5 Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable Biar Lebih Awet

11 July 2017

Kamu punya laptop baru dengan baterai yang nggak bisa dilepas? Memang benar ya, saat ini tren laptop dengan baterai yang tidak dapat dilepas atau non-removable semakin menjamur, mulai dari Apple Macbook, Asus Zenbook, Chromebook, dan berbagai macam model laptop lainnya.

Kalo dulu kita masih mendengar berbagai macam tips dan trik mengenai baterai laptop konvensional, lalu bagaimana ya cara atau tips merawat baterai laptop non-removable? Apakah sama? Melalui artikel ini, kami ingin menjelaskan berbagai hal mengenai bagaimana tips merawat baterai laptop non-removable. Mari kita mulai tipsnya.

5 Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable Biar Lebih Awet

1. Perhatikan Suhu

penanganan baterai non-removable 1Sepertinya kasus ini sudah menjadi kasus yang klasik ya. Tapi tidak henti-hentinya kami ingin menyampaikan bahwa suhu merupakan faktor yang penting untuk tetap menjaga baterai laptop kamu tetap dalam keadaan yang prima. Suhu yang ekstrim memang menjadi momok menakutkan bagi baterai, bahkan untuk suhu yang ekstra dingin sekalipun. Tapi suhu yang panas juga lebih menakutkan. Maka dari itu, kamu harus menjaga suhu ruangan dan laptop pada kondisi yang tepat. Buatlah suhu ruangan kamu stabil dan tidak terlalu panas.

Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan laptop di atas kasur atau bantal, mengingat material dari benda tersebut yang dapat meningkatkan panas pada laptop.

2. Proses Charge dan Penggunaannya

penanganan baterai non-removable 2Pasti beberapa orang bertanya-tanya, kapan sih kondisi yang tepat untuk menggunakan laptop melalui daya dari baterai, dan kapan menggunakan laptop menggunakan daya langsung dari listrik rumah. Sebenarnya kedua cara ini bisa kamu lakukan kapan saja. Tidak apa-apa untuk mencolok laptop ke listrik seharian ketika menggunakannya di kantor atau rumah. Laptop terbaru sudah dirancang untuk menjaga daya ke baterai agar tidak over-charge. Tapi kamu harus ingat bahwa proses charge juga dapat mendatangkan panas berlebih, jadi tetap jaga posisi dan ventilasi ruangan ya.

3. Jangan Habiskan Baterai Hingga 0%

Kamu harus ingat bahwa laptop dan baterai memiliki masa pakainya. Tes dari Batteryuniversity.com membuktikan bahwa baterai yang digunakan hingga habis memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan baterai yang di-charge sebelum ia habis. Kamu bisa melihat tabel hasil tes dari situs tersebut di bawah ini:penanganan baterai non-removable 4

4. Buatlah Baterai Kamu Tetap Terisi

penanganan baterai non-removable 3Tingkat terisinya daya di baterai kamu juga turut mengambil bagian yang penting lho. Produsen laptop terkenal yaitu HP bahkan merekomendasikan bahwa baterai harus setidaknya menyimpan 50 hingga 70% ketika disimpan dalam temperatur 20 hingga 25 derajat Celcius. Jika kamu berencana untuk tidak menggunakan laptop beberapa waktu yang cukup lama, pastikan bahwa baterainya tetap terisi ya, mengingat ia tidak dapat dilepas dari laptop.

5. Berapa Lama Baterai Kamu Dapat Bertahan?

penanganan baterai non-removable 5Ini dia salah satu pertanyaan yang sering hadir dari para pengguna laptop. Berapa lama sih baterai saya dapat bertahan dalam kondisi yang bagus? Masing-masing merk memang memiliki daya tahan yang berbeda-beda ya. Asus sendiri menyatakan bahwa baterai mereka dapat bertahan dalam kondisi yang prima hingga antara 300 sampai 500 siklus charge. Ini mengindikasikan bahwa baterai laptop dapat bertahan dalam kondisi bagus selama 18 bulan sebelum akhirnya menurun.

Itu dia 5 tips merawat baterai laptop non-removable. Apakah ada poin yang kami lewatkan? jangan sungkan untuk berikan pendapat kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar