jutaan musik yang tersedia di iTunes Store. Kamu juga bisa mendownload musik yang kamu suka supaya bisa didengarkan lagi di lain waktu tanpa harus streaming.

Screenshot2015 11 12 16 14 50

Tapi, sayangnya kamu harus tetap mencantumkan data kartu kredit atau iTunes Gift untuk bisa mendapatkan layanan gratis 3 bulan trial ini. Hal ini tentu karena Apple bertujuan menggiring kamu untuk terus berlangganan Apple Music setelah masa trial habis. Langkah yang cerdik, bukan?

5. Semua Fitur Apple Music for iOS Ada di Android

Apple Music5

Dari hasil kurasi musik yang direkomendasikan untuk kamu, lagu terbaru, Radio, hingga Connect tersedia di Apple Music untuk Android. Kamu bisa mendengarkan musik terbaru, mendownloadnya, bahkan berlangganan seperti halnya di perangkat iOS.

Apple Music6

Yang menarik adalah fitur Radio dan Connect. Berbeda dengan layanan Radio yang terintegrasi dengan layanan berlangganan, Beats 1 bisa didengarkan dengan bebas meski tidak berlangganan. Beats 1 menyediakan siaran dari berbagai artis dan musisi ternama. Mereka memutarkan musik kenangan, musik terbaru hingga chart musik yang banyak didengarkan oleh pengguna Apple Music.

Sementara Connect memungkinkan kamu untuk mengikuti musisi favorit kamu. Disini kamu bisa berinteraksi dan melihat postingan musisi favorit kamu, hingga membagikannya kepada temanmu. Seru kan?

6. Tidak Terintegrasi Dengan Google Now

Berbeda dengan Apple Music di perangkat iOS yang terintegrasi dengan Siri, Apple Music di Android tidak terintegrasi dengan asisten pribadi Google Now. Jika di iOS kamu bisa memerintahkan Siri untuk mencari dan memutarkan musik di Apple Music, ternyata di Android belum bisa dijalankan oleh Google Now. Meski demikian kamu tetap bisa memerintah Google Now untuk membuka Apple Music tanpa harus menyentuh layar kok.

Kesimpulan

Diperkenalkan untuk bersaing dengan Spotify, sangat disayangkan Apple Music terlalu membatasi penggunanya dengan keharusan menggunakan data kartu kredit pada profil penggunanya. Bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit, tentu hal ini menjadi masalah yang cukup pelik. Padahal Spotify menyediakan free trial selama 14 hari secara bebas.

Meski dibekali dengan fitur keren seperti Radio Beats 1 dan Connect, Jaka akan lebih memilih menggunakan JOOX untuk mendengarkan musik. Selain menyediakan banyak lagu baru, JOOX juga lebih mudah untuk berlangganan, karena bisa dibayar menggunakan pulsa. Bagaimana dengan kamu?

ARTIKEL TERKAIT
Priv Banner

Cara Menikmati Tampilan BlackBerry Priv di Android Kamu

Panic Button Banner

Cara Mudah Minta Bantuan POLISI dengan Menggunakan PANIC BUTTON

Google Now Banner

100+ Perintah Suara yang WAJIB Kamu Ketahui di Google Now

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Apple Music Icon
Apple Music 0.9.0
Apps Apple Inc
Joox Music Icon
JOOX Music - Live Now! 5.5.2
Apps Tencent Mobility Limited
Mixradio Icon
MixRadio 3.2.2205
Apps MixRadio Limited
Spotify Music Apk Icon
Spotify 8.5.49.973
Apps Spotify
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal