5 Tips Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

13 May 2014

Android bukanlah sistem operasi super yang selalu menjamin kondisi sistemnya tetap optimal, tentu saja sama seperti sistem operasi pada umumnya, ada kelemahan atau bahkan kecenderungan penurunan kinerja dari sistem itu sendiri jika tidak dirawat.

Jaka akan memberikan sedikit Tips agar Android kamu bisa kembali dalam performa optimal tanpa harus melakukan Instal Aplikasi tambahan.

  • Matikan AnimasiDengan menggunakan animasi memang membuat Android lebih terlihat indah, atau bahkan lebih terlihat canggih. Tapi tahukah kamu, dengan tidak menggunakan animasi, maka Android akan terasa lebih lincah dan gesit.

    Untuk mematikan setting animasi ini, Kamu cukup masuk ke Setting > Developer options, ada beberapa jenis animasi yang bisa dimatikan, seperti Window animation scale hingga Transition.

  • Jangan Gunakan Live WallpaperDengan tidak menggunakan wallpaper, kamu tentu akan mendapat 2 keuntungan. Pertama, hal ini akan menghemat konsumsi sumber daya, sehingga daya tahan Android akan lebih lama. Kedua, mematikan Live Wallpaper juga akan membuat Android kamu menjadi lebih cepat, karena ada proses yang dimatikan oleh sistem ketika kamu tidak menggunakan Live Wallpaper.
  • Uninstall Aplikasi yang Tidak DiperlukanMemiliki banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan tidaklah membuat kamu terlihat keren atau bahkan terlihat genius. "When You Get What You Want But Not What You Need", Mungkin itu adalah slogan yang tepat ketika kamu menginstal banyak aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan.

    Terlebih lagi, hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan pada sistem dan parahnya juga bisa membuat kinerja sistem menjadi lambat. Kamu bisa meng-uninstall aplikasi bawaan menggunakan Link2SD, tentunya Android harus dalam keadaan Root

  • Kurangi atau Jika Perlu Jangan Gunakan WidgetIni bukan lagi hal yang harus diperdebatkan, tentu dengan menggunakan Widget di Homescreen Android, penggunaan sistem daya akan bertambah, dan tentunya ini bisa menimbulkan lambatnya kinerja Android itu sendiri.

    Nah, agar Android tetap berjalan maksimal, Kurangilah atau jika perlu Hilangkanlah Widget dari Homescreen Android kamu. Penggunaan Shortcut Aplikasi akan jauh lebih baik dibandingkan Widget itu sendiri.

  • Gunakan Kartu SD Dengan Kelas yang TinggiSadar atau tidak, peran Kartu SD juga cukup krusial, selain berfungsi untuk menyimpan data, ternyata Kartu SD memiliki peran lain yang mempengaruhi kinerja dari Android kamu.

    Perhatikan, di Kartu SD ada yang namanya Class, dengan demikian, semakin besar Class yang ada disetiap Kartu SD, maka semakin cepat pula transfer file atau kecepatan pembukaan aplikasi yang dilakukan.

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Komentar